Stadion Terbesar dengan Naming Right Terkenal di Dunia

Dokumentasi/Gambar Pribadi

Dokumentasi/Gambar Pribadi

Like

Bagi Be-Emers yang suka atau penggemar berat terhadap suatu olahraga tentunya sudah tak asing dengan sebuah fasilitas olahraga besar yang dibuat khusus. Mungkin cukup sering Be-Emers kunjungi ketika menonton suatu pertandingan olahraga. Yaps, itu adalah stadion.

Stadion juga pada umumnya memiliki nama sebagai ciri khas atau pembeda suatu stadion dengan stadion lainnya.

Jika melihat dari Indonesia sendiri penamaan stadion yang paling umum atau sering kita jumpai adalah stadion yang menggunakan nama suatu tokoh, seperti Stadion Gelora Bung Karno atau menggunakan nama daerah seperti JIS (Jakarta International Stadium).

Di negara selain Indonesia pun tak jauh berbeda, yakni ada yang menggunakan nama tokoh atau yang paling umum menggunakan nama kawasan atau daerah tersebut.

Akan tetapi ada sedikit perbedaan, dimana ada beberapa stadion yang menggunakan sistem atau konsep “Naming Right”.


Apa Itu Naming Right?



Naming Right dalam stadion merupakan sebuah kesepakatan yang berada di ranah komersial.

Ini berarti sebuah perusahaan, organisasi, atau institusi dan sponsor lainnya membayar sejumlah nilai uang. Sebagai gantinya perusahaan atau sponsor tersebut akan mendapatkan hak unutk menamai suatu stadion olahraga sesuai dengan kesepakatan diawal.

Hal ini bukan hanya terpatok kepada penamaan stadion saja. Di Indonesia sendiri “Naming Right” atau hak penamaan sudah diterapkan untuk beberapa lama terhadap tempat atau fasilitas publik lainnya seperti stasiun kereta, halte busway, dan tempat ataupun fasilitas umum lainnya.

Tetapi, perlu diingat tidak semua tempat publik dapat melakukan naming right karena bergantung dari pemilik atau pengelola tempat tersebut.

Kesepakatan “Naming Right” juga memiliki durasi tertentu dalam waktu yang terbilang cukup lama, biasanya kontrak akan berdurasi mulai dari beberapa bulan hingga mencapai puluhan tahun.

Perusahaan perusahaan yang telah menerapkan hal ini pun telah mengeluarkan banyak modal yang tidak sedikit dari perusahaan atau organisasinya menjadi nama suatu stadion.


Daftar Stadion dengan Naming Right


1.Stadion FNB


Stadion FNB juga dikenal sebagai First National Bank Stadium, stadion ini terletak di Johannesburg Afrika Selatan.

Nama stadion ini berasal dari sponsor utamanya yakni First National Bank (FNB) yang merupakan salah satu lembaga keuangan terkemuka di Afrika Selatan.

Kesepakatan Naming Right ini mencakup hak untuk menamai stadion terbesar di Afrika Selatan tersebut.


2.Stadion MetLife


Selanjutnya beralih dari Afrika Selatan ke Amerika nih Be-Emers. Stadion MetLife terletak di New Jersey, Amerika Serikat.

Nama stadion ini awalnya adalah New Meadowlands Stadium yang kemudian berganti nama menjadi Stadion MetLife.

Ini karena perusahaan asuransi dan menjadi salah satu yang terbesar ini telah memiliki sejarah yang cukup panjang dengan stadion ini termasuk menjadi sponsor utama stadion tersebut sejak awal pembangunan di tahun 2010.


3.FedEx Field


Berikutnya masih dari negara yang sama yakni negara yang dijuluki negara “Paman Sam” yakni Amerika Serikat.

FedEx Field merupakan stadion yang digunakan oleh tim NFL Washington Commanders yang sebelum tahun 2020 Bernama Washington Redskins.

FedEx Field terletak di Landover,Maryland, Amerika Serikat dan dibuka sejak tahun 1997.FedEx Corporation sendiri adalah perusahaan global yang bergerak dibidang layanan pengiriman dan logistik multinasional.


4.Stadion AT&T


Masih di negara yang sama, terdapat Stadion AT&T yang terletak di Arlington, Texas, Amerika Serikat. Nama stadion ini berasal dari sponsor utamanya yakni perusahaan telekomunikasi dan teknologi asal Amerika yakni AT&T.

Stadion AT&T juga merupakan markas bagi tim NFL Dallas Cowboys dan Stadion ini juga terkenal karena memiliki salah satu layar jumbotron terbesar di dunia yang dikenal dengan sebutan “JerryTron”. Nama ini diambil dari pemilik Dallas Cowboys yakni Jerry Jones.


5.Allianz Arena


Sekarang beralih negara nih Be-Emers, yakni Jerman. Di Jerman terdapat sebuah stadion Bernama Allianz Arena yang berlokasi tepatnya di Munich,Jerman dan digunakan oleh salah satu klub yang cukup terkenal yakni Bayern Munich.

Stadion ini telah berdiri sejak tahun 1997, Allianz sendiri adalah sebuah perusahaan asuransi dan layanan keuangan secara multinasional yang berbasis di Jerman.


6.Stadion Bank Of America


Kembali lagi ke negara Paman Sam dan stadion ini mirip dengan di nomor 1 tadi yakni stadion dengan Naming Right yang berasal dari perusahaan keuangan atau secara spesifik adalah bank.

Bank Of America stadium terletak di Carolina, Amerika Serikat. Stadion ini sebelumnya bernama Carolinas Stadium dan Ericsson Stadium dan berdiri pada tahun 2004. Bank Of America selaku sponsor utama stadion ini merupakan salah satu bank terbesar di Amerika.


7.Stadion Emirates


Selanjutnya beralih ke negara tempat dimana jam besar “Big Ben” berada yakni Inggris. Di Inggris terdapat sebuah stadion yang Bernama “Emirates Stadium” yang terletak di London, Inggris. Stadion ini sekaligus sebagai rumah dari klub sepakbola inggris Arsenal FC.

Emirates merupakan salah satu perusahaan maskapai penerbangan yang terkenal di dunia menjadi sponsor utama dari stadion ini serta memperoleh hak penamaan maka diperoleh win win solution karena klub mendapatkan pendanaan untuk fasilitas dan emirates mendapatkan eksposur yang lebih meluas di seluruh dunia termasuk Inggris.


8.Stadion Bank M&T


Kembali lagi kepada stadion dengan hak penamaan atau disponsori oleh bank yang berasal dan berada di Amerika Serikat, yakni Stadion Bank M&T yang terletak di MaryLand, Amerika Serikat.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.