iPad Air 5 vs iPad Mini 6: Mana yang Cocok untuk WFA hingga Traveling?

iPad Air 5 vs iPad Mini 6 - Image: Rachma Amalia

iPad Air 5 vs iPad Mini 6 - Image: Rachma Amalia

Like

Hingga pertengahan 2023, iPad Air 5 dan iPad Mini 6 masih menjadi generasi tablet Apple teranyar di kelas mid-range. Lantas, kira-kira mana yang cocok untuk dipakai kuliah, WFA (work from anywhere), hingga traveling?

Kecil dan efisien, jadi daya tarik tersendiri bagi tablet keluaran Apple Inc., yakni iPad. Sejak diluncurkan tahun 2010, iPad menjadi alternatif perangkat multitasking seperti laptop.

Kini, iPad sudah punya banyak versi. Mulai dari iPad generasi 9, iPad generasi 10, hingga iPad Air, iPad Mini, dan iPad Pro.

Bagi kamu yang mau membeli iPad -terutama versi Air dan Mini, untuk kebutuhan kuliah atau bahkan traveling, ada sejumlah ulasan yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga: Review iPad Air 5: Spesifikasi hingga Keunggulan dan Kekurangannya
 

Spesifikasi iPad Air 5 vs iPad Mini 6

Diketahui dari laman resmi Apple, iPad Mini 6 lahir lebih dulu dibanding iPad Air 5. Namun, keduanya cukup bersaing di kelas middle-range, dibanding iPad generasi 10 atau 9.

 

1. Chip M1 vs A15 Bionic

Diluncurkan tahun 2022, iPad Air 5 sudah dilengkapi chipset M1, yang mana sama dengan chip MacBook Air dan MacBook Pro tahun 2020.

Itu artinya, ketika kamu menggunakan iPad Air 5, bisa dibilang kamu sedang menggunakan MacBook Air atau MacBook Pro M1 dalam versi yang lebih kecil dan lebih murah.

Meskipun, penggunaan MacBook dan iPad tetap tidak bisa disamakan karena tentu MacBook menjalankan macOS, yang mana memang dirancang untuk sebuah desktop. Sementara iPad, tidak dirancang Apple untuk hal tersebut.

Lalu, bagaimana dengan si mungil iPad Mini 6?

M1 chip memang sudah diluncurkan oleh Apple sejak tahun 2020. Namun, bukan berarti iPad Mini 6 yang lahir tahun 2021 bisa mendapatkan chip tersebut.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu justru menggunakan A15 Bionic chip. Di satu sisi, Apple juga menggunakan A15 Bionic chip pada seri iPhone 13 dan iPhone 14.

Walaupun chip yang digunakan sama, apakah kamu akan menggunakan iPad Mini 6 sebagai alat komunikasi selayaknya menggunakan iPhone?
 

2. Spesifikasi Unggulan iPad Air 5 dan iPad Mini 6

Perlu diketahui, kemampuan clock speed iPad Mini 6 hanya 2,93 GHz, lebih rendah dibanding iPhone 13 yang punya frekuensi 3,23 GHz. 

Di satu sisi, ukuran iPad Mini 6 agak kurang nyaman digunakan jika fungsinya sebagai pengganti iPhone atau menjadi device utama alat komunikasi. Ingat, kodrat iPad adalah tablet, sedangkan iPhone adalah smartphone.

Jika dilihat dari chip yang digunakan, iPad Air 5 memang lebih unggul dari iPad Mini 6. Namun, sesungguhnya spesifikasi keduanya hampir setara.

Baik iPad Air 5 maupun iPad Mini 6, sama-sama sudah menggunakan iPadOS 15 dan dilengkapi fingerprint-resistant oleophobic coating, 12MP Wide Camera, Wi-Fi 6, USB Type-C ports, serta sudah didukung Apple Pencil generasi kedua.

Keduanya juga menggunakan material aluminum. Meskipun, iPad Air 5 lagi-lagi lebih unggul dari segi baterai dan RAM dibanding iPad Mini 6.


 

iPad Air 5 vs iPad Mini 6 - Image: Rachma Amalia

iPad Air 5 vs iPad Mini 6 - Image: Rachma Amalia

 

iPad Air 5 vs iPad Mini 6: Mana yang Lebih Efisien?

Posisi tablet seperti iPad berada di tengah-tengah kebutuhan antara produktivitas dengan fleksibilitas. Ibaratnya, kehadiran iPad ada di antara MacBook dan iPhone.

Namun, iPad tidak bisa menggantikan 100% fungsi kedua gadget tersebut. Jika saat ini kebutuhan dan budget kamu cocok dengan iPad middle-range, kira-kira lebih efisien iPad Air 5 atau iPad Mini 6?

Kalau kamu seorang traveler atau sering bekerja di luar kantor, iPad memang cocok sekali digunakan untuk mendukung efisiensi produktivitas.

Baca Juga: Ingin Beli iPad? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Dilihat dari segi ukuran, iPad Mini 6 jauh lebih kecil dibanding iPad Air 5. Hal itu menjadi keunggulan iPad Mini 6, karena ukuran dan bobotnya yang ringan bisa mempermudah kamu untuk membawanya saat bepergian dibanding iPad Air 5.

Meski ukuran layar iPad Mini 6 yang hanya 8,3 inci, layar iPad Mini 6 memiliki viewing area dengan rasio 3:2, lebih luas dari pendahulunya yakni iPad Mini 5 dengan rasio 4:3.

Bahkan, Apple mengklaim tingkat kecerahan layar iPad Mini 6 mencapai 500 nit, setara dengan iPad Air 5 dan lebih unggul dari iPad 9 serta iPad Air 4.

Kembali lagi, jika lebih nyaman dan merasa lebih efisien menggunakan tablet ukuran kecil, iPad Mini 6 bisa menjadi solusinya. Namun, jika menginginkan tablet dengan kecepatan setara MacBook dengan ukuran yang lebih ringan, iPad Air 5 bisa jadi rekomendasi terbaik.


Dapatkan info terkini terkait teknologi hanya di Bisnis Tekno.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.