Peluang Cuan dari Modifikasi Mobil Bekas, Begini Caranya

Old Car Illustration - Canva

Old Car Illustration - Canva

Like

Berbeda dengan tanah atau hunian, kendaraan seperti mobil jadi aktiva yang setiap tahunnya mengalami depresiasi nilai. Misalnya kamu beli mobil baru sekarang, ketika ingin dijual lagi, harganya bisa jauh lebih murah.

Makanya, enggak jarang, sejumlah orang cenderung membeli mobil bekas karena mobil baru dinilai mengalami depresiasi nilai yang lebih signifikan. Namun, bukan berarti nilai mobil bekas juga enggak mengalami depresiasi sama sekali ya. Be-emers

Nah, biar tetap cuan ketika ingin menjual kembali mobil kesayangan kamu, memodifikasi mobil bisa jadi salah satu caranya.
 

Mencicil Modifikasi Mobil

Memodifikasi kendaraan, terutama mobil, memang butuh biaya yang enggak sedikit. Namun, kalau kamu “mencicil” satu persatu modifikasi bagian dari mobil, kamu juga bisa lebih sedikit berhemat dalam hal biaya.

Misalnya, untuk tahap awal, kamu bisa memodifikasi bagian eksterior bodi mobil. Soalnya, bodi adalah bagian yang paling mencolok dari mobil. Dengan hanya sedikit saja modifikasi pada bodi, hal itu bisa membuat tampilan mobil kamu berbeda dengan mobil lainnya.

Dilansir dari Carmudi, modifikasi yang tepat buat bodi mobil kamu adalah dengan menambahkan aero kit dari bumper depan hungga ducktail di bagian belakang. Kamu juga bisa mengecat atau menambahkan stiker di mobil kamu biar tambah kece.


Setelah itu, kamu bisa mulai mencicil modifikasi pada bagian velg, audio, hingga bagian interior mobil. Sebelumnya, kamu juga perlu riset aksesoris beserta bengkelnya untuk perbandingan harga dan kualitasnya.

Adapun, kamu bisa mendapatkan aksesoris atau bahan modifikasi lewat sebuah lelang mobil lho. Jangan lupa juga untuk menyiapkan konsep modifikasinya agar mobil kamu enggak terkesan norak.
 

Tentukan Platform Penjualan

Setelah mobil hasil modifikasi kamu dirasa sudah rela untuk dijual kembali, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah tempat penjualannya. Lelang mungkin bisa jadi salah satu pilihan untuk menjual mobil kamu.

Meski begitu, di zaman yang sudah serba canggih ini, kamu pun bisa memanfaatkan sejumlah platform jual-beli mobil online. Biar mobil hasil modifikasi kamu dilirik pembeli, kamu perlu menampilkan detail foto tampilan mobil kamu sebagus mungkin.

Ingat, tampilan foto yang sangat detail dan bagus bakal mencerminkan kualitas mobil kamu yang sebenarnya. Selain itu menurut penyiar radio sekaligus car enthusiast Gofar Hilman, dikutip dari laman OLX, jangan lupa untuk mencantumkan deskripsi serta judul iklan yang detail untuk memudahkan pelanggan mendapatkan info seputar mobil kamu.
 

Temukan Pembeli yang Tepat

Menjual kembali mobil kesayangan, apalagi kalau sudah dimodifikasi, rasanya pasti campur aduk. Kamu pastinya ingin mobil kesayangan kamu dihargai lebih karena berbeda pada mobil bekas pada umumnya dong?

Menurut CEO BeliMobilGue Johnny Widodo, dilansir dari Bisnis.com, menemukan pembeli yang tepat memang jadi salah satu faktor penentu nilai jual mobil kamu engga bakal menurun. Bahkan, harga jual kembali mobil kamu kadang malah bisa jadi lebih tinggi melebihi harga pasarannya.

“Mobil yang dimodifikasi itu harus ketemu sama yang hobi juga, supaya harganya tidak turun.. Selama tidak ada yang perlu diperbaiki, maka tidak menurunkan harga,” ungkapnya.

Untuk itu, kamu perlu mengecek kembali harga pasaran dan kondisi kendaraan kamu setelah dimodifikasi. Soalnya, platform jual-beli mobil bekas pun akan mengecek kembali kondisi mobil kamu terlebih dahulu. Seperti BeliMobilGue, yang mengaku akan mengecek 160 titik mobil, meliputi eksterior, interior, dan mesinnya.