Penting, Ini Tanda-Tanda Mental yang Sehat

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik (Foto: Canva)

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik (Foto: Canva)

Like

Sebagai manusia, kita memiliki badan dan mental yang harus dijaga. Jika kita ingin sehat dan produktif tentu saja kesehatan badan dan mental perlu dijaga dan dirawat.

Kesehatan badan itu mudah dilihat dan dirasakan, contohnya saat sakit batuk, tenggorokan akan terasa tidak nyaman. Begitu juga saat badan panas, kita akan mudah lemas dan ingin tidur terus.

Namun bagaimana dengan kesehatan mental? Kesehatan mental tidak mudah dilihat dengan mata. Kita tidak merasakannya seperti sakit badan. Kita bisa saja tidak menyangka bahwa kita sedang sakit mental.

Kesehatan mental menurut psikologi merupakan kondisi dimana individu memiliki kesejahteraaan yang tampak dari dirinya dan mampu menyadari potensinya, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, dan mampu memberikan kontribusi kepada seseorang atau lembaga.


Mengapa kesehatan mental sangat penting diketahui?


Menjaga kesehatan mental sangat penting untuk menstabilkan perilaku, emosi, dan pikiran. Penting untuk menjaga kesehatan mental sehingga dapat memperbaiki suasana hati.


Disamping itu kesehatan mental juga mempengaruhi cara seseorang untuk berpikir, merasakan, dan bertindak didalam kehidupannya sehari-hari.


Dampak gangguan kesehatan mental


Gangguan kesehatan mental yang tidak segera mendapatkan penangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik pengidapnya.  

Termasuk gangguan jantung, kencing  manis, tekanan darah tinggi, stroke, gangguan tidur, sakit kepala dan gangguan pernafasan.


Tanda-tanda mental yang sehat


1.Efisiensi mental


Artinya memiliki kepribadian mental, kepribadian yang mengalami gangguan emosional neurotic, tidak cukup sama sekali tidak memiliki kualitas itu.


2.Pengendalian dan integrasi pikiran dan tingkah laku  


Tanpa adanya kepribadian sehat, maka obsesi ide yang melekat, fobia, delusi, dan simptom-simptom lainnya akan berkembang.


3.Integrasi motif-motif dan pengendalian konflik dan frustrasi


Konflik hebat terjadi apabila motif-motif tidak terintegrasi.  Kebutuhan afeksi, keamanan, bertentangan dengan otonomi, dorong seks dapat bertentangan dengan cita-cita.


4.Perasaaan dan emosi positif dan sehat


Perasaan positif seperti dapat menerima, mencintai, memiliki, aman, harga diri masing-masing memberikan sumbangan kepada kestabilan mental


5. Ketenangan dan kedamaian


Penyesuaian diri dan Kesehatan mental berorientasi kepada ketenangan pikiran dan mental. Ada keharmonisan emosi, perasaan positif, pengendalian pikiran dan tingkah laku, integrasi motif-motif yang muncul ketenangan mental


6. Sikap sehat


Adanya penyesuaian antara sikap dengan perasaan dalam hubungan dengan kesehatan mental. Pertahankan pandangan sehat terhadap hidup, orang-orang, dan pekerjaan.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.