4 Tips Ampuh untuk Menjadi Seseorang yang Lebih Produktif

Menjadi produktif akan membantumu menikmati setiap aktivitas (Sumber gambar: Freepik)

Menjadi produktif akan membantumu menikmati setiap aktivitas (Sumber gambar: Freepik)


Hai Be-emers, kalian pasti tentunya sudah pernah merasa malas atau mager ketika hendak mengerjakan suatu hal kan?

Rasa malas atau yang sekarang familiar dengan istilah ‘mager’ memang sangatlah mengganggu keseharian kita dan menyebabkan kita menjadi pribadi yang tidak produktif. Akibat rasa mager, banyak tanggung jawab yang menjadi tidak terselesaikan pada waktu yang telah ditentukan.

Di samping itu, pekerjaan-pekerjaan umumnya akan menjadi menumpuk karena waktu yang semestinya dapat dimanfaatkan dengan baik justru digunakan untuk bermalas-malasan terlebih dahulu.

Apabila sudah seperti itu, biasanya dampak dari rasa malas tersebut tidak lagi hanya merugikan diri sendiri saja, tetapi juga orang lain. Maka dari itu, sebaiknya kita pun harus pandai-pandai dalam menghilangkan atau setidaknya mengelola rasa malas tersebut sehingga tetap dapat menjadi orang yang produktif.

Lalu, sebaiknya cara-cara apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi orang yang lebih produktif?


Baca Juga: Sibuk vs Produktif, Apa Bedanya?
 

Beberapa Tips Menjadi Seseorang yang Lebih Produktif

Khusus untuk Be-emers, ada beberapa tips nih yang bisa kalian lakukan nih untuk menjadi seseorang yang lebih produktif dan antimager. Yuk, langsung aja simak tipsnya di bawah ini yaa!
 

1. Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih awal tidak hanya membuat tubuh kalian merasa lebih segar, tetapi juga membuat kalian memiliki waktu luang lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang ada.

Bahkan, waktu pagi hari adalah waktu yang bisa memberikan kalian banyak keleluasaan dalam beraktivitas tanpa adanya banyak interupsi dan gangguan dari sekitar. Dengan bangun lebih awal, kalian dapat mulai menyicil apa yang telah menjadi tanggung jawab kalian sesegera mungkin.
 

2. Atur Harimu

Tips kedua adalah kelola harimu dengan baik. Tanpa mengatur hari, kalian cenderung akan kesulitan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kalian sehingga biasanya kalian pada akhirnya akan menjadi malas.

Kalian dapat memulai mengatur hari-hari kalian dengan membuat to do list, menentukan skala prioritas, dan lain sebagainya. Dengan aktivitas yang terorganisir, kalian akan merasa lebih tertata sehingga sisi produktif pun tentu meningkat dibandingkan rasa malas.  
 

3. Tidak Menunda Pekerjaan

Untuk menjadi seseorang yang lebih produktif, kalian sebaiknya mulai meninggalkan kebiasaan dalam menunda-nunda pekerjaan. Selain membuat pekerjaan makin menumpuk, menunda pekerjaan secara tidak langsung justru akan membuat kalian merasa berada di zona nyaman yang kemudian menyebabkan kalian terperangkap oleh rasa malas.

Sebisa mungkin kalian langsung mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kalian. Dengan begitu, kalian dapat menjadi seseorang yang lebih produktif seiring berjalannya waktu.
  

4. Kesadaran Diri adalah Kuncinya     

Tips keempat adalah kesadaran diri yang merupakan kunci dari semua tips di atas. Tanpa adanya kesadaran, akan sangat sulit dalam mendorong diri sendiri untuk menjadi seseorang yang lebih produktif.

Bahkan, yang lebih rumit lagi adalah ketika kalian tidak sadar bahwa kalian sedang berada di situasi, di mana kalian telah dikontrol oleh rasa mager atau rasa malas. Maka dari itu, jangan lupa untuk membangun kesadaran diri yang diiringi juga dengan aksi-aksi nyata, seperti dari 3 tips di atas.

Nah, itulah 4 tips untuk menjadi seseorang yang lebih produktif. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua ya Be-emers.     


Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 6 Cara Agar Tetap Produktif Usai Kena PHK




Editor: Rachma Amalia