Dinilai Lebih dari Soulmate, Apa Itu Twin Flame?

Apa Itu Twin Flame? - Image: Canva

Apa Itu Twin Flame? - Image: Canva

Like

Kalau kamu lebih sering mendengar istilah soulmate atau belahan jiwa, lalu gimana dengan twin flame? Benarkah hubungan dua orang yang masuk kategori twin flame cenderung lebih dari soulmate?
 

“And did the twin flame bruise paint you blue? Just between us, did the love affair maim you too?”


Kata “twin flame” eksis dalam lirik lagu All Too Well karya Taylor Swift. Di dalam lagu tersebut, Tay mempertanyakan kondisi sebuah hubungan dengan pasangan yang twin flame membuat keduanya menjadi galau dan tersakiti.

Enggak cuma itu, viralnya serial Gadis Kretek yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu sejak 2 November 2023, juga membawa istilah twin flame eksis diperbincangkan, terutama di media sosial

Apalagi, Ario Bayu juga mengunggah konten yang menampilkan scene karakter Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) dan Soeraja (Ario Bayu) dengan caption, “Sudah ada yang tau perbedaan antara Twin Flame dan Soul Mate?”

 

Ario Bayu Mempertanyakan Twin Flame dan Soulmate di IGnya - Image: Instagram @bayu_ario

Ario Bayu Mempertanyakan Twin Flame dan Soulmate di IGnya - Image: Instagram @bayu_ario


Diceritakan, dalam serial tersebut, Dasiyah dan Soeraja adalah sepasang kekasih yang punya visi-misi dan passion yang sama. Sayangnya, keduanya enggak bisa bersatu untuk selamanya, meskipun ikatan mereka kuat banget, lho!


Jadi, apa maksud pertanyaan dari Ario Bayu itu, ya?

Baca Juga: 8 Tips Membangun Relasi dengan Teman, Keluarga, dan Pasangan!
 

Mengenal Apa Itu Twin Flame

Kalau diartikan secara harfiah, kata twin flame berarti api kembar. Lalu, apakah twin flame berarti dua orang yang berapi-api dalam asmara?

Jawabannya bisa saja iya.

 

Mengenal Apa Itu Twin Flame - Image: Canva

Mengenal Apa Itu Twin Flame - Image: Canva


Sebab, dikutip dari laman Forbes, Clinical Director Institute for Trauma Informed Relationships Angela Amias mengatakan kalau hubungan twin flame dianggap sebagai hubungan spiritual atau perasaan dimana dua orang sama-sama cocok dalam komitmen terhadap diri mereka sendiri, baik dalam hubungan dan satu sama lain.

Pasangan twin flame juga sama-sama ambisius karena punya passion yang sama. Bahkan, enggak jarang dari mereka yang justru jadi kompetitif karena pasangannya.

Dalam artikel Forbes Health, psikolog Avigail Lev menyebutkan, dua orang yang menjadi twin flame dianggap saling mendorong dan menantang satu sama lain menuju pengembangan dan penemuan jati diri.

Singkatnya, twin flame itu cerminan diri kamu yang ada di dalam diri pasangan. Jadi, twin flame sejati itu merefleksikan kualitas dan sifat-sifat kamu, baik maupun buruk.
 

Seberapa Kuat Hubungan Twin Flame Dibanding Soulmate?

Kalau dilihat dari definisi dan ciri-cirinya, enggak heran, karakteristik hubungan para twin flames adalah hubungan yang menantang sekaligus bisa "menyembuhkan". Bahkan, hubungan kalian bisa saling menyakiti satu sama lain, lho!

Dilansir dari Bisnis Style, hubungan yang dijalani bersama twin flame akan menunjukkan rasa enggak aman, takut, dan dihantui bayangan terdalam yang ada di dalam diri.

Baca Juga: Ini 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Pasangan Muda

Meski begitu, kamu dan pasangan yang menjadi twin flame, akan bisa saling memotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Makanya, enggak semua pasangan bisa kuat menjalani hubungan dengan twin flame-nya.

Lalu, apakah menjalin hubungan dengan soulmate lebih kuat dibanding twin flame? Atau malah sebaliknya?

 

Seberapa Kuat Hubungan Twin Flame Dibanding Soulmate - Image: Canva

Seberapa Kuat Hubungan Twin Flame Dibanding Soulmate - Image: Canva


Dikutip dari laman Cosmopolitan, hubungan yang dijalani bersama twin flame akan membawa kamu untuk siap memahami kedalaman hubungan tersebut.

Namun, ketika kamu menjalani hubungan dengan soulmate, baik kamu dan pasangan, enggak perlu melakukan hal itu. Soalnya, kalian sudah bisa saling memahami dan menerima perbedaan masing-masing.

Soulmate juga enggak saling berkompetisi, karena belahan jiwa adalah seseorang yang selaras secara spiritual dengan kamu. Makanya, walaupun banyak banget perbedaan dalam diri kamu dan soulmate kamu, kalian sudah saling terkoneksi satu sama lain secara kuat.

Bisa dibilang, saat bersama soulmate, kamu bisa merasa kalian sudah saling kenal dalam rentang waktu yang cukup lama tanpa serumit twin flame. Hubungan soulmate juga enggak perlu banyak usaha buat mengenali hubungannya.

Adapun, twin flame kamu adalah bagian dari jiwa kamu nih. Sedangkan soulmate kamu adalah orang yang bisa membuat jiwa kamu merasa nyaman.

Twin flame pun bisa mengajarkan kamu lebih dalam tentang diri kamu sendiri. Sementara soulmate bisa menjadi pendukung setia dan orang yang selalu ada dalam hidupmu.

Relationship Therapist Bonnie Scott, dikutip dari Forbes, menyebutkan kalau seseorang mungkin punya banyak belahan jiwa seperti teman, hingga keluarga. Namun, cuma satu twin flame yang biasanya dihadirkan sebagai pasangan romantis di dunia ini untuk kamu.

Nah, twin flame bisa jadi soulmate, tapi soulmate belum tentu bisa jadi twin flame kamu.

Jadi, kalau kamu, lebih nyaman menjalani hubungan dengan twin flame atau soulmate?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.