Tips Bisnis Pet Shop Sukses, Dari Hobi Jadi Cuan

Tips Bisnis Pet Shop. (Ilustrasi: Canva)

Tips Bisnis Pet Shop. (Ilustrasi: Canva)

Like

Hobi bisa juga dimanfaatkan jadi sesuatu yang menghasilkan keuntungan. Bagi pecinta hewan bisa membuka bisnis pet shop. Simak tipsnya!

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang harus melakukan lockdown selama kurang lebih 6 bulan lalu dilanjutkan bekerja dan belajar dari rumah selama lebih dari satu tahun. 

Masa itu membuat banyak waktu yang dihabiskan di rumah sehingga mencari hiburan lain. Salah satunya adalah dengan mengadopsi hewan peliharaan bagi pecinta hewan.

Bisa dibilang pandemi meningkatkan jumlah pecinta hewan yang memiliki hewan peliharaan. Ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan hewan peliharaan cukup tinggi.

Apalagi jika kamu sendiri merupakan seorang pecinta hewan. Selain jadi hobi ini juga bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.
 

Tips Bisnis Pet Shop



Mengutip dari Bisnis.com, ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam membangun bisnis pet shop.
 

1. Cari Supplier


Hal pertama yang harus dilakukan dalam membangun bisnis pet shop adalah mencari supplier yang paling sesuai. Kesesuaian bisa dipertimbangkan dari harga, jarak atau lokasi, dan variasi produk.

Baca Juga: Ini 3 Startup yang Fokus pada Hewan Peliharaan

Info mengenai supplier bisa dicari melalui internet atau biasanya ada kontak kerja sama yang bisa dihubungi pada bagian belakang kemasan produk. Cari sebanyak-banyaknya supplier, jangan terpaku hanya pada satu atau dua kontak supplier.
 

2. Konsep One Stop Service


Setelah menemukan supplier, sebaiknya buat konsep pet shop yang one stop service. Maksud dari one stop service adalah pet shop menyediakan banyak atau bahkan semua hal yang dibutuhkan pecinta hewan.

Jadi pet shop yang dibangun tidak hanya menyediakan makanan tapi juga aksesori, vitamin, snack, mainan, dan layanan kecantikan dan kesehatan. Akan ada banyak pelanggan yang datang untuk berbagai kebutuhan hewan peliharaannya.
 

3. Siapkan Stok


Selain berkonsep one stop service, perlu juga menyiapkan stok produk agar mencukup kebutuhan konsumen. Ketersediaan stok harus selalu ada, jangan hanya stok satu macam makanan saja.

Sediakan berbagai pilihan mulai dari berbagai macam brand dengan harga yang bervariasi, sehingga customer bisa memilih. Pastikan ada banyak stok produk dengan berbagai macam brand.
 

4. Rekrut Veterinarian


Dengan mengusung konsep one stop service artinya ada layanan kesehatan dan perawatan kecantikan. Tidak boleh sembarangan orang yang memberikan jasa kesehatan pada hewan peliharaan. 

Harus orang yang sudah memiliki sertifikasi seperti Dokter Hewan atau Veterinarian. Adanya Veterinarian juga menambah kepercayaan konsumen dan akan meningkatkan kunjungan dan transaksi di pet shop.
 

5. Bangun Komunitas


Dalam membangun bisnis kita harus mengetahui siapa konsumen kita. Saat membangun bisnis pet shop, konsumen kita adalah para pecinta hewan dan pemilik hewan peliharaan. 

Orang-orang yang memiliki hewan peliharaan biasanya memiliki ikatan kuat satu sama lain dan membentuk kelompok. Kamu bisa manfaatkan kelompok atau komunitas ini untuk promosi bisnis pet shopmu. 

Baca Juga: Biaya Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Punya Hewan Peliharaan?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.