Gojek Jadi Mitra Penyaluran Digital Kredit Bank BUMN untuk UMKM

Shop Illustration - Canva

Shop Illustration - Canva

Like

Lewat program DigiKu yang diluncurkan pekan lalu, sejumlah bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) diketahui sedang berupaya buat membantu proses kredit buat kamu pelaku UMKM. Buat mempermudah penyalurannya, Himbara pun menggandeng Gojek.

Startup unicorn tersebut pun sudah mulai berkolaborasi dengan salah satu bank BUMN, yakni BRI. Dengan begitu, Gojek pun dapat membantu penyediaan akses [pinjaman (kredit) kepada mitra usaha, tak terkecuali para driver.

“Sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya gotong royong Bank BRI dan Pemerintah yang telah memberikan fasilitas pinjaman khusus dirancang bagi mitra UMKM kami agar mereka bisa maju bersama ekosistem Gojek,” ungkap Chief Public Policy & Government Relations Gojek Shinto Nugroho, dikutip dari Bisnis.com.
 

Kredit Tahap Awal untuk Driver

Untuk penyaluran digital kredit tahap awal, Gojek dan BRI akan memberikan fasilitas tersebut kepada para driver untuk tahap pertama. Plafon kredit yang bakal disalurkan lewat Gojek, yakni mencapai Rp20 juta, dengan tenor 1 hingga 12 bulan.

Diketahui dari laman Bisnis, pemerintah menargetkan penyaluran kredit yang mencapai Rp4,2 triliun ini kepada satu juta UMKM. Adapun, Gojek juga telah melakukan sejumlah program untuk membantu mengembangkan UMKM di Indonesia.

Bekerja sama dengan banyak mitra, dari laman resminya, komitmen Gojek terhadap bidang UMKM pun terlihat dari program pelatihan wirausaha dan festival kuliner untuk UMKM.


Program DigiKu ini diluncurkan oleh Kemenko Maritim dan Investasi, bekerja sama dengan Himbara. Penyaluran digital kredit ini pun diutamakan buat pelaku UMKM yang belum tersentuh layanan keuangan konvensional.

Yang kepo soal program DigiKu, bisa juga lihat video berikut ini