Pentingnya Budaya Inovasi Perusahaan di Tengah Kompetisi

Foto: diego-ph-unsplash

Foto: diego-ph-unsplash

Like

Dalam dunia bisnis selalu ada pesaing, baik dari sektor yang sama atau tidak. Menghadapi pesaing pengusaha harus punya strategi. Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah dengan terus berinovasi.

Contohnya perusahaan gadget baik itu brand Apple atau Samsung,  setiap tahunnya akan memperkenalkan versi terbarunya. Secara logika bisnis, tujuan dari inovasi itu adalah mempertahankan profit atau keuntungan setiap tahunnya dalam setiap siklus tahunan.

Meskipun sebenarnya hal itu bukan pengembangan teknologi tetap lebih kepada penambahan inovasi.
 

Mengapa inovasi penting?


Tujuan utama dari inovasi adalah meningkatkan kualitas sesuatu, baik itu produk maupun jasa. Inovasi yang hadir dengan gagasan serta ide baru diharapkan mampu membuat suatu produk atau jasa pelayanan jauh lebih bernilai dan berkualitas dari sebelumnya.

Orang sering menganggap bahwa inovasi itu harus merupakan gagasan atau ide yang besar dan cemerlang. Dalam suatu perusahaan “sense”  dari inovasi harus dibudayakan dalam setiap lingkup kerja.   Sekecil apapun ide atau indovasi harus dihargai oleh perusahaan.


Dengan berkembangnya budaya inovasi, akan membuat peluang bagi setiap orang baik itu dari layer atau level yang rendah hingga tinggi untuk punya daya cipta, produktivitas tinggi.

Kita dipacu untuk selalu memikirkan apa yang lebih baik, ekonomis, dan berdampak positif bagi pelanggan.

Contoh yang sangat konkrit ketika perusahaan penerbangan Japan Airlines pernah bangkrut karena memiliki utang sebesar US$16 milliar. Namun, setelah mereka bangkrut, mereka bangkit dengan hal yang sangat sepele.

Saat penumpang bepergian ada saja yang ingin pergi ke toilet untuk kecing atau merasa ingin kencing. Apabila situasi itu terjadi ketika kita sudah terburu-buru masuk ke pesawat, tiba-tiba sudah didalam pesawat dan pesawat akan lepas landas, kita ingin kencing, bagaimana caranya? 

Tidak mungkin menahan,  tapi juga tidak diperbolehkan untuk pergi ke toilet di pesawat saat tinggal landas.

Lalu, inovasi sepele yang dilakukan oleh Japan Airlines dengan menyiapkan semua penumpang sebelum “boarding” untuk buang air kecil dulu.  Peraturan yang sepele tetapi membuat semua penumpang merasa lega  untuk mencegah keribetan saat pesawat lepas landas .

Bukan hanya soal buang kecil saja, Japan Airlines juga buat inovasi kecil lainnya.  Setiap pramugara dan pramugari dilengkapi tongkat kecil. Fungsi dari tongkat kecil itu digunakan untuk memastikan kabin bagasi  tertutup dengan rapat.

Bagi penumpang yang kecil dan pendek, mungkin memiliki kesulitan dalam menutup kabin di atasnya setelah memasukkan barang.  Nah penumpang tidak perlu repot minta tolong kepada orang lain atau pramugari, cukup dengan tongkat itu untuk menutup dengan aman.

Siapa sih yang enggak capek dan pegal duduk di perjalanan yang durasinya sangat lama, katakan kita berangkat dari Jakarta ke Amerika Serikat dengan total perjalanan hingga 26-30 jam. Capek, pegal, ngantuk dan segala macam. Tentu duduk terus itu tak enak bukan.

Ternyata Japan Airlines telah membuat paket kebugaran selama dan setelah meninggalkan pesawat.  Dalam paket terdapat 3 macam, senam di pesawat dengan menu sehat, olahraga ringan setelah berada di rumah.  

Awalnya program diterapkan saat pandemi.  Namun, hal itu dilanjutkan setelah pandemi. Pelajaran yang kita dapatkan dari Japan Airlines ini adalah inovasi timbul hanya karena keluhan dari penumpang, awak pesawat.


Manfaat Inovasi:


Beberapa manfaat inovasi yang perlu kita pertimbangkan adalah sebagai berikut:
  • Menciptakan peluang. Dampak positif bagi para pekerja, Perusahaan dan akhirnya mensejahterakan pekerja.
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan kreativitas dan percaya diri
  • Mampu memecahkan masalah
  • Meraih kesuksesan
Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.