Dewa 19 All Stars Kompak Pakai Kaos Bertuliskan Flash saat Konser, Apa Sih Maksudnya?

Ada Apa Sih dengan Kaos Flash? - Image: YouTube, Instagram Ahmad Dhani Official, dan The Hollywood Reporter

Ada Apa Sih dengan Kaos Flash? - Image: YouTube, Instagram Ahmad Dhani Official, dan The Hollywood Reporter

Like

Saat lagu Kangen dilantunkan di tengah panggung konser Dewa 19 All Stars Stadium Tour Jakarta, Andra Ramadhan dan Ahmad Dhani mulai mengganti kostum panggung mereka dengan kaos putih bertuliskan “Flash”.

Enggak cuma mereka berdua, drummer Dewa 19 Agung Yudha, Tyo Nugros, Ari Lasso, Ello, Virzha, hingga Dino Jelusic pun mengenakan kaos yang sama hingga konser Dewa 19 All Stars Stadium Tour di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK) itu berakhir.

Apa sih maksudnya? Apa makna di balik kaos Flash itu?

Baca Juga: Ini Deretan Epic Moment yang Cuma Ada di Konser Dewa 19 All Stars Stadium Tour
 

Kaos Flash: Kostum Manggung yang Pernah Dipakai Freddie Mercury

Mungkin salah satu di antara kamu pernah meilihat mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel, pernah manggung dengan kaos bertuliskan Flash, yang mana sama persis dengan yang dipakai Dewa 19 All Stars waktu manggung di GBK kemarin, (12/8).

Apakah Dewa 19 All Stars pakai kaos Flash itu karena kangen sama Once? Kalau masalah kangen, mungkin cuma Ahmad Dhani yang bisa jawab iya atau enggak.


 

Once Pernah Pakai Kaos Flash saat Manggung di Jepang bareng Dewa - Image: YouTube

Once Pernah Pakai Kaos Flash saat Manggung di Jepang bareng Dewa - Image: YouTube


Terlepas dari Once pernah pakai kaos yang sama, sebenarnya sih, kaos putih bertuliskan “Flash” dengan warna merah itu adalah salah satu kostum yang melegenda karena pernah dipakai Freddie Mercury saat ia manggung!

Flash merupakan lagu Queen yang dirilis tahun 1980. Nah, lagu ini juga jadi original soundtrack dari film Flash Gordon.

Dilansir dari mercuryphoenixtrust.org, sejarah kaos Flash pertama kali dipakai sama vokalis Queen Freddie Mercury pas Queen lagi tur dunia di Amerika Serikat, Juni 1980. Dalam tur bertajuk “The Game” saat itu, sebenarnya Queen belum merilis lagu Flash.
 

Sejarah Kaos Flash Freddie Mercury - Image:

Sejarah Kaos Flash Freddie Mercury - Image: mercuryphoenixtrust.org


Dengan celana (super) pendek ketat berbahan kulit dan handband merah, Freddie berusaha menunjukkan kepada dunia kalau Queen sedang mengerjakan album original soundtrack film Flash.

Enggak cuma itu, yang bikin unik, Freddie selalu pakai kaos Flash itu saat momen encore di setiap konser tur “The Game” Queen. Hal yang sama persis dilakukan Ahmad Dhani dan Dewa 19 All Stars pada saat encore sambil membawakan lagu We Are The Champions milik Queen.
 

Bukan Rahasia Kalau Ahmad Dhani Fans Berat Queen

Seperti fans garis keras pada umumnya, apapun yang berhubungan dengan sang idola, pastinya berpengaruh dalam hidup seorang fans. Begitu juga dengan Ahmad Dhani.

 

Dewa 19 All Stars Pakai Kaos Flash saat Encore Konser di GBK - Image: Instagram @ahmaddhaniofficial

Dewa 19 All Stars Pakai Kaos Flash saat Encore Konser di GBK - Image: Instagram @ahmaddhaniofficial


Dilansir dari kanal YouTube resminya, Video Legend, pentolan band Dewa 19 itu jatuh cinta sama Queen sejak umurnya 8 tahun. Saat itu, ia nonton film Flash Gordon bersama kakak dan teman-temannya.

Pemilik nama lengkap Dhani Ahmad Prasetyo itu langsung suka banget sama soundtrack filmnya, yang mana dibuat dan dinyanyikan oleh Queen. Dikutip dari wawancaranya dengan Vincent dan Desta di YouTube Vindes, Dhani pun saat itu langsung beli album Flash Gordon Queen di sebuah toko kaset di Surabaya.

Hingga akhirnya, Dhani kecil mulai mengulik tentang Queen dan makin jatuh cinta dengan band rock legendaris asal Inggris itu setelah mendengarkan lagu Bohemian Rhapsody. Bahkan sampai sekarang, Ahmad Dhani pun meyakini kalau Bohemian Rhapsody jadi lagu terbaik sepanjang masa, lho!

Lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani pun banyak banget yang terinspirasi dari Queen. Bahkan, Dhani rela merogoh kocek cukup dalam untuk bayar royalti sejumlah lagu Queen untuk ia cover bersama bandnya, seperti lagu Mustapha hingga Bohemian Rhapsody.

Diketahui dari laman IDX Channel, Ahmad Dhani membayar royalti lagu Bohemian Rhapsody di muka dengan harga Rp40 juta! Keputusannya untuk membayar royalti lagu Queen bukan hanya sebagai fans yang menghargai karya idolanya, tapi juga karena lagu tersebut diunggah di platform digital.

Itu untuk lagu, gimana dengan konsep menggunakan kaos Flash saat encore yang sama persis dilakukan Dhani saat konser Dewa 19 All Stars Stadium Tour Jakarta? Apakah Ahmad Dhani juga membayar royalti atas hal itu?

Kalaupun enggak bayar royalti, rasanya sah-sah aja kalau Ahmad Dhani dan bandnya pakai kaos Flash ala Freddie Mercury. Namanya juga nge-fans.

Hal itu rasanya sama kayak sejumlah penyanyi yang pakai kaos band idolanya -atau bahkan mereka sebenarnya bukan fans, tapi suka aja sama kaosnya.

 

Jennie Blackpink Manggung Pakai Baju Band ACDC - Image: Pinterest

Jennie Blackpink Manggung Pakai Baju Band ACDC - Image: Pinterest


Baca Juga: Merchandise K-Pop: Peluang Cuan dari Fans Oppa dan Eonni Korea

Siapapun berhak pakai kaos band, termasuk kamu yang mungkin nge-fans sama Dewa 19 dan pakai kaosnya saat disuruh nyanyi di atas panggung. Ahmad Dhani enggak bakal nuntut royalti juga kan kalau kamu pakai kaos bandnya doi(?)

Nah, kalau kamu nge-fans berat sama musisi, kamu bakal melakukan hal yang sama kayak Ahmad Dhani enggak?




Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.