Bisa Umroh dengan Biaya Rp3 Juta-an dengan NUSUK? Apaan Tuh?

Website Nusuk dari Pemerintah Arab Saudi

Website Nusuk dari Pemerintah Arab Saudi

Like

Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. Dalam agama Islam, ada salah satu ibadah yang memerlukan biaya, waktu dan tenaga serta hanya bisa dilakukan saat sudah datang ke kota suci Mekkah di Arab Saudi, yaitu umroh dan haji.

Beberapa saat yang lalu, Pemerintah Arab Saudi meluncurkan website NUSUK yang merupakan layanan resmi dari Pemerintah Saudi. Layanan website NUSUK bisa diakses oleh siapa saja dari seluruh dunia dengan berbagai bahasa yang disediakan, salah satunya Bahasa Indonesia.


Website NUSUK


Dalam website NUSUK, Be-emers akan menemukan beberapa kolom, yaitu tentang website NUSUK, Pemerintah Arab Saudi, Pengertian Umrah, Madinah, Makkah, dan terkahir kolom tentang Paket dan Penawaran.

Jadi, website NUSUK bukan hanya tentang paket dan penawaran, tetapi juga sekilas menjelaskan tentang serba-serbi umroh dan 2 kota suci, Madinah dan Makkah.

Akhir-akhir ini, dunia maya diramaikan dengan biaya umroh yang cukup Rp3 jutaan, salah satu pemicunya adalah NUSUK tersebut. Untuk sekedar melihat paket yang tersedia di website NUSUK, Be-emers tidak perlu melakukan pendaftaran atau log in, cukup membuka alamat website https://www.nusuk.sa/id 


Be-emers dapat mengetahui berbagai macam paket land arrangement yang ditawarkan pemerintah Arab. Paket yang ditawarkan sangat bervariasi,  mulai dari paket termasuk visa, hotel, ziarah kota Madinah dan Makkah, sampai paket yang di dalamnya hanya termasuk ziarah saja atau hanya hotel saja.

Selain itu, permohonan visa secara mandiri juga bisa dilakukan melalui NUSUK, dimulai dari pemilihan asal negara, kemudian konfirmasi "Apakah Anda penduduk tetap AS, Inggris atau Uni Eropa atau pemegang visa AS, Inggris atau Schengen? " dan seterusnya.

Proses ini memang perlu verifikasi dari Pemerintah Arab Saudi terlebih dahulu. Kembali lagi pada harga yang banyak beredar di masyarakat, yaitu umroh cukup Rp3 jutaan sudah bisa.


Harga Umroh Cukup Rp3 Jutaan?


Perlu diketahui, bahwasanya harga tersebut memang bisa dipesan di NUSUK, tetapi harga yang tercantum merupakan harga dasar, salah satunya ditawarkan oleh Golden Sky. Harga 780 SAR ini termasuk 5 malam di Makkah, visa, hotel quad (berempat) dan transportasi grup.

Harga tercantum juga belum termasuk beberapa VAT di Saudi serta belum termasuk 2 komponen yang menghabiskan biaya besar, yaitu tiket pesawat dan makan selama beribadah di sana.

Selain contoh paket tersebut, ada beberapa paket yang ditawarkan sampai bernilai Rp30 jutaan, biasanya paket tersebut merupakan kelas VIP.

Pada website NUSUK, paket tersebut ditawarkan oleh Emaar Group. Jadi, untuk berangkat umroh dengan nilai Rp3 jutaan, jangan ditelan mentah-mentah yah Be-emers. Sebaiknya pelajari dengan detail terlebih dahulu kekurangan dan kelebihannya. 

Sebagai tambahan, selain website, NUSUK bisa diunduh melalui smartphone, baik iPhone, Android maupun Huawei. Siapa tahu, kamu tertarik mempelajari lebih lanjut nih, Be-emers! 

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.