Nikuba, Diacuhkan Dalam Negeri Dilirik Luar Negeri

Pengujian Nikuba di motor Babinsa

Pengujian Nikuba di motor Babinsa

Like

Be-emers. Siapa yang nggak kenal dengan yang satu ini? Baru-baru ini, ada yang lagi ramai dibicarakan nih, namanya Nikuba, alat yang bisa mengubah air biasa menjadi bahan bakar. Wah, sangat inovatif yaa Be-emers!

Nikuba sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari kata 'Niku Banyu', yang artinya 'Ini Air'. Alat canggih ini dibuat oleh seorang jenius bernama Aryanto Misel.

Dengan teknologi yang hebat, Nikuba bisa mengubah air dengan cara memisahkan hidrogen dan oksigen yang ada di dalamnya, lalu mengambil hidrogen tersebut sebagai bahan bakar.

Menurut penuturan Aryanto yang dikutip dari laman resmi TNI Angkatan Darat, Nikuba punya fungsi keren, yaitu memisahkan hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang ada di dalam air (H2O). Nah, setelah hidrogen terpisah, dia langsung dialirkan ke ruang pembakaran mesin kendaraan. 

Menariknya, Aryanto sebagai penemu Nikuba ini bilang kalau dia enggak butuh bantuan dari pemerintah buat mengembangkan inovasinya. Dia mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.


Katanya, dia sudah cukup kecewa sama pemerintah yang selama ini udah ngasingin dia. Hmm, seperti biasanya yaa Be-mers kalau ada inovasi canggih dan futuristik emang suka enggak didukung.

Baca Juga: Industri Alat Berat: Inovasi dan Perkembangan dalam Dunia Konstruksi


Uji Coba Nikuba


Untuk menguji kehebatan Nikuba, Aryanto udah bekerjasama dengan Kodam III/Siliwangi. Mereka udah melakukan serangkaian uji coba, lho. Beberapa sepeda motor babinsa udah dipasang Nikuba dan dikumpulkan datanya untuk memperbaiki alat ini.

Bukan cuma di dalam negeri, inovasi dari Nikuba ini juga mendapatkan perhatian dari dunia internasional. Enggak tanggung-tanggung, alat ini diundang ke Milan, Italia, buat mempresentasikan kemampuannya ke beberapa pabrikan mobil Italia. Pastinya bakal jadi momen bersejarah buat Nikuba.

Bahkan, Pangdam III/Siliwangi, yaitu Mayjen TNI Kunto, juga ngomentari tentang Nikuba ini. Menurut beliau, teknologi ini punya potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut.

Gimana enggak? Nikuba udah diuji coba bareng Kodam III/Siliwangi. Mereka nyoba pake beberapa sepeda motor babinsa yang dipasangi Nikuba. Dan dari hasil ujicoba itu, tim peneliti udah dapet banyak data yang berguna buat memperbaiki alat ini.

Baca Juga: Punya Proyek FlyZero, Inggris Ciptakan Pesawat Tanpa Emisi Bertenaga Hidrogen

Jadi, sejak itu, Nikuba jadi viral lagi nih. Kabar kedatangannya ke Milan bikin heboh. Duh, seru banget ya! Semua orang pasti penasaran sama alat canggih yang satu ini.

Semoga Nikuba bakal jadi tren baru di industri otomotif. Kita doain aja yang terbaik buat Nikuba dan Aryanto Misel, sang penemu hebat di balik alat keren ini!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.