Anti Galau, Ini 9 Cara Mudah Mengatasi Jerawat!

Jerawat bisa diatasi, baik dengan menggunakan obat sintesis atau alami (Foto: Canva)

Jerawat bisa diatasi, baik dengan menggunakan obat sintesis atau alami (Foto: Canva)

Like

Jerawat itu sebenarnya ditimbulkan oleh banyak faktor. Faktor tersebut antara lain karena genetik, masa puber, hormon, dan kebersihan kulit. Seperti apa penyebab dan cara mengatasinya? Yuk disimak!

Dilansir dari healthmach.io tentang Bakteri Penyebab Jerawat, propionibacterium acnes, atau sekarang lebih dikenal sebagai cutibacterium acnes, atau C.acnes sebenarnya merupakan mikrooorganisme yang sering ditemui di wajah, baik wajah normal maupun wajah berjerawat.

Namun mikroorganisme ini bisa menyebabkan jerawat jika dipicu oleh minyak atau sebum berlebih, kerusakan kulit, dan ketidakseimbangan jumlah mikrooorganisme itu sendiri di kulit. 

Sel kulit mati dan sebum yang menumpuk adalah lingkungan yang paling cocok bagi C. acnes untuk tumbuh dan berkembangbiak, yang selanjutnya menyebabkan peradangan dan kemerahan di kulit.

Meski disebabkan oleh bakteri, tapi jangan khawatir Be-emers, jerawat itu tidak menular.


Baca Juga: Guys, Hindari Makanan Ini Kalau Enggak Mau Jerawatan!


Cara Mudah Mengatasi Jerawat


Bagaimana cara mengurangi atau mengobatinya? Berikut caranya:


1. Gunakan krim yang mengandung benzoyl peroxide dan tretionin


Benzoyl peroxide bisa mengurangi pertumbuhan c.acnes. Perpaduan antara Benzoyl peroxide dan tretionin bisa membantu membuang sel kulit mati yang menumpuk dan mengurangi jumlah c.acnes yang berlebihan.


2. Gunakan antibiotik yang dioleskan ke kulit.

 

Penggunaan obat luar untuk jerawat (Foto: Canva)

Penggunaan obat luar untuk jerawat (Foto: Canva)


Clindamycin and erythromycin merupakan antibiotik yang dioleskan di kulit. Namun ini biasanya hanya cocok untuk mengobati jerawat ringan atau sedang.


3.Gunakan antibiotik yang diminum dan padukan dengan krim


Doxycycline, erythromycin, tetracycline, dan trimethoprim/sulfamethoxazole merupakan contoh antibiotik yang diminum.

Antibiotik ini jika digabungkan dengan krim yang mengandung tretionin bisa mengatasi jerawat yang sedang hingga parah. Meski demikian tetap butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk mengobatinya. 

Baca Juga: Awas Kulit Terbakar! Ini Tips Menjaga Kulit Saat Musim Panas

Dianjurkan juga untuk tidak mengonsumsi antibiotik berkepanjangan, karena hal ini justru akan menyebabkan bakteri penyebab jerawat semakin kebal.


4. Gunakan krim yang mengandung salicylic acid dan adapalene


Salicylic acid dapat membantu pengelupasan kulit dan membuka pori-pori yang tertutup. Adapalene berfungsi untuk mengurangi peradangan juga untuk membuka pori-pori yang tertutup.


5. Minyak Tea tree 


Berfungsi sebagai anti peradangan, yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak di jerawat.


6. Aloe vera atau lidah buaya

 

Aloe vera atau lidah buaya (Foto: Canva)

Aloe vera atau lidah buaya (Foto: Canva)


Gel lidah buaya bersifat menyejukkan dan mendinginkan tapi juga membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat 


7.Green tea atau teh hijau


Teh hijau mengandung polifenol, merupakan senyawa antioksidan pada tanaman yang dapat membantu mengurangi peradangan, kemerahan, dan bengkak pada jerawat. 

Polifenol ini juga membantu mencegah jerawat dengan mengurangi senyawa oksidatif stres di kulit. Kandungan kafein pada teh hijau juga membantu mengurangi produksi sebum yang berlebihan.


8. Temulawak, daun orok-orok, daun kokang, daun singkil, daun legundi.


Tanaman-tanaman Ini mengandung senyawa anti peradangan dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat dan membunuh mikroorganisme penyebab jerawat.


9. Terakhir dan paling penting adalah harus tenang dan jangan stres. 


Stres bisa menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon ini dapat meningkatkan produksi sebum dan peradangan. Jadi jangan stres ya. Cobalah lakukan relaksasi, yoga atau meditasi.

Selain itu jangan lupa untuk cukup tidur, makan makanan yang bergizi, dan olahraga secara teratur untuk mengurangi stress.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.