Tren Bisnis Jelang Pemilu 2024, Ini 10 Peluang yang Menjanjikan!

pexels-liza-summer

pexels-liza-summer

Like

Apakah Anda salah satu UMKM yang sudah punya bisnis tetap? Setiap UMKM di Indonesia punya peran penting baik dari segi membuka lapangan kerja maupun dari segi  investasi.

Alasannya UMKM di Indonesia 97 persen dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun 60,4 persen dari total investasi di Indonesia.

Jika dilihat dari data jumlah UMKM yang begitu besar dan daya serap tenaga kerja yang besar, maka tidak salah lagi dikatakan bahwa ada peran penting UMKM dalam perekonomian Indonesia .

Para UMKM ini perlu jeli melihat peluang-peluang bisnis yang tiap tahun atau waktu sangat berbeda sekali.

Sebagai contoh di Feburari 2024 mendatang di Indonesia ada jadwal Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden pada 14 Februari 2024 dan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah serentak pada November 2024)


Nah, kamu yang jeli melihat peluang bisnis jelang Pemilu ini pasti ingin menggunakan kesempatan besar ini.  

Menurut Bapak Sunarso, Direktur Utama BRI bahwa Pemilu itu cenderung membawa dampak yang besar dan menguntungkan bagi omzet UMKM.

Hal ini bukan sekedar kata-kata saja, tetapi berdasarkan pengalaman Pemilu 2014, ada banyak pengusaha konveksi SUCI (Sentra Kaos Surapati- Cicaheum, Bandung) yang mendapatkan keuntungan dari pemesanan kaos, hingga spanduk mencapai omzet sebesar Rp.80 miliar.

Jadi berdasarkan  pengalaman sebelumnya,  kita dapat mempertimbangkan beberapa bisnis yang mendatangkan cuan jelang Pemilu 2024.
 

Ide Bisnis Potensial Jelang Pemilu 2024


1. Bisnis Percetakan


Bidang percetakan dibutuhkan oleh para partai politik yang ingin berkampanye. Kebutuhan mereka adalah alat peraga kampanye.

Dalam kampanye, dibutuhkan media cetak seperti brosur, banner, spandung hingga poster yang perlu dicetak di percetakan.

Bukan hanya partai politik saja yang membutuhkan percetakan, bahkan KPU (Komisi Pemilihan Umum) dalam mencetak surat suara yang akan didistribusikan ke seluruh pelosok Indonesia.

Pemilu jadi berkah bagi para pebisnis percetakan. Diprediksi omzet akan bertumbuh hingga sepuluh persen.
 

2. Bisnis Konveksi


Setiap ada pemilu, bisnis konveksi jadi salah satu sektor bisnis yang dapat meraup untung cukup besar. Kebutuhan partai politik untuk kaos-kaos, umbul-umbul, hingga bendera atau alat untuk kampanye menjadi bagian besar.

Oleh karena itu jika ada perusahaan tekstil besar yang telah mendapat order dari partai politik dan merasa “kewalahan” atau banjir order, lebih baik Anda sebagai pebisnis konveksi sudah menyiapkan diri untuk menerima limpahan berkah.


3. Bisnis Perhotelan


Selain bisnis percetakan dan konveksi, sektor perhotelan pun juga menuai berkah dalam tahun Pemilu 2024. Para partai politik mengadakan konsolidasi internal dan berbagai persiapan jelang pemilu 2024 di hotel-hotel.

Bapak Hariyadi Sukamdani, sebagai Ketua Umum PHRI mengatakan kontribusi Pemilu dalam pemesanan hotel hanya berdampak sekitar 20-30 persen saja. 

Memang tidak semua hotel mengalami peningkatan pemesanan, hanya hotel-hotel yang tertentu. Namun, ada kemungkinan jika tahun Pemilu 2024 pemesanan hotel jatuh kepada bisnis Anda sebagai pemilik Hotel atau mitra Hotel.


4. Bisnis Sablon


Bisnis sablon juga akan mengalami peningkatan seiring dengan adanya kebutuhan pamflet, kaos dan logo, bahkan “gift” yang akan dihadiahkan bagi para pendukung dengan gambar para calon presiden.

Dikatakan bahwa saat ini ada tujuh parpol yang sudah menghubungi para produsen sablon di Kawasan Pasar Senen. Mereka pasti memberikan order dan hal ini akan meningkatkan omzet sekitar 15 persen.


5. Bisnis Katering


Seiring dengan banyak meeting internal, kampanye partai politik maka kebutuhan untuk pesanan catering pun pasti meningkat dalam jumlah cukup besar. Pastinya dibutuhkan pengelola bisnis catering yang professional.

Diharapkan dari awal Anda yang ingin turut terlibat dalam bisnis catering, syarat utamanya Anda harus jadi pebisnis catering yang professional, mampu memenuhi order dalam jumlah besar, harga juga kompetitif.


6.Bisnis Digital Marketing


Pemilu 2024 sangat berbeda dengan Pemilu tahun 2014. Sekarang sudah di era internet, jadi para pebisnis yang sudah bergulat dengan digital marketing  bisa meraih untung dalam kesempatan emas ini.

Apa kaitan digital marketing dengan Pemilu 2024? Pada pemilu dibutuhkan kampanye yang tidak lagi hanya manual di tengah alun-alun dengan masa yang banyak. 

Cukup di dunia internet melalui platform yang beken seperti Instagram, Tiktok, YouTube, Twitter, Blogger membuat program kampanye makin efektif.


7.Bisnis Event Organizer


Loh buat apa event organizer (EO)? Jasa EO itu sangat dibutuhkan bagi para parpol ketika mereka mengadakan kampanye. 

Tugas dari EO yang merencanakan system dan cara menggelar kampanye yang dibutuhkan pasar para pemberi suara potensial.


8. Buzzer Online


Salah satu alat poltik yang sedang tren dan dibutuhkan oleh parta politik adalah buzzer online.  Anda harus mengetahui seluk beluk dari partai politik yang membayar Anda. 

Bukan hanya seluk beluk saja tetapi juga membranding partai politik di media sosial dengan konten yang sangat apik dan positif.


9. Jasa Pembuatan Website/Aplikasi


Untuk memenuhi dan menggaet pemilih generasi milenial, partai politik pasti membutuhkan website atau aplikasi yang berisikan kampanye. 

Disamping website, ada aplikasi yang menyediakan informasi penting dari partai misalnya hiburan kampanye, informasi tentang kandidat.


10. Sales Penyedia Internet


Jika Anda memiliki profesi  sales penyedia internet,  hal ini akan dibutuhkan oleh partai politik.  Kebutuhan partai politik membangun rumah atau gedung khusus bagi calon kandidat, anggota dan tim sukes dari parta politik.

Mereka akan memilih rapat, sosialisasi, hiburan berbasis digital. Untuk itu, dibutuhkan internet dan dicarilah sales provider internet untuk menawarkan produk kepada partai politik

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung