Ide Bisnis dari Nol yang Menguntungkan Buat Pemula!

Mengumpulkan ide bisnis (Foto: pexels-rdne-proyect)

Mengumpulkan ide bisnis (Foto: pexels-rdne-proyect)

Like

Lulus perguruan tinggi dengan status yang hebat belum menjamin mendapat pekerjaan di perusahaan besar dengan cepat. Di era yang makin banyak persaingan, ditambah efisiensi di hampir semua perusahaan membuat Anda yang baru lulus harus cepat berputar otak .

Menunggu lamaran pekerjaan diterima yang tidak ada kepastian? Lebih baik mencari pengalaman menjadi enterprenur sendiri.

Namun, untuk pemula yang baru saja mau berbisnis, tentunya juga enggak gampang. Pertama, harus punya ide bisnis yang otentik atau berbeda dengan pesaing yang sudah ada. Kedua, punya manajemen dan modal yang sangat bagus.


Tips Memulai Bisnis dari Nol


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis dari nol

Baca Juga: Tips Bisnis Kuliner untuk Pemula: Pentingnya Pengawasan SOP!


1.  Menentukan rencana



Memulai bisnis bukan asal buka saja. Tidak segampang ketika kita berpikir suatu jenis bisnis yang belum ada di daerah kita lalu langsung menyatakan 'wah bisnis ini pasti berhasil'. 

Bisnis bukan hanya soal prediksi, tetapi harus punya plan, dimana Anda harus punya pengetahuan tentang berbagai riset, anggaran, modal dan kapan mulai bisnis.


2. Melakukan riset


Pada tahap pertama cara melakukan riset pasar adalah merumuskan masalah yang ada. Jika sudah ditemukan, kemudian elaborasi lagi apakah produk yang ingin kamu tawarkan itu benar-benar solusi dari masalah. 

Lakukan desain penelitian dulu siapa calon buyer, berapa jumlahnya dan bagaimana keinginan buyer untuk produk baru itu.

Setelah itu tentukan sampel. Jika sudah mendapatkan gambaran produk yang akan dijual, perlu disebarkan produk itu dengan sampel dan menunggu reaksi dari calon buyer.

Analisa dan kumpulkan data lalu sajikan dalam riset. Hasil dari penelitian dan sampel itu harus diuji lagi dengan mengumpulkan semua data yang dibutuhkan. Lalu dianalisa dan disajikan dalam bentuk suatu riset.

Baca Juga: Tips Bisnis Pet Shop Sukses, Dari Hobi Jadi Cuan


3.  Tanpa modal


Banyak pemula mengatakan wah saya belum punya modal untuk melakukan bisnis besar. Jika demikian tentunya harus menganalisa kembali bisnis apa yang tak perlu modal besar.

Ada beberapa bisnis yang dimulai dengan modal kecil dan di rumah saja tanpa harus sewa tempat dan gaji karyawan.

Ada beberapa ide dari bisnis yang minim modal dan belum banyak pesaing yang dapat Anda pilih. Sebagai contoh menjual produk minuman kesehatan, buka catering makanan sehat, cloud kitchen, atau barang daur ulang
  1. Minuman Kesehatan
    Kualitas kesehatan untuk jaga imunitas jadi sangat penting di era udara panas dengan polusi yang sangat tinggi. Minuman sehat yang dikonsumi harus dapat memperbaiki pola hidup dan penambah imunitas.
  2. Katering Makanan sehat
    Segmen catering makanan sehat masih sedikit dibandingkan dengan catering biasa. Jika masih sedikit pesaing, Anda harus punya karateristik makanan sehat yang khas dan sempurna.
  3. Cloud kitchen
    Sistem menciptakan dapur besar untuk disewakan kepada pebisnis Food & Beverage. Maksimalkan waktu bekerja dengan modal yang seiritnya.
  4. Barang Bekas
    Anda harus mempelajari teknik bagaimana usaha daur ulang menjadi produk bernilai tinggi atau bernilai jual. Perlu mempelajari bagaimana memproduksi dan menjualnya. 
Nah, silakan dicoba Be-emers!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.