Kulit Kamu Kering? Pakai Cara Ini untuk Memperbaikinya!

Penggunaan body lotion adalah salah satu upaya memperbaiki kulit kering (Foto: Canva)

Penggunaan body lotion adalah salah satu upaya memperbaiki kulit kering (Foto: Canva)

Like

Bagi orang-orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, nampaknya sudah bersahabat dengan kulit kering. Meski begitu ada kok cara untuk membuat kulit kering membaik.

Letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Ini membuat iklim di Indonesia cenderung panas dan lembap.

Kolaborasi antara panas dan lembap ini berpengaruh pada kulit orang-orang Indonesia. Angin yang berhembus dengan kelembapan tinggi ditambah sinar matahari membuat kulit orang Indonesia cenderung kering.

Bahkan keringnya kulit di beberapa orang sampai tahap mengganggu. Kalau sudah begini, kamu perlu terapkan hal-hal di bawah ini untuk memperbaiki kulit kering!


Tips Memperbaiki Kulit Kering


1. Jangan Mandi Terlalu Lama


Mandi memang bikin seger, tapi kalau kamu mandi dalam durasi yang terlalu lama justru malah bikin kulit semakin kering lho Be-emers. Ini karena kegiatan mandi yang terlalu lama akan menghilangkan minyak alami pada tubuh.


Apalagi kalau kamu mandi menggunakan air panas, ini akan semakin membuat kulit kering. Sebaiknya batasi durasi mandi sekitar 10-15 menit ya, Be-emers.


2. Rajin Gunakan Pelembap


Penting sekali untuk menggunakan produk-produk pendukung agar kulit tetap lembap. Salah satu produk yang bisa digunakan adalah skincare pelembap seperti hand and body lotion. 

Gunakan lotion dengan formulasi pengunci kelembapan. Selain itu aplikasikan lotion secara rutin dan berkala selama 4 jam sekali. 


3. Gunakan Skincare Bebas Fragrance


Penting untuk mengetahui tujuan dari penggunaan skincare. Jika tujuannya untuk memperbaiki kulit kering dan memberikan kelembapan maka hindari skincare yang mengandung pewangi atau fragrance.

Penambahan fragrance pada skincare berarti ada penambahan bahan kimia yang bisa saja ketika bersentuhan dengan kulit jadi terlalu keras untuk diterima kulit. Ini sangat tidak ramah untuk kulit kering. 


4. Gunakan Minyak Alami


Selain skincare kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa didapat dari alam, salah satunya adalah minyak–minyakan. Dari sekian banyak minyak, minyak kelapa atau coconut oil bisa jadi pilihan bijak.

Coconut oil memiliki sifat emolien, di mana emolien mengisi ruang di antara sel-sel kulit dan menciptakan permukaan yang halus. Selain itu, asam lemak jenuh yang terdapat secara alami pada minyak kelapa sendiri mampu menghidrasi dan menghaluskan kulit.


5. Cukup Minum Air Putih


Tidak hanya dari luar, merawat kulit yang kering juga perlu dari dalam. Perawatan dari dalam bias dari asupan makanan dan minuman. Untuk membuat kulit tetap lembap penting sekali memastikan kulit mendapat hidrasi yang cukup.

Hidrasi dari dalam bisa didapat dengan konsumsi air putih yang cukup. Sesuaikan asupan air putih setiap hari dengan berat badanmu sendiri ya Be-emers.

Nah, tipsnya sudah ada sekarang tinggal penerapannya nih Be-emers!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.