5 Rekomendasi Website Freelance untuk Kerja Remote!

Rekomendasi Web Freelance Terbaik (Dok.pribadi)

Rekomendasi Web Freelance Terbaik (Dok.pribadi)

Like

Freelance atau freelancer adalah seseorang yang bekerja secara lepas dan tidak terikat pada satu perusahaan. Freelancer adalah sebutan bagi orang yang berstatus kerja tetapi waktu kerja tersebut dapat diatur sendiri.

Tidak seperti karyawan tetap atau profesional lainnya, yang harus memiliki jam kerja selama 8 jam sehari. Freelance biasanya bekerja dalam jangka waktu tertentu dan tidak terikat pada satu perusahaan.

Freelance dapat bekerja dari mana saja dan tidak terikat aturan perusahaan tentang jam kerja dan pakaian. Beberapa kelebihan menjadi freelancer antara lain kebebasan menentukan jam kerja sendiri, tidak terikat waktu, dan pendapatan yang tinggi.

Namun, menjadi freelancer juga memiliki kekurangan seperti tidak ada jaminan kesejahteraan, tidak ada jaminan pekerjaan, dan hilangnya kedisiplinan diri. Contoh bidang pekerjaan freelance antara lain penulis, desainer grafis, dan programmer.


Rekomendasi Platform Buat Freelance


Berikut adalah lima platform freelance terbaik yang memungkinkan Anda untuk bekerja dari mana saja di dunia:


1. Upwork 



Upwork adalah salah satu platform freelance terbesar di dunia. Anda dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan freelance di sini, termasuk desain, penulisan, pengembangan web, dan banyak lagi.


2. Freelancer

Freelancer adalah platform global yang menawarkan banyak peluang pekerjaan freelance. Anda dapat menemukan proyek-proyek berdasarkan keterampilan Anda dan tawarkan penawaran kepada klien.


3. Fiverr


Fiverr adalah platform unik yang memungkinkan Anda menawarkan layanan khusus (gigs) dengan harga tetap. Anda dapat menjual layanan desain, penulisan, pemasaran, dan banyak lagi.


4. Toptal


Toptal adalah platform yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak, desain, dan keahlian teknis lainnya. Mereka menghubungkan para freelancer dengan perusahaan teknologi terkemuka.


5. Guru


Guru adalah platform yang menawarkan berbagai jenis pekerjaan freelance, termasuk desain, penulisan, pengembangan web, dan sebagainya. Anda dapat membuat profil Anda dan memasarkan diri kepada klien potensial.
       
Saat menggunakan platform-platform ini, pastikan untuk memahami persyaratan, prosedur, dan kebijakan masing-masing.

Selain itu, perlu diingat bahwa persaingan dalam dunia freelance dapat sangat ketat, jadi penting untuk memiliki portofolio yang kuat, mendekati pekerjaan dengan profesionalisme, dan menawarkan layanan berkualitas.

Membangun kepercayaan dengan pelangan juga menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mejadi freelancer, karena customer customer baru akan melihat dari review project yang telah kita kerjakan.

Kita akan menemukan client dari dalam maupun luar negeri berdasarkan hasil dari pencarian yang kita lakukan. Pilihanlah pekerjaan sesuai dengan kemampuan kita, untuk freelancer baru bisa mencoba untuk data entry terlebih dahulu yang lebih mudah kemudian bisa mencoba yang lainnya.


Kisaran Gaji Freelance


Gaji freelance dapat bervariasi tergantung pada bidang pekerjaan, skill, dan pengalaman. Berikut adalah beberapa informasi mengenai gaji freelance dari beberapa bidang pekerjaan di Indonesia.
  1. Content Writer: sekitar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per bulan
  2. Desainer Grafis: sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per bulan
  3. Penerjemah: sekitar Rp 3 juta hingga Rp 6 juta per bulan
  4. Admin Sosial Media: sekitar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per bulan
  5. Voice Over: sekitar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per bulan
  6. Fotografer: sekitar Rp 2 juta hingga Rp 10 juta per proyek
  7. Konsultan Bisnis: berkisar ratusan juta pertahun

Namun, sebagai seorang pekerja lepas, gaji freelance dapat ditentukan sendiri dan dapat dinegosiasikan dengan klien.

Sistem pembayaran pun bervariasi, bisa full dibayar di awal, uang muka 50 persen atau dibayar setelah proyek selesai. Mata uang yang digunakan selain Rupiah, freelancer juga sering menerima uang dalam US Dollar via Paypal.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.