Masuk Tahun Politik Jangan Panas, Ini Cara Biar Tetep Adem!

Siap-siap Pemilihan Serentak 2024 (Sumber Gambar: Perludem)

Siap-siap Pemilihan Serentak 2024 (Sumber Gambar: Perludem)

Like

Halo Be-emers! Di tahun 2023 ini, kita telah memasuki tahun politik. Biasanya banyak hal yang membuat panas nih di tahun politik. Kita sebagai warga negara tidak boleh ikut panas. Ini cara agar bisa tetap berpikir jernih dan tidak terprovokasi.

Memasuki tahun politik, seluruh partai politik akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai ambang batas Parlemen Pemilihan Umum 2024 serta mempersiapkan calon presiden yang didukungnya untuk menang dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024.

Warga Negara Indonesia (WNI) akan menentukan siapa yang akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. Tentunya, momen ini sangat penting, karena melalui suara kita, dapat memilih pemimpin yang dianggap paling tepat untuk memimpin negeri tercinta ini dengan segala hiruk-pikuknya.

Biasanya nih, di grup WhatsApp keluarga malah terjadi konflik akibat perbedaan pilihan. Nah oleh karena itu, ada baiknya kita mempersiapkan diri dengan baik.


Bijak Memilih, Siap Diri dengan Hal Berikut


Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dihindari saat memasuki tahun politik, agar kita bisa melakukan pemilihan dengan bijak. Berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan:


Baca Juga: Bocoran Masalah yang Dihadapi Manusia 10 Tahun Lagi, Siap-Siap!


1. Memfilter informasi yang masuk


Kita harus memperhatikan informasi yang masuk ke dalam kita, terutama informasi yang beredar di media sosial. Kita harus selalu mencari tahu informasi yang masuk, apakah itu benar atau tidak. Kita tidak boleh mudah percaya pada informasi yang belum diverifikasi, karena informasi palsu dapat merusak pemilihan kita.


2. Memahami program kerja calon pemimpin


Sebelum kita memilih calon pemimpin, kita harus memahami program kerja yang diusungnya. Kita harus memilih calon pemimpin yang memiliki program kerja yang realistis dan dapat diwujudkan. Kita tidak boleh hanya memilih calon pemimpin karena ia memiliki wajah yang tampan atau punya jargon yang catchy, tetapi karena program kerjanya tepat dan bisa dijalankan.


3. Menghindari politik uang


Salah satu hal yang harus dihindari saat memasuki tahun politik adalah politik uang. Politik uang merupakan praktik yang tidak baik dan bisa merusak pemilihan kita. Kita harus memilih calon pemimpin yang tidak menggunakan politik uang untuk mendapatkan dukungan.


4. Memilih calon yang memiliki track record yang baik


Kita harus memilih calon pemimpin yang memiliki track record yang baik. Calon pemimpin yang memiliki track record yang baik biasanya telah memiliki pengalaman dalam memimpin dan berhasil dalam melaksanakan program-program kerja yang dijalankan.

Kita tidak boleh memilih calon pemimpin yang hanya memiliki janji manis, tetapi tidak memiliki track record yang baik.

Baca Juga: Joe Biden Jadi Presiden Baru Amerika, Cek 6 Fakta Menarik Soal Pilpres AS Yuk!


5. Menghindari politik identitas


Kita harus menghindari politik identitas. Politik identitas merupakan politik yang menggunakan identitas tertentu seperti suku, agama, dan ras untuk mendapatkan dukungan. Kita harus memilih calon pemimpin berdasarkan kinerjanya dan bukan berdasarkan identitasnya.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dihindari saat memasuki tahun politik. Kita harus melakukan pemilihan dengan bijak agar negeri ini bisa dipimpin oleh pemimpin yang tepat dan mampu membawa negeri ini ke arah yang lebih baik. Mari bersama-sama memilih dengan bijak!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.