Mau Usaha Tapi Sulit? Ini Ide Usaha Unik Minim Pesaing!

(Foto: Brooke-cagle-unsplased)

(Foto: Brooke-cagle-unsplased)

Like

Siapa yang bilang berbisnis itu mudah alias gampang? Angkat tangan tinggi-tinggi. Pasti hanya 1 atau 2 orang yang angkat tangan.

Bukti menyatakan bahwa teman-teman saya yang tadinya punya ide segudang dan semangat menggebu-gebu, akhirnya harus berakhir dengan sedih. Usahanya ditutup karena pembelinya tak kembali lagi.

Agar usaha yang sedang kamu rintis itu tidak gagal total. Sebaiknya lakukan riset, bidang usaha apa yang kompetisinya tidak banyak.

Usaha bukan sekedar coba-coba, karena sudah belajar tentang buat kopi, lalu ingin buat coffee shop. Padahal di sekitar kita sudah demikian banyaknya coffe shop yang tidak terlalu ramai.

Mungkin saat pembukan karena kamu undang banyak orang, mereka antusias untuk coba. Tapi setelah coba sekali mereka enggak datang lagi.


Pikirkan untuk punya usaha yang dibutuhkan oleh banyak orang tapi peminatnya atau pesaingnya belum banyak. Bahkan pikirkan usaha yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain karena kamu punya ide unik.

Menemukan peluang usaha belum banyak pesaing dapat memberikan potensi pertumbuhan dan keuntungan pada saat melewati tahun “breakeven

Riset pemasaran harus dilakukan untuk mengetahui seberapa konsumen berminat atau membutuhkan. Soal dana kita bisa membuat proposal untuk cari pemodal di luar.


Ide Usaha Unik Minim Pesaing


Berikut ini adalah contoh usaha yang tidak mudah tapi dianggap unik.

1. Jual Greenhouse Hidroponik


Enggak punya tanah yang luas, sekarang ini bukan masalah. Cukup dengan keahlian untuk menguasai teknik hidroponik di pertanian. Kecuali jika kamu punya lahan yang luas, dapat membuat greenhouse hidroponik yang dilengkapi dengan peralatan hidroponik yang lengkap.

Saat ini penggemar sayuran hidroponik sangat banyak. Konsumen menyadari/ mengetahui bahwa sayuran tanpa kimiawi sangat penting untuk kesehatan. 

Jadi apabila kamu hanya pemilik greenhouse, padukan ilmu dengan hidroponik supaya hasilnya maksimal dan kamu dapat cuan dari penjualan sayur.

Dapat juga berbagi hasil dengan mereka yang berminat untuk usaha agribisnis, sebagai mitra tentu kita harus mengetahui pemasaran yang tepat. Konsumen bukan hanya dari individual, juga dari perusahaan seperti pengusaha catering, restoran dan ekspor jika memungkinkan.
 

2. Cloud Kitchen


Sekarang ini banyak usaha resto yang tidak ingin modal besar untuk membuat kitchen atau dapur. Nah, cloud kitchen adalah salah satu peluang usaha yang dicari oleh pengusaha resto.  Pengusaha FnB punya kesempatan sewa cloud kitchen.

Dengan menyewa cloud kitchen, pebisnis FnB dapat mengurangi biaya sewa lokasi fisik dan fokus pada pengembangan produk dan pemasaran.
 

3. Jasa Digital Marketing


Di saat boomingnya e-commerce, tentunya membutuhkan orang yang ahli dalam jasa konsultasi digital marketing. Profesional hire jauh lebih penting dibandingkan dengan bekerja di satu perusahaan yang harus duduk dari 8-17.   

Tetapi pastikan kamu punya kemampuan dan personal branding yang mumpuni. Ada pendapat dari Simpli Learn, untuk menguasai digital marketing kamu perlu punya kemampuan social media marketing, content marketing, search engine optimazation, search engine marketing, affiliate marketing, hingga email marketing.
 

4. Keamanan siber


Untuk Anda yang suka banget dengan bidang IT, tak ada salahnya menyasar usaha yang tak mudah ini yaitu keamanan siber.

Meskipun tak setiap orang bisa tetapi dalam dunia digital ini terutama industri perbankan membutuhkan para ahli dalam bidang keamanan siber untuk mengamankan situsnya dan kejahatan dari kejahatan cyber.

Perusahaan besar, maupun organisasi besar yang punya database cukup besar harus dilindungi. Anda mesti lindungi database mereka.


5. Glamping


Berlibur yang kekinian digemari oleh warga urban adalah dengan glamping. Glamping istilah keren dari berkemah. Mereka ingin merasakan liburan yang berbeda. 

Jika Anda punya mitra yang punya tanah luas, bisa bekerja sama untuk membuat glamping dengan fasilitas hotel. Penting untuk view yang sangat asyik dan indah untuk dinikmati.
 

6. Sewa mainan anak


Untuk mengedukasi/menstimulasi anak, dibutuhkan banyak permainan sesuai dengan usianya.  Biaya untuk beli permainan anak sangat mahal, apalagi jika permainan berdasarkan usianya. 

Menyewa mainan anak jadi rekomendasi. Juga para pebisnis  perlu melihat cermat kebutuhan lingkungan.
 

7. Food Truck


Food truck sangat efisien untuk mengoperasikan penjualan makanan dan minuman dalam kendaraan besar dan berpindah-pindah lokasi. Sewa food truck lebih rendah, fleksibilitas lokasi dan daya tarik visual.
 

8. Pet Hotel


Banyak pecinta hewan yang ingin berlibur dan tidak ingin hewan peliharaannya sendirian di rumah tanpa dirawat. Riset dahulu berapa lama mereka berlibur dan berapa banyak yang sering berlibur.

Jika sudah mendapatkan hasil risetnya, dan cukup potensial, kenapa tidak mulai usaha untuk fasilitas penunjang yang disiapkan bank hotel bagi hewan peliharaan.
 

9. Mengajar burung bernyanyi


Sudah pernah mendengar tempat pelatihan untuk burung agar bisa bernyanyi? Jika belum, ada usaha khusus untuk pelatihan burung bernyanyi. 

Diburu oleh pemilik burung agar burungnya bisa memenangkan pertandingan. Usaha ini sangat unik, tapi butuh ketrampilan khusus dan tempat luas untuk menerima burung-burung yang dilatih.
 

10. Katering anak sekolah


Banyak anak yang sulit makan, orangtua tak mengetahui teknik membuat makanan bergizi sehat dan menarik. Katering anak untuk makan siang di sekolah jadi pilihan .

Bisnis bagi pemula tak mudah, alias sulit.  Namun, dibalik kesulitan yang ada selalu ada peluang.  Apakah Anda sudah menangkap peluang itu?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.