Ingin Meraih Kebebasan Finansial Pensiun Dini (FIRE)? Simak Tipsnya!

FIRE/ Foto: Noah-Siliman-Unsplash

FIRE/ Foto: Noah-Siliman-Unsplash

Like

Pernahkah Anda mendengar tentang FIRE akronim dari Finansial Independence Retire Early atau Kebebasan Finansial Pensiun Dini. Pengertiannya bukan pensiun dini, sangat berbeda sekali.

Jika Anda belum pernah mendengarnya,  FIRE adalah gerakan finansial yang muncul pada tahun 1992, setelah adanya peluncuruan buku “Your Money or Your Life” oleh Vickii Robin dan Joe Domingues. 

Intinya  Anda harus hidup berhemat, menabung, berinvestasi secara ekstrim untuk mendapatkan uang yang akan dipakai pensiun dini.   

Dengan menabung sebesar 50-70 persen dari pendapatan tahunan misalnya pendapatan setahun anda 120 juta, dan Anda bisa menabung 50-70 persen dari 120 juta yaitu 60 juta atau 84 juta digunakan untuk menabung dan investasi.

Tujuannya tabungan dan investasi ini untuk digunakan saat Anda merasakan bahwa aset liquid telah mencukupi untuk pensiun dini.


Kapan tepatnya waktu untuk pensiun dini? Jika aset anda telah mencapai 25 kali penghasilan dalam setahun. Contohnya seorang pekerja tetap punya gaji Rp10 juta sebulan, artinya Rp120 juta setahun,  maka total likuiditas yang dibutuhkan adalah Rp3 milyar atau 25 x 120 juta.

Dengan dana sebesar Rp.3 milyar, maka Anda  dapat pensiun dini. Caranya dengan menarik dana 3-4 persen dari tabungan setiap tahun untuk biaya hidup selama masa penisun.


Cara mencapai FIRE


Ada yang bertanya mengapa saya harus mengorbankan diri untuk mencapai FIRE.  Mindset FIRE adalah ingin mencapai kebebasan finansial tanpa harus bekerja tetap dengan strategi yang disesuaikan dengan kepribadiannya. Pasti benang merahnya adalah FIRE.

Jika ada yang mengatakan “saya tersiksa melakukan hal itu”. Artinya FIRE bukan cara tepat untuk Anda lakukan.

Diingatkan kembali bahwa konsep FIRE bukan pensiun dini meskipun kepanjangannya dari retire early.  

Konsep yang perlu dipahami adalah apakah Anda adalah orang yang punya cita-cita tak perlu memikirkan uang dan kebutuhan sendiri pada saat tertentu sehingga Anda bisa memaknai hidup dari sebuah cita-cita yaitu segi kebebasan keuangan.

Untuk mencapainya tidak mudah, setiap orang pasti punya latar belakang dan gaya hidup berbeda. Dalam konsep FIRE,  gaya hidup bagi mereka yang terbiasa hidup irit  dan selalu punya komitmen dan disiplin menabung dari hari ke hari ketika mereka masih produktif. Jika tak punya konsistensi, konsep ini sulit dilakukan.


Ada 3 jenis FIRE


1.Lean FIRE


Istilah ini cocok untuk mereka yang sangat ketat mempraktekkan FIRE movement. Orang-orang yang selalu tidak pernah absen menabung dan menginvestasikan uang untuk kebebasan finansial lebih cepat.


2. Fat FIRE


Istilah ini cocok untuk mereka yang ingin menghemat dari pekerja lain, tetapi menolak untuk mengurangi standar hidupnya.  Tujuan dari orang ini menyimpan uang untuk digunakan ketika memasuki pensiun.


3. Barista FIRE


Konsepnya adalah orang yang menghindari pekerjaan agar bisa pensiun dini, mereka ini hanya tertarik untuk kerja paruh waktu sebagai sumber pemasukan. 

Mereka hanya focus kepada pekerjaan yang mereka sukai saja.  Risiko terbesar jika kamu harus memutuskan berhenti bekerja, maka ada biaya-biaya yang masih menjadi tanggungan sendiri.


Tentukan waktu untuk pencapaian FIRE


Sebuah target harus punya batasan kapan akan dimulai dan kapan diakhiri. Tentukan waktu kapan Anda akan realisasikan, dicatat dan jika sulit bagi Anda untuk disiplin, dapat minta bantuan kepada Bank untuk membuat auto debit di satu rekening di luar rekening operasional. 

FIRE menekanakan bahwa harta sebanyak 25 kali pengahasilan per tahun harus dicapai.  Tidak boleh berkurang dari angka yang ditetapkan karena angka itu sudah dirumuskan untuk pengambilan 3-4 persen dari jumlah aset yang terkumpul untuk bebas finasnial.

Siapkah melangkah untuk FIRE?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.