Traffic Website Menurun Setelah Google Update? Lakukan 3 Langkah Ini!

Tips Atasi Traffic Website Menurun

Tips Atasi Traffic Website Menurun

Like

Sebutkan salah satu strategi digital marketing yang banyak dipilih oleh pebisnis. Satu dari sekian banyak jawaban yang ada mungkin adalah SEO marketing. 

Ya, SEO marketing adalah teknik optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama search engine melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Teknik optimasi website ini akan memberikan kamu banyak manfaat.

Terutama yang berkaitan dengan proses tumbuh kembang website bisnis. 7 di antara banyak manfaat SEO marketing ini adalah;
  1. Meningkatkan traffic website.
  2. Meningkatkan traffic potensial.
  3. Kamu bisa melakukan promosi gratis di Google tanpa perlu khawatir biayanya.
  4. Konversi website bisnis dapat meningkat.
  5. Mendapatkan kesempatan untuk dapatkan lebih banyak backlink berkualitas.
  6. Brand perception kredibel dan terpercaya akan melekat pada website bisnis kamu.

Dari penjelasan manfaat SEO marketing di atas, mimin sempat menyebutkan Google sebagai referensi search engine. Hal ini wajar mengingat Google adalah target utama dari aktivitas ini. Mengapa?.

Sebagai search engine terpopuler di dunia, wajar jika Google selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian mereka. Hal ini mereka lakukan agar customer base yang begitu besar mereka dapatkan sekarang ini, tidak tiba-tiba menghilang begitu saja.

Salah satu cara mereka menjaga customer base tersebut adalah dengan melakukan update algoritma hasil pencarian Google.


Update ini jelas akan memberikan dampak positif bagi pengguna Google. Mereka jadi lebih mudah menemukan informasi yang relevan sesuai dengan search intent keyword yang digunakan.

Namun, hal yang berbeda justru akan dialami oleh pemilik website bisnis. Mereka bisa saja mengalami dampak positif yakni konten berhasil naik di halaman 1 Google, dan dampak negatif yakni konten malah turun dari halaman 1 Google.

Mungkin dampak negatif ini bukanlah masalah yang besar. Tapi rata-rata mereka yang alami dampak negatif seperti ini, akan mengalami penurunan traffic website yang cukup besar atau bahkan masuk kategori anjlok.

Jika begini, apa yang harus kamu lakukan?
 

3 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Traffic Website Menurun Drastis


Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi situasi seperti ini. 3 di antara banyak hal tersebut adalah
 

1. Mulai Fokus Menuliskan Konten Sesuai dengan Keahlianmu


Yang pertama adalah dengan memulai proses produksi konten sesuai dengan keahlian bisnis yang kamu miliki.

Semisal kamu adalah ahli di bidang finance. Maka perbanyaklah konten yang berhubungan dengan cara mengatur keuangan yang baik.

Memilih untuk menjalankan konten sesuai dengan keahlian, akan membantu kamu untuk mempercepat proses riset konten. Kamu jadi lebih mudah untuk melakukan improvisasi konten.

Berbeda halnya jika kamu ingin menuliskan konten yang kamu sendiri tidak ahli di dalamnya. Diperlukan proses riset yang mendalam untuk bisa menjalankannya. Memilih untuk menjalankan website dengan konten gado-gado juga bukan pilihan yang bijak.

Selain karena proses risetnya yang pasti panjang, berpindah-pindah topik konten malah akan memudahkan fokus bisnismu buyar.

 

2. Buatlah Halaman About Us yang Semenarik


Kedua adalah dengan memperhatikan kembali halaman about us yang website bisnis kamu miliki. Ingat bahwa Google sekarang bekerja dengan algoritma E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trust).

Salah satu cara mudah Google mengidentifikasi website yang memiliki nilai baik pada 4 poin ini adalah dengan melihat halaman about us nya.

Ya, hal ini wajar mengingat halaman about us biasanya akan berisikan tentang informasi siapa kamu, apa saja keahlianmu, penghargaan yang didapatkan, juga testimoni atau opini orang lain terhadapmu.

Apabila halaman about us mampu memenuhi informasi-informasi barusan, maka Google akan dengan mudah memberikan nilai baik pada E-E-A-T website.

 

3. Fokuskan Kampanye SEO Pada Long-tail Keyword


Yang terakhir adalah dengan memfokuskan kampanye SEO pada long-tail keyword. Long-tail keyword adalah jenis keyword yang memiliki jumlah kata lebih dari 2, dan biasanya memiliki tingkat persaingan yang rendah dengan volume pencarian yang lumayan.

Kamu bahkan bisa memperbanyak konten dengan target local keyword, yang itu pastinya lebih spesifik. Semisal Jasa Furnitur Jogja, Jasa Bangun Rumah Jogja dan lain-lain yang sejenis.

Inilah 3 langkah yang mesti kamu lakukan ketika website bisnis kesayangan alami penurunan traffic yang drastis.

Semoga bermanfaat ya.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.