Ini Cara Manajemen Energi Biar Kerja Lebih Efisien!

Manajemen Energi (sumber gambar : istock)

Manajemen Energi (sumber gambar : istock)

Like

"Manajemen waktu yang baik harus dilengkapi dengan mnajemen energi yang baik pula"


Mengatur sesuatu memang memerlukan sebuah usaha. Manajemen waktu tanpa manajemen energi adalah suatu hal yang cukup sia-sia.

Manajemen waktu sudah banyak dibahas dalam berbagai tulisan dan video singkat. Tetapi mengenai manajemen waktu, masih belum banyak yang membahasnya.

Dalam tulisan kali ini, kita bahas yuk serba-serbi manajemen energi dan apa sih perbedaannya dengan manajemen waktu.

Misalnya seperti ini, pada saat pukul 07.00 - 09.00 dan pukul 15.00-17.00 dalam persepektif manajemen waktu perbandingan keduanya sama, yaitu sama-sama 2 jam sedangkan dalam kacamata manajemen energi tentu saja menjadi hal yang berbeda meskipun dalam kurun waktu yang sama-sama 2 jam.

Hal inilah yang menjadi dasar, bahwa pembahasan mengenai manajemen energi itu tidak kalah penting dengan manajemen waktu. 



Bagaimana Cara Manajemen Energi?


Apabila manajemen waktu bertujuan untuk menyelesaikan to do list yang ada, maka dengan mengatur energi, tujuan pencapaian to do list akan jauh lebih cepat dan sempurna.

Bisa diibaratkan dalam sebuah hidangan, ada sendok sebenarnya sudah cukup membantu, tetapi dengan adanya garpu atau pisau akan lebih membantu hidangan bisa dikonsumsi dengan lebih cepat dan nikmat oleh pemilik hidangan. Bukankah demikian Be-emers? 

Nah, Be-emers sudah pernah mendengar ritme ultradian? Ini merupakan salah satu ritme agar energi tidak cepat terkuras habis dalam menjalani rutinitas yang produktif.

Ritme ultradian yaitu saat sudah melakukan aktivitas selama 90 menit maka pada 20 menit berikutnya sebaiknya melandai, artinya beristirahatlah sejenak. Misal dalam pekerjaan, bisa digunakan untuk mengobrol dengan sesama rekan kerja, ngemil atau melakukan peregangan pada badan.

Meskipun kamu seorang pekerja domestik ataupun seorang freelancer ini bisa diterapkan loh, Be-emers. 

Manfaat manajemen energi selain membantu untuk mencapai tujuan juga membuat produktifitas pekerjaan meningkat, karena suatu pekerjaan yang dikerjakan dalam keadaan powerfull dan kecapekan tentu saja akan menghasilkan output yang berbeda.

Selain itu, dengan manajemen energi yang baik, dapat mencegah stress dan burn out. Membiasakan untuk mengatur energi juga bisa membuat seseorang handal dalam memilih prioritas dan lebih memahami kondisinya.

Baik itu kondisi fisik, psikis, emosional dan spiritual diri sendiri sehingga tercipta mindfullness yang sangat berguna untuk pribadi seseorang dimanapun dia berada. Yuk, mulai sekarang, coba atur energi kita, Be-emers. 

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.