Viral di TikTok, Lagu August Taylor Swift Bukan Tentang Bulan Agustus!

Love triangle (Sumber: https://id.pinterest.com/pin/170292429654028505/)

Love triangle (Sumber: https://id.pinterest.com/pin/170292429654028505/)

Like

 
But I can see us lost in the memory
August slipped away into a moment in time
'Cause it was never mine
And I can see us twisted in bedsheets
August sipped away like a bottle of wine
'Cause you were never mine

 
Pernah dengar penggalan lagu di atas? Lirik di atas adalah bagian chorus dari lagu milik penyanyi papan atas, Taylor Swift berjudul “August”.

Lagu "August" yang merupakan track ke-8 dalam album "Folklore" Taylor Swift yang dirilis pada tahun 2020 telah mencuri perhatian banyak pendengarnya. Namun, apakah kamu tahu bahwa lagu ini sebenarnya tidak berbicara tentang bulan Agustus?


Dalam album Folklore, Taylor Swift mengisahkan sebuah kisah cinta segitiga antara tiga karakter utama yakni Augustine, James, dan Betty. James dan Betty adalah sepasang kekasih, tetapi pada suatu musim panas, perselingkuhan terjadi ketika James menjalin hubungan dengan Augustine.

Menariknya, lagu August ini diceritakan dari perspektif Augustine, yang merupakan karakter yang tidak biasa untuk menjadi pahlawan dalam lagu-lagu cinta.

Dalam video dokumenter "Folklore: The Long Pond Studio Session," Taylor Swift menjelaskan latar belakang dan makna lagu "August". Dia menggambarkan Augustine sebagai seorang gadis yang sensitif yang jatuh cinta pada James, seorang pria yang pada saat itu memiliki kekasih.

Lagu ini menghadirkan sudut pandang yang sangat manusiawi, mengingatkan kita bahwa terkadang perempuan yang dianggap sebagai "pelakor" karena menjadi selingkuhan hanyalah perempuan yang jatuh cinta pada orang yang tidak tepat dan pada situasi yang tidak tepat.

Meskipun lagu ini terdengar cukup hopeful, Augustine sebenarnya menyadari sejak awal bahwa James tidak akan pernah sepenuhnya menjadi miliknya.

Dia tahu bahwa momen indahnya dengan James akan menghilang bersamaan dengan berakhirnya musim panas.

Hal ini digambarkan dalam bagian chorus dari lagu ini, selain itu perasaan Augustine mengenai hubungan terlarangnya dengan James juga disampaikan melalui bagian bridge:
 
Back when we were still changin' for the better
Wanting was enough
For me, it was enough
To live for the hope of it all
Cancel plans just in case you'd call
And say, "Meet me behind the mall"
So much for summer love and saying "us"
'Cause you weren't mine to lose
You weren't mine to lose, no

 
Dari penggalan lirik di atas, dapat disimpulkan bahwa bahkan setelah “hubungan” mereka berakhir, Augustine masih berharap bahwa pada akhirnya James akan kembali padanya memilihnya. Akan tetapi ia pun sadar bahwa hal itu tidak akan terjadi bahwa ia tidak bisa kehilangan sesuatu yang memang bukan miliknya. 

Tentu saja, pendengar bebas untuk menarik kesimpulan mereka sendiri dari lagu ini, dan mungkin itulah yang membuatnya begitu menarik.

Taylor Swift terus memukau kita dengan lirik-lirik yang dalam dan melodi yang memikat, membawa kita dalam perjalanan emosional yang mendalam melalui setiap lagu yang dia ciptakan.

Meskipun diceritakan dari sudut pandang “orang ketiga”, lagu August ini memiliki melodi yang easy listening dan cukup cerah, membuat lagu ini mudah viral di sosial media terutama TikTok. 

Jadi, meskipun namanya mirip dengan bulan Agustus, lagu "August" milik Taylor Swift bukan hanya bercerita tentang bulan Agustus, melainkan bercerita tentang kisah cinta remaja.

Lagu ini mengajarkan kita bahwa dalam dunia cinta, tidak ada yang benar-benar sederhana. Meskipun bukan tentang bulan Agustus, lagu ini tetap cocok untuk diputar di bulan Agustus!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.