Yuk, Kenalan Sama Unagi dari Cilacap yang Mendunia!

Unagi (Foto: Wikimedia)

Unagi (Foto: Wikimedia)

Like

Be-emers tahu makanan khas Jepang yang terkenal bernama unagi kan? Kalau beli di resto Jepang pasti harganya lumayan. Ternyata, unagi diekspor dari Cilacap lho!

Unagi jadi salah satu menu favorit yang dipilih orang-orang saat ke restoran Jepang. Rasanya yang gurih dan manis membuat banyak orang ketagihan. Apalagi jika memakannya dengan nasi panas. 


Apa Itu Unagi?


Unagi diambil dari bahasa Jepang yang berarti belut air tawar khususnya belut Jepang, Anguilla Japonica. Nama unagi memang karena makanan ini merupakan makanan dari Jepang dan populer di sana. 

Biasanya unagi diproses menjadi makanan Jepang yang bernama kabayaki. Jadi, unagi adalah bahan masakannya dan olahannya bernama kabayaki. 

Di Jepang, unagi dihidangkan di atas semangkuk nasi panas bersama dengan saus pekat hitam kemerahan dan irisan rumput laut.  


Baca Juga: Konsep Hidup Warga Jepang yang Bisa Ditiru Warga +62 (part 1)

Menyantap unagi adalah salah satu kebiasaan warga Jepang. Biasanya unagi disantap saat musim panas. Bahkan ada yang dinamakan doyo no ushi no hi atau hari lembu di pertengahan musim panas khusus untuk makan unagi.

Unagi bisa menjadi beracun jika tidak diolah dengan benar. Maka dari itu dalam memasak unagi perlu untuk memanggangnya di atas arang atau dengan wajan anti lengket yang diberi sedikit minyak. 

Orang jepang menyajikan unagi dengan memfiletnya sehingga dagingnya terlihat jelas dan bentuknya tipis. Meski begitu dagingnya yang tebal membuat unagi sudah cukup mengenyangkan. 


Ternyata, Unagi dari Cilacap


Selama ini kita tahu bahwa unagi merupakan makanan khas Jepang. Namanya pun merupakan nama atau sebutan dari Jepang. 

Tapi ternyata, justru unagi berasal dari Indonesia tepatnya dari Cilacap, Jawa Tengah. Fakta ini viral setelah pengguna Twitter dengan username @PartaiSocmed membuat cuitan yang menyebut bahwa banyak unagi di Cilacap yang diekspor ke Jepang.

Tentunya, fakta ini mengejutkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selama ini kita tahu bahwa yang disebut unagi adalah makanan yang dibawa langsung dari Jepang ke Indonesia. 

Kalau di Jepang disebut unagi, di Indonesia kita menyebutnya ikan sidat. Ternyata unagi terbuat dari ikan sidat. 

Baca Juga: Jepang Beri Izin Konsumsi Makanan Hasil Rekayasa Genetika

Menurut laman Pemerintah Kabupaten Cilacap, unagi terbuat dari ikan sidat. Di Cilacap baru ada satu kelompok pembudidaya yang dapat mengimplementasikan budidaya Sidat mulai dari stadia glass eel, yakni di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kedungreja. 

Desa Kaliwungu dikenal sebagai Kampung Sidat pertama di Indonesia. Budidaya sidat saat ini masih mengandalkan hasil dari tangkapan alam, hal itu karena sidat belum dapat dipijahkan.

Sidat adalah salah satu komoditas ekspor yang diminati mancanegara. Jepang menjadi negara yang permintaan olahan sidatnya terbesar. 

Nah, sidat yang sudah diolah menjadi unagi di Cilacap kemudian diekspor ke Jepang untuk memenuhi permintaan pasar Jepang tersebut. 

Ternyata gitu Be-emers! Jadi merasa tertipu enggak kalo ke resto Jepang beli unagi dan harganya lumayan mahal? Xixixi

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.