10 Usaha Kecil Menguntungkan dengan Modal di Bawah Rp500 Ribu

Usaha kecil menguntungkan (Foto: pixabay.com)

Usaha kecil menguntungkan (Foto: pixabay.com)

Like

Siapa bilang memulai bisnis harus selalu memiliki budget yang besar? Faktanya para pebisnis terkenal, memulai semuanya dari kegemaran atau keahlian mereka.

Bisnis sebenarnya adalah pola pikir untuk menghasilkan transaksi yang bernilai antara kita dan pembeli. 

Bicara bisnis, produk-produk tertentu pasti selalu diwakili oleh sebuah brand. Mengapa mereka menjadi Top of Mind? Tentu alasannya, karena kualitas dan kredibilitas yang mereka miliki. 

Ingat bahwa bisnis tidak dibangun dalam satu hari. Soal modal, itu sebenarnya bisa diakali dengan kuantitas, lho!  

Jadi, uang bukanlah alasan untuk tidak memulai bisnis sejak muda. Mulailah dengan ketekunan. Yuk, simak 10 usaha kecil menguntungkan dibawah 500 ribu untuk kamu!


Bisnis Online Jadi Reseller 

Awali dengan memilih bidang yang kamu suka dan minati. Sehingga, kamu bisa memiliki feel yang tepat untuk menentukan toko online mana yang berkualitas. Utamakan kuantitas, lebihkan sedikit supaya kamu tidak rugi dari segi harga beli dan ongkir. 


Jika memiliki budget 500 ribu, gunakan 1:3 antara beli produk dan iklan. Beli produk secukupnya, lalu iklankan dengan maksimal. 

Tenang saja, hampir semua e-commerce memiliki fitur iklannya masing-masing. Kamu hanya perlu membayar dan menganalisa toko online mana yang tepat untuk membeli produk.


Dropshipping 

Nah, kalau ini ibaratnya kamu menjadi reseller tanpa modal. Kamu hanya perlu memasarkan dan mengoptimalkan channel bisnis atau online shop-mu. 

Sehingga, banyak pelanggan membeli produk yang kamu pasarkan. Tidak perlu pusing, karena biasanya produsen yang akan mengurus sistem pengirimannya. 

Kalau bisa, coba untuk komunikasikan terlebih dahulu dengan pemilik toko kalau kamu tertarik jadi dropshipper. Sehingga, kamu juga bisa menjual dengan harga pasaran dan tidak kalah dari pesaing lainnya. Sebenarnya, hal ini tergantung bagaimana dengan perspektif kamu saja.

Jangan lupa izin saat menggunakan gambar produk-produknya untuk kamu display. Ingat, tambahkan logo dan deskripsi yang lengkap supaya terlihat kredibel. 

Gunakan juga fitur-fitur iklannya. Jadi, modalmu bisa difokuskan untuk iklan dan membangun kredibilitas toko online-mu. 


Pre-order Custom Design

Target marketnya emang bakalan niche banget. Tapi, justru itulah yang membuat bisnismu memiliki kelebihan dari yang lain. Biasanya bisnis seperti ini berkaitan erat dengan seni dan design. 

Buat kalian yang punya kemampuan melukis dan design, ini bisa jadi kesempatan yang bagus. Kamu bisa menciptakan karya-karya unik lewat suatu produk. 

Contohnya: bisnis kaos, casing hp, casing laptop, cardholder, notebook, mouse pad, dan masih banyak benda lainnya yang bisa kamu manfaatkan.


Makanan 

Sejak COVID-19, bisnis makanan jadi sangat berkembang dalam masyarakat kita. Apalagi, dengan adanya aplikasi sistem online delivery. 

Sebenarnya gak perlu takut untuk bersaing secara online, karena bisnis makanan online itu adalah sistem bisnis lokal. Jadi, kamu bisa optimalkan branding dari sisi daerah sekitarmu. 

Ingat, kuncinya konsistensi saat membangun brand. Dari segi kualitas makanan sampai promosi. 

Lalu, coba juga untuk memberikan sesuatu yang berbeda dari jenis makanan. Misalnya, mulai dari makanan tradisional, seperti nasi uduk, gado-gado, karedok, asinan, es cendol, es dawet, dan banyak banget makanan tradisional yang bisa kamu jadikan bisnis.

Apa keuntungannya? Coba lihat dari sisi harga modal juga market-nya yang luas. Bisnis makanan tradisional bisa jauh lebih menguntungkan, dibanding makanan modern. Kamu juga bisa menerapkan sistem pre-order biar makin untung untuk channel offline-mu.


Bisnis Jasa 

Apakah kamu percaya dengan skill yang kamu miliki? Karena kunci dalam memulai bisnis ini adalah kemampuan bertanggung jawab terhadap kualitas pekerjaan yang diberikan. Upah yang kamu dapatkan bisa saja besar, namun ingat tujuan bisnis adalah membangun kepercayaan untuk jangka panjang. 

Bisnis jasa itu bisa dimulai dari menjadi guru les musik, les pelajaran, jasa mengedit video, menulis, fotografi, mengiklankan produk, membuat website, animasi, event organizer, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kamu kembangkan.

Coba jadi produktif dan memaksimalkan kemampuan mu, supaya kamu percaya diri dengan skill yang kamu miliki!


Bunga 

Bunga biasanya diberikan saat momen tertentu kepada orang yang penting. Hasil wawancara Bisnis.com pada seorang pengusaha bunga mengemukakan bahwa modal ribu sudah bisa dapatkan berbagai jenis bunga.

Apa yang penting saat berbisnis ini adalah kreativitas dan keterampilan dalam merangkai bunga. Bisnis bunga memang jarang tersorot, namun ini bisnis yang cukup worth it.  Mengingat harga jual bunga di pasaran saat ini minimal lebih dari 100 ribu.


Aksesoris Wanita

Bisnis tidak selalu terpaku pada trend saja, namun kemampuan kamu sebagai pebisnis untuk dapat terus berinovasi. Setiap bisnis itu punya peluang untuk membuka pemikiran pasar dan menjadi trend menurut Bisnis.com. Sama halnya dengan bisnis aksesoris juga begitu. 

Bisnis yang cukup niche, namun orang akan willing to pay asalkan kamu punya kualitas yang oke. Market yang niche, justru menjadi peluang bagi kamu untuk menjadi top of mind, asal jangan setengah-setengah  ya!


Bumbu Makanan dan Sambal 

Bukan soal siapa yang duluan terkenal dalam bisnis ini, tapi kualitas rasa dan packaging adalah faktor terpenting. Tipsnya, kamu bisa coba mulai dari 5-10 botol dulu untuk memastikan rasa dan ketahanan produk bumbu atau sambal yang kamu buat. 

Menurut pengalaman Putri Ambarani yang dilansir Bisnis.com,  ia memulai bisnis ini dengan modal 50 ribu, lho! 


Broker

Modal relasi, kepercayaan, dan melihat peluang untuk mencari konsumen. Seringkali masalah dalam bisnis selalu berputar pada supply dan demand yang tidak bertemu. Nah, ini dia fungsi broker mempertemukan pembeli dan penjual. 

Kalau kamu masih kuliah, coba gabung di salah satu organisasi komunitas kampus. Biasanya, seringkali mahasiswa mengadakan seminar atau acara yang membutuhkan souvenir, baju, atau catering.

Jangan sepelekan, kalau kamu bekerja sungguh-sungguh kamu bisa memikat kepercayaan teman-temanmu yang nantinya bisa menjadi customer based untuk bisnismu ke depannya!

Minimal tetapkan untung 10% untukmu, ya! Saat menjadi broker, kamu bisa melihat 2 perspektif yang berbeda antara pembeli dan penjual. Pengalaman ini nantinya bisa menjadi insight bisnis untuk kamu.


Youtuber

Menjadi content creator, apalagi Youtuber adalah pekerjaan idaman anak jaman now banget nih! Bisa menjadi hal yang mudah atau sulit, bergantung pada target market dan konten yang kamu berikan, nih! 

Poin pentingnya adalah “apakah value yang bisa didapatkan dari menonton konten saya?” lalu “kenapa harus channel saya?”. 

Nah, hal-hal seperti ini harus dipikirkan matang-matang sejak awal. Jika menekuni industri ini dengan tujuan yang jelas, tentunya akan memberikan manfaat untuk personal branding-mu dan pastinya pundi-pundi pemasukanmu juga. 

Bekerja sebagai karyawan saat ini terkadang membosankan, untuk itu sebagai kaum muda kamu perlu mencoba sesuatu hal lain yang berbeda dari biasanya. 

Tentu, kamu bisa menjadi karyawan sekaligus sampingan sebagai seorang pebisnis, karena kesempatan selalu ada!