Mahatma Gandhi, Patriotik Terhebat di India

Gambar dari https://rihlah.republika.co.id

Gambar dari https://rihlah.republika.co.id

Like

Mahatma Gandhi adalah salah satu pahlawan yang mengantar negaranya kedepan pintu kemerdekaan dengan cara yang mengejutkan orang-orang disekitar dunia. Apa rahasia beliau sehingga bisa menghantarkan tanah ibunya kebebasan yang mereka inginkan saat itu? 

Diketahui sebagai Mohandas Karamchand Gandhi lahir di Porbandar, Gujarat India dimana pada saat itu adalah Oktober 2 1869. Nama 'Mahatma' Gandhi diberikan kepada beliau pada tahun 1914 di Afrika Selatan yang berarti "jiwa yang agung" yang mengarah kepada kehormatan yang diberikan kepada Mahatma Gandhi dari pengikut-pengikutnya. 

Kembali ke India Gandhi bekerja sebagai pengacara selama dua tahun sebelum dikirimkan ke Africa dari keluarganya. Bertahanlah ia di Afrika Selatan sampai tahun 1914, ketika ia kembali ke India ia diterima dengan penuh sukacita dari orang-orang India yang lalu Gandhi menjadi pemimpin gerakan pembebasan negara India yang sedang melawan kolonial kekuasaan Inggris. 

Filsafat Ahimsa yang dibuat Mahatma Gandhi adalah salah satu kunci yang digunakan untuk membantu mencapai kemerdekaan yang negara India saat itu lagi mempertahankan. 

Filsafat Ahimsa adalah filsafat yang mengajarkan jalan kemenangan tanpa berbuat kejahatan kepada siapapun dan apapun, menurut Gandhi kekerasan tidak akan mengajar atau mendapatkan hasil sepuas tidak menggunakan kekerasan.


Selain itu Mahatma Gandhi adalah orang yang mempunyai pikiran yang terbuka dengan kepercayaan-kepercayaan lain, Mahatma Gandhi adalah seorang Hindu namun beliau suka sekali mempunyai pikiran atau kepercayaan lain selain agamanya sendiri seperti Kristen dan Musli. 

Kepercayaan ini pun terbukti dalam aksi-aksi Mahatma Gandhi saat ia dipenjara oleh pemerintah Inggris saat itu. Mahatma Gandhi tidak memperlakukan musuhnya dengan kekerasan, melainkan Gandhi tidak berbuat apapun terhadap mereka meskipun sudah diperbuat tidak baik. 

Hebat bukan? hal tersebut hanya salah satu cerita dari pahlawan Mahatma Gandhi yang mengajar dan menginspirasi orang untuk menjadi orang yang lebih baik terhadap semua hal di sekitar kita.

Pelajaran yang diajar Gandhi tidak mudah dilupakan, bahkan banyak sekali orang-orang terkenal yang mengangkat ajaran Mahatma Gandhi seperti Martin Luther King Jr. 

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.