IMF, Bank Dunia, dan BIS Mau Kolaborasi Bikin Token untuk Aset Konvensional

Ilustrasi IMF (Canva)

Ilustrasi IMF (Canva)

Like

Ada gagasan soal tokenisasi dari tiga lembaga keuangan dunia yang berpengaruh. Apa maksud sebenarnya tokenisasi ini dalam dunia keuangan? Siapa yang mempelopori dan akan berkolaborasi?

Ada tiga lembaga keuangan utama di dunia yang berpengaruh, yaitu Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, dan Bank for International Settlements (BIS).

Ketiga lembaga ini diketahui memiliki peran penting dalam perekonomian dunia, termasuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait dengan perekonomian lintas negara.

Melansir dari Reuters, ketiga lembaga ini berencana untuk bekerja sama melakukan tokenisasi beberapa instrumen keuangan yang mendasari lembaga-lembaga mereka.


Rencana Tokenisasi IMF, Bank Dunia, dan BIS


Tokenisasi adalah proses mengubah aset konvensional menjadi token berkode unik yang dapat digunakan dalam sistem baru yang lebih cepat.


Kolaborasi mereka pada awalnya akan fokus pada proses yang sederhana namun masih berbasis kertas seperti ketika negara-negara kaya menyumbangkan sebagian dana Bank Dunia untuk mendukung negara-negara miskin di dunia.

Janji asli tersebut dapat berbentuk apa yang disebut dengan “surat promes”. Uang kertas itulah yang dapat diberi token, sehingga lebih mudah untuk ditransfer bila diperlukan.

“Kami akan bekerja sama untuk menyederhanakan proses penyediaan dana pembangunan bagi negara-negara berkembang,” kata pejabat BIS Cecilia Skingsley pada konferensi di Washington.

Dia menambahkan bahwa tokenisasi juga membuka kemungkinan untuk “mengkodekan kebijakan dan persyaratan peraturan” menjadi protokol umum untuk mengatasi masalah seperti pencucian uang internasional.

Dalam rencana tokenisasi ini, IMF, Bank Dunia, dan BIS juga akan bekerja sama dengan bank sentral Swiss yang telah mempelopori tokenisasi.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.