Apa Sih Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit?

Serum hyaluronic acid banyak digunakan untuk melembapkan (Foto: Canva)

Serum hyaluronic acid banyak digunakan untuk melembapkan (Foto: Canva)

Like

Saat ini banyak opsi kandungan dalam produk perawatan yang bisa dipilih sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Salah satunya adalah hyaluronic acid. Mari kita bahas soal manfaat dan kandungan hyaluronic acid!

Hyaluronic acid banyak ditemukan pada produk-produk skincare yang berfokus pada hidrasi atau kelembapan kulit. Itu karena kandungan ini memang berfungsi untuk menahan air agar tidak keluar dari jaringan kulit.

Hyaluronic acid (asam hialuronat) merupakan jenis polisakarida yang terdiri dari rantai panjang molekul gula yang terikat secara kuat dengan air.

Tubuh kita sebenarnya secara alami memproduksi asam hialuronat, namun seiring bertambahnya usia, produksi asam hialuronat dalam tubuh menurun.

Keadaan itulah yang menyebabkan kulit pada orang-orang dengan usia matang mengarah ke keriput. Mencegah dan memperbaikinya bisa dengan kandungan hyaluronic acid ini dalam skincare.


Kandungan hyaluronic acid bisa ditemui pada skincare pelembap, serum, sunscreen, dan lainnya.  

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lip Sleeping Mask yang Bikin Bibir Kamu Moist!


Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit


1. Menjaga Kelembapan 


Manfaat utama hyaluronic acid adalah melembapkan kulit karena kemampuannya dalam mengikat molekul air. 

Kulit yang terjaga kelembapannya akan menjadi lebih kencang, kenyal, dan berseri. Inilah mengapa hyaluronic acid banyak ditemukan pada pelembap atau moisturizer.


2. Meningkatkan Elastisitas


Kulit yang lembap secara otomatis elastisitasnya akan meningkat. Saat kering kulit akan lebih mudah mengalami keriput karena tidak adanya air. 

Kandungan ini diketahui dapat membantu mengisi ruang antar sel yang kosong akibat kekurangan kolagen, sehingga kulit menjadi lebih berisi, kenyal, dan bebas dari kerutan atau garis halus.


3. Membantu Regenerasi


Saat kulit lembap, elastis, dan ruang kosongnya terisi maka proses regenerasi kulit bisa terjadi lebih cepat. Regenerasi kulit berarti pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat.

Hyaluronic acid membantu mempersiapkan kulit agar sehat dan siap untuk regenerasi. 


4. Meredakan Kemerahan


Seringkali kulit mengalami radang karena hal tertentu. Radang menyebabkan kulit mengalami kemerahan dan kadang mengganggu penampilan. 

Saat kulit mengalami radang dan kemerahan, penggunaan hyaluronic acid dapat membantu meredakannya karena sifatnya yang menenangkan kulit.


5. Menyamarkan Bekas Jerawat


Selain kemerahan akibat radang, hyaluronic acid juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Meski begitu, perlu waktu dan treatment yang tepat agar hyaluronic acid bisa bekerja maksimal untuk menyamarkan bekas jerawat. 

Coba deh cek skincare yang kamu pakai Be-emers, apakah mengandung hyaluronic acid?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.