Gaji Kecil Bikin Boros? Ini Strategi Kelolanya, Anti Habis di Tengah Bulan!

Gaji diterima setiap bulan, bagaimana mengelolanya? (Foto: Alexander Mils - Unsplash)

Gaji diterima setiap bulan, bagaimana mengelolanya? (Foto: Alexander Mils - Unsplash)

Like

Bahagiakah Anda pada akhir hingga awal bulan? Bahagia karena habis gajian atau tidak bahagia karena begitu gajian sudah harus bayar bermacam-macam cicilan?

Banyak orang yang masih saja komplain karena tidak ada kenaikan gaji. Katanya, gaji hanya Rp4 juta sebulan bagaimana bisa mencukupi kebutuhan?! Ditengah bulan pasti sudah habis, bingung bagaimana melanjutkan setengah bulan berikutnya.


Bagaimana Mengatur Gaji Kecil?


Gaji bukan berdasarkan besar kecilnya. Tetapi bedasarkan bagaimana Anda bisa mengelolanya. Ketika Anda menerima gaji, apa yang terpikir pertama kali?  Segera belanja, ingin membeli handphone yang sudah lama didambakan.

Nah, kita harus punya strategi yang baik untuk bisa bertahan sampai satu bulan.


1. Anggaran gaji kecil dengan metode 50 30 20


Apa artinya? Sekedar pengingat atau perkenalan singkat buat yang belum familer aturan 50/30/20 adalah metode budgeting pribadi bulanan yang membagi dana ke dalam tiga kategori. Ketiga kategori itu adalah living, playing dan saving.


Living itu adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi, konsumsi, bayar listrik, sekolah, dan cicilan. Playing itu adalah keinginan untuk sekunder seperti  pembelian keinginan, liburan, barang elektronik, dan lainnya. Saving adalah untuk menabung. Sisihkan segera setelah gajian, misalnya 20 persen dari gaji. 


2.  Evaluasi


Memiliki pendapatan dan pengeluaran, semua harus dicatat dalam suatu anggaran. Pencatatan itu sangat penting untuk mengetahui berapa besar pengeluaran, untuk spesifiknya jenis pengeluaran apa dan tanggal berapa pengeluaran itu dibayar.

Dengan mengetahui pola pengeluaran, kita dapat memahami pola dan cara untuk memperbaiknya. Misalnya  pengeluaran dibuat dalam tiga cara.
  1. Mingguan, artinya membagi dalam pos-pos pengeluaran 1, 2 dan 3.
  2. Tiap 2 minggu, dengan pola yang sama yaitu pos-pos 1,2 dan 3 tetapi lebih besar jumlahnya
  3. Tiap sebulan sekali, dengan pola yang sama, sehingga dapat diketahui apakah sudah lebih baik anggaran yang sudah diterapkan dari sebelumnya (mingguan dan 2 mingguan).


3.  Action


Harus menyesuaikan diri dengan apa yang sudah diperbaiki. Jika ingin  mengurangi pengeluaran, lakukan dengan komitmen dan jangan menggunakan berbagai macam alasan.

Penyebab utamanya sestelah gajian gaji cepat habis karena orang terjebak dalam pola konsumtif sehingga tinggal setengahnya saja. Bahkan ketika tinggal setengah, orang cenderung mengambil tabungan. Akibatnya tabungan habis dan tidak ada sisa untuk tabungan maupun investasi.


Bagaimana Menyimpan Gaji Agar Tidak Cepat Ludes?


1. Anggaran


Seperti dijelaskan di atas, anggaran jadi faktor utama agar kita dapat menyesesuaikan antara pendapatan dengan pengeluaran. Jangan sampai pengeluarnya jauh lebih besar dari pendapatan. 


2. Prioritaskan menabung


Menabung adalah hal utama sehingga tabungan itu menjadi dana darurat sekaligus  untuk mencegah gejolak gaya hidup konsumsi. 


3. Gunakan aplikasi keuangan


Bagi mereka yang sudah canggih untuk menggunakan aplikasi keuangan sehingga anggaran dapat terjaga dengan baik.


4. Gunakan fitur autodebit


Salah satu cara menabung dengan baik adalah memiliki fitur autodebit. Tak ada alasan lupa untuk menabung dan seterusnya.


5. Hindari utang


Ketika gaji tinggal setengah padahal masih ditengah bulan, jangan tergoda untuk paylater atau pinjol. Paylater umumnya digunakan untuk belanja konsumsi yang sudah ditentukan. Misalnya ingin beli gadget. 

Sangat membahayakan saat Anda harus membayar utang tanpa perhitungan karena seolah Anda bulan ini bisa menikmati tapi bulan depan Anda harus bayar. Perhitungkan dana untuk membayarnya

Pinjaman online umumnya digunakan untuk beli yang tidak spesifik. Misalnya tiba-tiba pengin beli gadget atau ada yang sakit butuh uang. 

Bahayanya adalah orang sering beranggapan sebagai penghasilan tambahan.  Padahal ada biaya administrasi dan bunga dan cicilan yang harus dibayar.

Siapkah Anda melakukan langkah strategis agar gaji Anda bisa mencukupi sesuai dengan pengeluaran?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.