7 Tips Menghadapi Rasa Malas Biar Lebih Produktif!

Rasa malas yang menumbuh setiap harinya menyebabkan depresi (Dok. pribadi)

Rasa malas yang menumbuh setiap harinya menyebabkan depresi (Dok. pribadi)

Like

Sebagai mahluk hidup yang dapat berpikir dan mempunyai pikiran, tentu kita pernah merasakan rasa malas. Tapi, rasa malas yang berlebihan dan dengan jangkauan yang lama tentu akan merugikan kita secara fisik maupun psikis.

Namun, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa istirahat dan malas memiliki pengertian yang berbeda. Banyak orang yang menyalahartikan tentang kemalasan dan istirahat, tidak semua orang yang beristirahat itu pemalas jadi kita masih dapat beristirahat yang cukup ya.. 

Tetap saja rasa malas dan beristirahat yang berlebihan tentu membawa dampak yang buruk. Jadi, bagaimana caranya untuk mengatasi dan mengurangi rasa malas? Mungkin dari cara ini dapat membantu anda untuk mulai beraktivitas.


Tips Mengatasi Rasa Malas


1. Carilah target yang ingin dicapai


Sebelum ingin melakukan kegiatan, sebaiknya rencanakan terlebih dahulu target yang ingin dicapai pada suatu kegiatan. Rencanakan kegiatan serta proses yang akan dijalani.

Baca Juga: 
Jangan Self-Diagnose, Ini Perbedaan Demotivasi dan Malas!



2. Tontonlah atau temuilah orang yang kamu inspirasikan


Carilah orang yang menginspirasi kamu dan dengarkan kisahnya bagaimana ia bisa sukses


3. Mulai untuk merendahkan ekspetasi


Memiliki ekspetasi terlalu tinggi akan menyebabkan depresi dan menyebabkan rasa malas yang tinggi. Mulailah untuk merendahkan ekspetasi dan lebih bersyukur.


4. Minta bantuan pada orang lain


Meminta bantuan pada orang lain, mungkin akan membantu anda untuk lebih termotivasi lagi dan lebih bersemangat. Tidak usah malu mencari bantuan karena kita semua manusia pasti memerlukan dukungan dan dorongan.


5. Berolahraga secara rutin 


Tanpa diketahui ternyata berolahraga berpengaruh dan memberikan dampak positif ke otak kita loh. Berolahraga dapat menurunkan kadar hormon setres. Dengan berolahraga tubuh kita akan terasa lebih hebat dan baik yang menyebabkan mood kita semakin membaik.

Baca Juga: 
4 Tips Ampuh untuk Menjadi Seseorang yang Lebih Produktif


6. Ingat untuk beristirahat


Selain melakukan banyaknya kegiatan jangan pernah melupakan istirahat. Istirahat sangatlah penting dan berguna untuk menjaga tubuh kita, namun sebaiknya jangan berlebihan istirahat. Istirahat memanglah nyaman namun jika istirahat berlebihan kita tidak akan mengalami progress.


7. Berhenti menunda nunda pekerjaan

 
Jika sudah ada pekerjaan dan anda sedang memiliki waktu luang sebaiknya langsung kerjakan kerjaan tersebut. Menunda nunda pekerjaan cukup membuat kita ketagihan loh jika kita terlalu lama menunda nunda pekerjaan. 

Semoga dapat membantu kamu Be-emers!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.