Mirip Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Whoosh dan Shinkansen

Foto: Bisnis/Rachman

Foto: Bisnis/Rachman

Like

Pemerintah Indonesia baru saja meresmikan kereta cepat pertama yang menghubungkan Ibu Kota Jakarta dengan Kota Bandung pada 2 Oktober 2023. Mendengar kereta cepat, pasti ingat pada Shinkansen ya. Tapi, ini berbeda Be-emers.

Kereta cepat pertama yang diluncurkan Indonesia ternyata juga menjadi kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Kereta ini diberi nama WHOOSH.

Dari Whoosh masih wacana hingga sudah resmi diluncurkan banyak yang mengaitkannya dengan kereta cepat milik Jepang, Shinkansen. 

Apakah akan seperti Shinkansen? Apakah secepat Shinkansen? Dan banyak pertanyaan lainnya. Shinkansen Jepang memang sangat ikonik dan melekat. 

Tapi Whoosh milik Indonesia dan Shinkansen milik Jepang memiliki beberapa perbedaan lho, Be-emers.


Perbedaan Whoosh dan Shinkansen



1. Kapasitas Penumpang


Shinkansen Jepang memiliki total kapasitas tempat duduk lebih dari 1.000 penumpang, sedangkan Whoosh Indonesia memiliki total kapasitas 601 penumpang tempat duduk dalam delapan gerbong per seri.


2. Kecepatan Kereta


Shinkansen hingga saat ini masih menjadi kereta tercepat di dunia. Shinkansen memiliki kecepatan hingga 300 kilometer per jam. Seri tercepatnya bisa mencapai hingga 603 kilometer per jam atau sekitar 375 mil per jam. 

Sedangkan Whoosh diprediksi memiliki kecepatan hingga 420 kilometer per jam dengan kecepatan operasi 350 kilometer per jam.


3. Jalur dan Rute


Shinkansen memiliki sembilan jalur yang memungkinkan penumpang melakukan perjalanan keliling Jepang. Termasuk jalur Tokaido Shinkansen dari ibu kota Tokyo ke selatan, Osaka. 

Berbeda dengan Whoosh yang baru diresmikan. Saat ini Whoosh baru melakukan delapan perjalanan di empat jalur berbeda.


4. Jenis Kereta Api


Jepang menggunakan Shinkansen tipe N700S yang dilengkapi sistem self-propulsion baterai lithium-ion. 

Sedangkan Indonesia menggunakan kereta api generasi terbaru buatan China bernama CR400AF dari CRRC Qingdao Sifang. Kereta bertenaga listrik ini membutuhkan daya sebesar 9750 kW untuk setiap rangkaian delapan gerbongnya.


5. Akses dan Jangkauan


Informasi dari Jrailpass.com, kereta cepat Jepang tersedia di berbagai wilayah dan memberikan akses tak terbatas ke berbagai tujuan. 

Sedangkan kereta cepat Indonesia baru tersedia pada satu jalur yaitu Jakarta-Bandung. Namun, pemerintah berencana untuk mengembangkan kereta cepat di beberapa kota lainnya.

Ada yang udah bikin jadwal mau cobain Whoosh?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.