Rambut Indah dan Berkilau karena Rutin Pakai Minyak Kelapa!

Rambut Indah dan Berkilau karena Rutin Pakai Minyak Kelapa! (Ilustrasi: Canva)

Rambut Indah dan Berkilau karena Rutin Pakai Minyak Kelapa! (Ilustrasi: Canva)

Like

Rambut merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki hampir semua orang. Sayangnya, membuat rambut yang indah perlu usaha lebih. Tapi, hanya dengan minyak kelapa kamu bisa punya rambut yang indah dan berkilau lho!

Rambut jadi salah satu bagian tubuh yang perlu perawatan seperti bagian lainnya. Terkadang biaya perawatan rambut bisa mencapai jutaan rupiah.

Apalagi kalau kamu gemar mengutak-atik rambut, seperti mengecat, meluruskan dengan alat yang panas, atau mengikatnya terus menerus.

Produk-produk yang digunakan pada rambut, khususnya produk kimia akan meninggalkan damage pada tiap helai rambut. Akibatnya rambut jadi kering, kusut, mudah rontok, dan banyak permasalahan lainnya. 

Padahal rambut jadi salah satu hal yang pertama dilihat oleh orang lain. Ibaratnya, rambut menjadi attention seeker atau daya tarik pada seseorang.


Waduh, kalau sudah begitu ya perlu perawatan khusus deh dan biasanya butuh biaya yang lumayan. Tapi kalau kamu on budget, bahan-bahan alami bisa sangat membantu. 

Salah satu bahan alami yang terkenal ampuh dan powerfull untuk rambut adalah minyak kelapa atau coconut oil. 

Baca Juga: 
Baru Tahu! Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut!


Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut


Minyak kelapa atau coconut oil adalah adalah minyak nabati yang diekstrak dari daging buah kelapa dan bisa dikelompokan jadi beberapa jenis. Memang, apa saja sih manfaat minyak kelapa untuk rambut?


1. Mengatasi Ketombe


Ketombe terjadi karena adanya serpihan kulit yang berasal dari lapisan sel kulit mati di kepala. Bisa diperparah oleh infkesi jamur, eksim, dan lainnya.

Minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi kulit kepala dari radikal bebas. Selain itu minyak kelapa bisa merangsang pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit.

Ini akan sangat membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. 


2. Mengurangi Risiko Rambut Bercabang


Minyak kelapa jadi salah satu jenis minyak yang lebih mudah terserap oleh batang rambut dibandingkan minyak lainnya. Penyerapan ini membuat rambut lebih kuat sehingga mencegahnya patah dan bercabang di ujungnya.

Rutin menggunakan minyak kelapa akan membuat helai rambut ternutrisi sehingga meminimalisir patah yang menyebabkan tumbuhnya cabang di ujung rambut.


3. Memberi Kelembaban pada Rambut


Saat kering, rambut akan mudah mengembang atau frizzy. Pasti akan terlihat berantakan dan mengganggu penampilan. Solusi dari masalah tersebut adalah minyak kelapa. 

Ini karena minyak kelapa dapat mencegah rambut menyerap air pada iklim yang lembab. Alih-alih air, batang rambut akan menyerap minyak kelapa yang membuat rambut terasa lebih lembut. 

Oleh karena itu, usahakan untuk mengaplikasikan minyak kelapa sebelum mengunjungi daerah beriklim lembab dan kering.

Baca Juga: 6 Manfaat Aloe Vera Gel Untuk Kamu


Cara Pakai Minyak Kelapa untuk Rambut


Terus, bagaimana sih cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut? Kamu bisa mengaplikasikannya dengan dua cara. Menjadikannya sebagai masker rambut atau mencampurkannya dengan produk perawatan rambut lain.

Kamu bisa menjadikan minyak kelapa sebagai masker rambut. Buat masker rambut alami sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan minyak kelapa dengan bahan lain seperti yoghurt untuk membuat tekstur pasta.

Setelah terbentuk tekstur pasta kamu bisa mengoleskan ke kepala secara merata, pijat 10-15 menit, kemudian diamkan selama 1 jam. Biarkan masker meresap dengan sempurna sebelum dibilas.

Cara kedua yang lebih mudah adalah dengan mencampurkannya dengan produk lainnya. Kamu pasti punya produk perawatan rambut harian kan? 

Misalnya sampo atau kondisioner. Cukup campurkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam produk tersebut dan aduk rata. Kemudian gunakan seperti biasa.

Hasil dari pemakaian minyak kelapa baru bisa terlihat setelah beberapa kali penggunaan. Jadi, pastikan kamu menggunakannya dengan rutin ya Be-emers!


Dapatkan info terkini terkait gaya hidup hanya di Bisnis Style.


Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.