Stop Jadi People Pleaser, Terapkan Seni Bodo Amat!

Ilustrasi: Jojonomic

Ilustrasi: Jojonomic

Like

"Bodo amat deh", tentu ucapan seperti ini tidak asing di telinga kita. Bodo amat adalah suatu kata yang mengekspresikan ketidakpedulian dari seseorang. Tapi, bisa dibilang bodoamat ini ada seninya juga lho..

Kita semua tentu tahu bahwa kita merupakan manusia yang memiliki rasa empati. Namun, terkadang kita memiliki empati kepada orang lain terlalu tinggi dibandingkan empati kepada diri sendiri.

Terkadang kita juga terlalu khawatir dengan respon orang-orang di sekitar kita. Dari situlah muncul gagasan atau sebutan "people pleaser" yang marak pada saat ini.

Kita harus ketahui dulu bahwa people pleaser adalah sebuah definisi untuk menggambarkan seseorang yang terlalu tidak enakan atau merasa bersalah kepada orang karena memiliki empati yang terlalu tinggi. 


Ciri-Ciri People Pleaser


Jadi bagaimana sih cara tahu kamu adalah people pleaser?
  1. Kamu selalu gaenakan dengan orang lain
  2. Kamu akan selalu menyalahkan diri sendiri walaupun yaa itu bukan kesalahanmu
  3. Kamu akan berkorban apapun supaya orang lain dapat menyukaimu
  4. Orang lain akan datang ke kamu hanya disaat ia kesusahan
  5. Kamu terlalu/over mikirin tentang apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu.

Perlu diketahui bahwa memiliki rasa empati itu memang penting. Terkadang ada beberapa orang yang senang menjadi people pleaser namun kebanyakan orang sih cenderung kebalikannya ya.


Dengan menjadi people pleaser kamu akan merasa pusing dan terbebani sendiri. Tentu kita harus membantu orang lain yang sedang kesulitan, namun bagaimana kita dapat membantu jika kita juga berada dalam kesulitan?

Kita harus menyelamatkan atau membantu diri sendiri terlebih dahulu dan dapat belajar dengan seni bodo amat. Namun perlu diketahui, kita hars tetap menyeimbangkan ego dan empati kepada orang lain.


Seni Bodo Amat


Oleh karena itu, bagaimana cara kita berpikir kritis dan mulai belajar seni bodo amat? Mengapa kita memerlukan belajar seni bodoamat?
  1. Adanya seni ini kamu akan lebih memerhatikan diri kamu untuk lebih berkembang lagi
  2. Kehidupan kamu akan jauh lebih berkualitas
  3. Kamu akan mulai mengalami perubahan diri
  4. Hidup kamu akan lebih damai walaupun akan ada beberapa orang yang mulai menjauhimu
  5. Dirimu yang idmasa depan mungkin akan berterima kasih di dirimu saat ini!

Ini adalah beberapa dari pemikiran sang penulis, jika pembaca tidak setuju maka saya tidak akan menyalahkan anda karena itulah pola pikir anda. Jadilah bebas!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.