Muslim Terkaya di Dunia ini Dijuluki Warren Buffett dari Arab!

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Bukan menjadi rahasia bahwa anggota keluarga kerajaan dari Timur Tengah biasanya mempunyai harta kekayaan yang melimpah. Bahkan, menjadi muslim terkaya di dunia dan mendapat julukan Warren Buffett dari Arab. Siapa dia?

Salah satu anggota keluarga kerajaan yang mempunyai harta kekayaan yang melimpah dan seorang muslim terkaya di dunia adalah Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi.

Saking kayanya, dia juga memiliki julukan Warren Buffett dari Saudi.


Siapa Alwaleed bin Talal?


Alwaleed bin Talal merupakan anggota keluarga kerajaan Saudi, pengusaha, sekaligus investor ternama.  Dia lahir pada 7 Maret 1955 di Jeddah, Arab Saudi, putra dari Pangeran Talal bin Abdulaziz, seorang anggota senior keluarga kerajaan Saudi.

Karena itu, dia mempunyai akses ke sumber daya finansial yang luas untuk membangun karir dan kekayaannya. 


Ia terdaftar di majalah Time sebagai salah satu dari Time 100, daftar tahunan dari seratus orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2008.

Alwaleed  adalah cucu Ibnu Saud, raja Arab Saudi pertama, keponakan dari semua raja Arab Saudi, dan cucu Riad Al Solh (perdana menteri pertama Lebanon).

Alwaleed memulai karir pada 1979 ketika dia mendirikan perusahaan investasi Kingdom Establishment for Trading & Contracting (terkenal sebagai Kingdom Holding Company).

Perusahaan ini berkembang pesat dan sekarang memiliki investasi di banyak sektor, termasuk real estate, perbankan, teknologi, media, dan hiburan


Warren Buffet dari Arab Saudi


Alwaleed pun juga dikenal sebagai salah satu investor terbesar di dunia dan kekayaannya diperkirakan mencapai miliaran dolar.

Dia sering disebut sebagai "Warren Buffett Arab Saudi" karena keahliannya dalam berinvestasi dan mengelola bisnis serta memiliki kepentingan di media dan hiburan.

Kepentingan itu tercermin dari kepemilikannya di saham perusahaan hiburan Arab Rotana dan berbagai media internasional seperi New York Times, News Corporation, dan Time Warner.

Selain mempunyai saham di media internasional, pangeran Alwaleed terkenal dekat dengan banyak tokoh politik AS seperti Presiden AS, Bill Clinton, Hillary Clinton, dan Donald Trump.


Bisnis Pangeran Alwaleed


Alwaleed bin Talal mempunyai portofolio investasi yang luas dan meliputi berbagai sektor di seluruh dunia. Beberapa bisnis dan investasi terkenal yang dimilikinya antara lain:
  1. Kingdom Holding Company
  2. Four Seasons Hotels and Resorts
  3. Citigroup
  4. Twitter
  5. Lyft
  6. Euro Disney


Harta Kekayaan Alwaleed


Melansir dari Forbes pada Senin (24/4/2023), kekayaan Alwaleed bin Talal diperkirakan mencapai US$18,7 miliar atau setara dengan Rp277,6 triliun per 2017.

Dengan total harta kekayaan mencapai sebesar Rp277,6 triliun yang tersebar di seluruh dunia tersebut menjadikannya sebagai muslim terkaya di dunia.

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

https://www.instagram.com/p/Csf9x39hy8d/

https://www.instagram.com/p/Csf9x39hy8d/