Saat Mandek, Terapkan Tips Ini untuk Mencari Ide!

Ilustrasi: Dokumentasi pribadi

Ilustrasi: Dokumentasi pribadi

Like

Duduk diam menatap dinding pasti sering kita lakukan. Biasanya ini karena pikiran terlalu banyak atau tidak ada inspirasi yang bisa dikeluarkan. Wajar kita merasa terjebak dengan pikiran-pikiran kita sendiri yang susah dikeluarkan secara maksimal. 

Pekerjaan sekolah, kantor, individu atau kelompok susah dikeluarkan dan didapatkan sekaligus. Ini bukan motivasi yang hilang, tetapi ide-ide kita yang seharusnya ada malah tidak ada.


Apa Itu Ide?


Sebuah ide bisa muncul dalam berbagai bentuk. Setiap individu melihatnya secara berbeda-beda, setiap orang membentuk makna ide-ide mereka berdasarkan apa yang sudah mereka alami, jadi jangan takut kalau definisi ide kamu berbeda dengan yang lain.

Seorang penulis melihat karya ide-ide mereka sebagai ekspresi, sebuah pelukis melihat karya mereka sebagai harapan. Makna ide tidak harus sesuai dengan apa yang orang lain pikiran, ide adalah sebuah kertas yang kamu bisa lipat dan warnai sesuai apa yang kamu rasakan. Jangan menahan ide-ide kamu! 


Cara Mencari Ide


Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ide-ide yang kalian mau, tetapi ingat, kalian tidak bisa memaksa ide keluar, jangan buru-buru untuk mendapatkan ide.


Biarkan pikiran kalian mengalir dengan tenang untuk mendapatkan sebuah ide. Tentunya kita semua mempunyai preferensi sendiri, tidak semua sama, jadi tentukanlah baik-baik!


1. Nonton


Salah satu cara paling cepat dan santai adalah menonton video youtube atau sebuah media yang membuat hati kalian senang, sering kita melihat tontonan yang mungkin tidak ada gunanya, tetapi jika hal tersebut membuat kalian senang, tontonlah!

Pikirkan apa yang bisa kalian dapatkan dari media tersebut dan uraikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan apa yang kalian lihat di depan mata.

Jika saya ada di film/series tersebut, apa yang akan saya lakukan? Atau bagaimana alur cerita jika hal tersebut terjadi seperti ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa membantu kalian untuk mengeluarkan ide-ide kecil sekaligus meluaskan pikiran ingin tau kalian.


2. Bicara


Buatlah sebuah percakapan bersama teman-teman dekat, keluarga, guru-guru atau kalian sendiri. Yah, benar! kalian sendiri. Hal tersebut bisa membantu kalian untuk mengeluarkan ide.

Bercakaplah dengan santai dan jangan memaksa, dalam proses percakapan kamu akan menemukan topik yang mungkin bisa menginspirasi kamu untuk melakukan sesuatu, sehingga memunculkan ide untuk karya kamu selanjutnya! 

Tapi apa gunanya kita berbicara pada diri sendiri? Banyak! Pikiran kita terus berjalan dan membuat kita penasaran akan banyak hal, jangan takut dan bertanya lebih jauh. Gali lebih dalam pikiran Anda dan kenali diri Anda lebih jauh, jangan takut untuk menggali dalam pikiran Anda sendiri.


3. Melihat


Apa bedanya melihat dan nonton? Dengan melihat kita bisa lebih sadar akan lingkungan sekitar kita. Tetaplah santai dan awasi sekeliling kelas, rumah, kantor, dan lainnya. Sangat mudah untuk menemukan begitu banyak hal yang terjadi dalam satu waktu.

Lihatlah sekelilingmu dan sadarilah bahwa kamu bisa mendapatkan dan memetik inspirasi dari banyak hal, lihatlah kondisi rumahmu, atau pinggir jalan. Bahkan guru pun bisa menjadi inspirasi untuk ide-idemu, jangan terlalu fokus pada dirimu sendiri!


4. Mengkaitkan


Terakhir, hubungkan semua pikiran ini dengan ide-ide Anda. Jangan takut untuk menjadi liar dan memadupadankan pemikiran Anda satu sama lain, semakin besar semakin baik! Jangan putus asa dan terus bersemangat, menciptakan karya-karya yang hebat.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.