Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Ini Tipsnya!

Cara Memulai Bisnis Online (Foto: pixabay.com)

Cara Memulai Bisnis Online (Foto: pixabay.com)

Like

Cara memulai bisnis online sebenarnya gampang, lho! Kalau serius dan tekun kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Tentunya tidak mudah dan butuh waktu yang cukup lama. Nah, untuk itu simak ini strategi dan tips dari cara memulai bisnis online:


Kenali Passion 

Kenali passion untuk menentukan industri mana yang ingin kamu tekuni, karena feeling itu bisa sangat menentukan kualitas produk. Misalnya, kamu senang dengan dunia olahraga. 

Kamu bisa memulai menjual hal-hal yang dibutuhkan untuk olahraga. Kuncinya, kamu melihat kebutuhan dalam masyarakat. Baik saat ini maupun ke depannya. 

Sudah itu, buat logo dari toko online shopmu, pilih platform toko online mana saja yang akan kamu tempati untuk menjual produkmu. 


Reseller atau Dropshipper

Tentukan sebelumnya model bisnis yang ingin kamu terapkan seperti apa, menjadi reseller atau dropshipper. Perbedaannya hanya pada ketersediaan produk. Jika reseller sistemnya seperti beli lepas. 


Jika dropshipper, kamu hanya perlu mencari toko online yang menerima jasa dropshipper. Pastikan toko online tersebut dapat dipercaya, minimal kamu bisa melihatnya dari rating dan kolom komentar.  

Untuk untung, tentunya jika reseller kamu bisa menyesuaikan dengan trend saat itu dan menentukan margin sesuai keinginanmu. Namun, jika dropship akan sedikit sulit untuk menentukan harga yang lebih mahal.

 Selain karena kendala dalam sistem, kalaupun bisa akan sulit bagimu untuk bersaing dengan para pemain online lainnya. Terutama yang sudah memiliki kredibilitas.
 

Format Design 

Kredibilitas toko itu penting banget. Biasanya, konsumen akan lebih tertarik pada foto produk yang lengkap dan jelas. Jika perlu kamu bisa menampilkan foto dari berbagai sudut, sebelah kiri, kanan, atas, bawah, dan keseluruhannya. Maksimalkan juga tampak background-nya supaya semakin terlihat menarik. 

Jangan lupa tambahkan trademark logo mu di ujung sisi kiri, kanan, atas atau bawah. Pilih salah satu saja, jika memungkinkan untuk menambahkan deskripsi singkat untuk memberi gambaran, maka jangan ragu untuk menambahkan. 

Membuat logo dapat dengan mudah kamu lakukan dengan menggunakan wix logo, canva, freepik. Tiga website ini sudah sangat mempermudah kamu seharusnya. Selamat berkreasi, ya!


Research Penamaan Produk

Secara logika kerja mesin pencari toko online shop didasari atas algoritma. Umumnya, fungsi mereka adalah membantu user untuk mereferensikan produk yang sedang dicari. 

Nah, ini dia fungsi dari melakukan riset terhadap kompetitor atau existing produk yang muncul pada halaman pertama toko online. 

Kamu dapat memahami bagaimana pola mereka menulis, misalnya: nama barang, nama brand, spesifikasi detail. Hal-hal seperti ini perlu diperhatikan sejak awal. 

Biasanya jika sudah ada produk yang terjual, maka penamaan barang tidak bisa diubah kembali. 


Tingkatkan Traffic 

Kata siapa membangun toko online mudah? Segala sesuatunya butuh konsistensi. Untuk membuat produkmu dapat dikenal, kamu harus memiliki strategi untuk menarik target pasarmu mengunjungi toko onlinemu.

Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan instagram pribadimu, bisa juga menggunakan beberapa grup untuk memberikan link toko onlinemu, dan jangan lupa keluarkan budget untuk iklan. 

Saat ini masing-masing E-commerce sudah memiliki fitur iklan untuk membantu menjual produkmu. Kamu juga bisa mengiklankannya melalui sosial media, dengan catatan sebelumnya kamu sudah memiliki akun khusus untuk brand-mu. Jadi, kalau bisa jangan dicampur ya dengan akun pribadimu. 

Masih bingung mau jual produk apa? Coba simak bagaimana cara memulai bisnis online menjual barang bekas. Yuk, bicara bisnis online semuanya pasti bisa dilakukan. Selamat mencoba dan menemukan ide-ide yang menarik!