Kangen Jakarta Bebas Polusi? Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Kangen Jakarta Bebas Polusi

Kangen Jakarta Bebas Polusi

Like

Akhir-akhir ini Jakarta viral karena polusinya yang kian tinggi. Hidup di kota jakarta dengan polusi yang tinggi memang bagai makan buah simalakama, di satu sisi harus menghirup polusi setiap hari, tapi kalau tidak begitu tidak dapat uang. Sedih ya? 

Meskipun sulit untuk mengatakan dengan tepat kapan Jakarta akan bebas dari polusi, ada beberapa upaya menjanjikan yang sedang dilakukan untuk meningkatkan kualitas udara.

Pemerintah atau pemangku kebijakan telah berjanji untuk mengurangi polusi udara hingga 30 persen pada tahun 2025, dan telah mencapai beberapa kemajuan menuju tujuan ini. Misalnya, melarang penggunaan batu bara untuk pembangkit listrik dan berinvestasi dalam sumber energi terbarukan.

Selain itu, kota mulai menanam lebih banyak pohon dan menciptakan ruang hijau untuk meningkatkan kualitas udara. Sudah nampak hasilnya? Mungkin sudah, dan biarlah itu jadi urusan pemerintah.

Lalu kita? Apakah kita sebagai masyarakat punya andil untuk berkontribusi juga? Kita punya kewajiban sendiri untuk mengatasinya.


Baca Juga: 5 Tanaman Hias Ini Bisa Bersihkan Polusi dalam Rumah!


Apa yang Bisa Kita Lakukan Terkait Polusi Udara


1. Jangka Pendek


Jika kita harus bekerja di kota yang sangat tercemar, ada sejumlah langkah yang dapat kita ambil untuk melindungi kesehatan kita. 

Pertama, cobalah untuk membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan di luar ruangan, terutama pada waktu-waktu puncak ketika tingkat polusi paling tinggi. 

Kedua, pastikan memakai masker saat berada di luar, dan pilihlah masker yang tersertifikasi oleh National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH). 

Ketiga, investasikan alat pembersih udara untuk rumah dan tempat kerja Anda untuk membantu membersihkan udara. Keempat, makan makanan yang sehat, seperti jeruk, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, minyak zaitun extra virgin, teh hijau, dan cokelat hitam.

Perlu dicatat bahwa antioksidan yang ditemukan dalam makanan bisa lebih efektif daripada yang ditemukan dalam suplemen. Gunakan juga probiotik dan enzim pencernaan untuk membantu mendukung kesehatan usus, yang sering dikaitkan dengan polusi udara.

Penting juga untuk minum banyak air untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Olahraga teratur dan istirahat yang cukup untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 6 Hal yang Dilakukan untuk Jaga Kualitas Udara


2. Jangka panjang


Ajarkan kepada anak kita, adik-adik kita, atau generasi penerus kita, agar benar-benar menjadi generasi penerus yang cinta lingkungan. Menjadi pekerja, pemerintah atau pemangku jabatan, atau pengusaha yang juga cinta lingkungan. 

Pertama, mengedukasi penggunaan transportasi umum daripada mengendarai mobil. Kedua, menggunakan lebih sedikit energi dengan mematikan lampu dan peralatan saat tidak menggunakannya. 

Ketiga, menanam pohon dan semak di sekitar rumah yang akan membantu menyaring udara dan mengurangi jumlah polusi yang Anda hadapi. Bahkan jika jadi penguasa, harus punya program menanam jutaan pohon.

Keempat, mengedukasi larangan penggunaan batu bara dan beralih ke bahan bakar yang lebih bersih untuk pemanas dan pembangkit listrik, serta lebih menggunakan sumber energi terbarukan. 

Bagaimana, susah-susah gampang kan Be-emers?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.