Ternyata 3 Kebiasaan di Malam Hari ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Kebiasaan tidur di malam hari (Ilustrasi: Canva)

Kebiasaan tidur di malam hari (Ilustrasi: Canva)

Like

Menjaga tubuh tetap fit dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menjaga berat badan ideal. Kebanyakan orang kesusahan menurunkan berat badan untuk mencapai berat yang ideal.

Ada yang diet mati-matian hingga mencoba cara ekstrem. Tapi sebenarnya ada kebiasaan-kebiasaan yang mudah dilakukan namun berpengaruh baik dalam menurunkan berat badan.

Asalkan konsisten melakukan kebiasaan ini maka bisa mencapai berat badan yang ideal. Tentunya ditambah dengan gaya hidup sehat lainnya.


3 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Turunkan Berat Badan


1. Tidur yang Cukup


Tidur yang cukup di malam hari memiliki banyak manfaat karena saat tidur organ-organ dalam tubuh juga beristirahat dan ada regenerasi sel-sel dalam tubuh. 

Tidur dapat mendukung fungsi hormon tubuh secara normal dan menjaga fungsi sistem kekebalan. Ditambah lagi, tidur dapat menurunkan berat badan. 


Bagi orang dewasa, disarankan untuk memiliki jadwal tidur sekitar tujuh hingga delapan jam. Tidur yang buruk bisa menimbulkan banyak dampak, salah satunya dapat meningkatkan asupan kalori.


2. Tidur di Lingkungan yang Dingin dan Gelap


Siapa yang sering tidur dalam keadaan lampu menyala terang? Ternyata kebiasaan tersebut bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. 

Saat tidur dalam kondisi ruangan yang terang, organ-organ dalam tubuh akan kesulitan beristirahat karena tubuh sulit mencapai fase nyenyak. 

Sedangkan tidur yang nyenyak sangat diperlukan untuk orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. 

Usahakan untuk meminimalkan pencahayaan di kamar tidur mulai dari 30 menit sebelum mulai tidur. Ini akan membantu tidur lebih cepat mencapai fase nyenyak.


3. Menjauhkan Perangkat Elektronik


Seperti yang sudah disampaikan di atas, kualitas tidur yang baik sangat diperlukan agar tubuh bisa beristirahat dan membantu menurunkan berat badan.

Kualitas tidur yang baik dapat dicapai salah satunya dengan menjauhkan perangkat elektronik dari tempat tidur. Paparan cahaya dari gadget dapat mengganggu produksi melatonin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terlalu banyak menggunakan perangkat elektronik tanpa disadari bisa mempengaruhi seseorang untuk makan berlebihan saat malam hari.

Jadi, sebaiknya minimal 30 menit sebelum tidur jauhkan semua perangkat elektronik dari tempat tidur. 

Jangan lupa dicoba tips di atas ya Be-emers. Kalau berhasil boleh baik lagi ke artikel ini ya!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.