Mau Nambah Cuan? Ini 10 Cara Aktifkan Passive Income!

Foto: pexels-nataliya-vialtkevich

Foto: pexels-nataliya-vialtkevich

Like

Saat melihat orang yang suka jalan-jalan terus, muncul pikiran kok sepertinya tidak bekerja tapi bisa liburan terus ya.  Kapan bekerjanya yah padahal dia seorang ibu rumah tangga, atau orang yang kerja sebagai freelancer.

Dalam era digital saat ini kita tidak bisa melihat pekerjaan seseorang hanya dari luarnya saja. Oh, tiap hari orang itu berangkat bekerja. Sementara yang lain kok diam saja di rumah, tapi bisa jalan-jalan ke luar negeri.

Masalahnya adalah orang yang sudah punya passive income memang tidak terlihat secara fisik sibuk bekerja. Tapi dia bekerja dengan keahliannya untuk ciptakan cuan dan dunia kerja sudah bukan soal kerja di kantor saja.

Passive income adalah jenis pemasukan yang dihasilkan secara tidak langsung dengan melakukan aktivitas yang minim atau tidak berkelanjutan. Secara sederhana selain pendapatan utama, anda tetap memiliki penghasilan meski sedang tidak bekerja.

Pengertian lainnya adalah passive income termasuk solusi yang tepat bagi Anda yang memiliki pekerjaan utama tapi tetap bisa menghasilkan cuan tambahan tanpa harus mengganggu dan meninggalkan pekerjaan utama.
 

Cara untuk mendapatkan passive income



Kelihatannya sepele, tapi perlu persiapan matang agar Anda punya penghasilan yang dapat mengalir dengan baik. Salah satu caranya adalah Anda berinvestasi pada aset-aset yang menghasilkan, seperti investasi saham, reksadana, properti, atau emas.

Baca Juga: Perbedaan Affiliate dan Refferal yang Bisa Jadi Passive Income!
 

Manfaat passive income


1. Memiliki tujuan keuangan yang jelas


Apabila Anda sudah punya scenario untuk tujuan hidup, maka anda akan merencanakan tujuan keuangan sesuai dengan tujuan hidup.  Apa yang ingin dicapai di setiap tahap kehidupan, Anda rencanakan dengan matang.


2. Kondisi Finansial lebih stabil


Untuk mencapai financial freedom, Anda harus punya stabilitas finansial. Stabilitas finansial dapat dicapai apabila kita punya perencanaan aktif dan passive income yang tetap dan aman.Tidak tergantung pada satu sumber pemasukan

Kebutuhan sehari-hari makin meningkat. Jika kita hanya menggantungkan pada satu pendapatan saja, maka kita tidak bisa mengcover kebutuhan itu dengan baik.  Dengan adanya passive income membantu kita untuk bisa memudahkan kebutuhan.


Jenis-jenis passive income:


1. Menjual Stock Photo


Jika Anda punya passion atau hobi untuk fotografi, pastikan Anda bisa menjual foto-foto hasil jepretan Anda.  Dimana menjualnya? Salah satunya di platform Shutterstock, iStock, atau 500px


2. Mengikuti Program Afiliasi


Salah satu caranya untuk menghasilkan passive income adalah dengan ikut program afiliasi.  Alasannya, cara ini sederhana dan mudah dipraktekkan.

Anda hanya cukup ikut program afiliasi dengan mempromosikan produk atau layanan. Anda akan memperoleh komisi dari penjualan.


3.Membuat E-book


Apabila Anda punya hobi menulis, segera monetize hobi Anda untuk menjadi passive income. Anda perlu mengemas dengan baik dalam bentuk e-Book.

E-Book sekarang sedang populer tetapi pastikan apakah e-Book Anda menjawab ekspektasi pembaca.  


4. Monetisasi YouTube


Sudah sering dengar bagaimana para YouTuber terkenal sukses meraup cuan dari hasil konten yang dimonetisasi?

Sebelum itu, anda harus mengenali dulu siapa penonton Anda. Setelah itu tentukan teman dan minat sesuai dengan minat mereka.


5. Monetisasi Blog


Apabila Anda punya blog dengan viewers dan kualitas yang tinggi , Anda bisa monetisasi blog tersebut.   Artinya ada peluang passive income dari iklan yang dipasang di blog. Tentunya Anda harus mempertahankan kualitas blog tetap tinggi.


6. Membuat kursus online


Jika Anda punya keahlian entah itu fotografi  atau digital marketing, cobalah untuk membuat kurus online yang tentu saja dapat menghasilkan passive income.

Menyusun kursus online pada awalnya berat tapi itulah tantangan untuk bisa mendapatkan passive income apabila nanti sudah berjalan.


7. Sewa properti


Apabila Anda punya rumah maka rumah itu dapat dijadikan passive income dengan cara menyewakan sebagai kost, unit apartemen, atau ruko.

Tentukan dulu target market, apakah mahasiswa, karyawan, atau keluarga. Pastikan juga properti itu layak pakai untuk ditinggali.


8. Bisnis dropshipping


Ini cara mudah dan sangat digemari untuk mendapatkan passive income. Metodenya mudah tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Caranya sederhana, misalnya Anda mencari supplier barang di internet, lalu anda jual kembali produk melalui online tanpa harus menyediakan stok barang terlebih dulu. Jadi, Anda pesan produk di supplier dan supplier langsung kirimkan barang kepada pembeli.

Menariknya, dropshipping tidak ada biaya operasional. Hanya perlu modal smartphone dan temukan supplier yang tepat.


9. Investasi


Ada berbagai macam investasi saat ini, baik di pasar uang atau di bank sebagai agen dari penjualan obligasi, dan reksadana .

Jadi pilihan dari investasi harus berdasarkan profil Anda.  Anda juga harus punya gambaran tentang produk yang dijadikan investasi.

Berikut ini daftar investasi 
  • a. Emas:  Tingkat kenaikan tinggi, tapi tidak likuid, harus dijual baru untung
  • b. Deposito:  Anda simpan uang di bank. Saat ini suku bunganya sangat rendah
  • c. Reksadana:  Anda investasikan dana yang dikelola oleh Manajer Investasi. Oleh manajer investasi akan dialokasikan k epos pasar uang atau saham. MI akan mendapatkan keuntungan dari keuntungan yang Anda dapatkan.
  • d Saham:  Anda membeli saham di pasar modal. Ada keuntungan dan kerugiannya. Jika untung artinya ada capital gain dari harga beli, selain itu ada dividen.
  • e. Peer to Peer Lending:  bentuknya pinjaman melalui platform, Anda bisa menanamkan modal sebagai pemberi pinjaman, bunga pinjaman itu merupakan profit Anda.


10. Menjual Karya Seni Digital


Saat ini penjualan karya seni digital sangat jamak dan mudah sekali. Bentuknya logo, banner, atau undangan. Penjualannya melalui platform e-commerce, dari sini Anda akan mendapatkan passive income.

Boleh dicoba ya Be-emers cara-cara di atas!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.