Gen Z Lebih Suka Cari Info Lewat TikTok, Kenapa?

Penggunaan TikTok semakin masif (Foto: Canva)

Penggunaan TikTok semakin masif (Foto: Canva)

Like

Be-emers, kalian biasanya mencari info lewat apa? Pasti banyak yang bilang mencari lewat Mbah Google ya? Ketahuan nih yang jawab pasti milenial dan boomers, soalnya Gen Z lebih suka cari info via TikTok nih!

Masa sih Gen Z lebih suka cari info lewat TikTok? TikTok telah menjadi media sosial yang pamornya melejit dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahkan TikTok berkembang menjadi media sosial superpower karena menggabungkan media sosial dan e-commerce dalam satu platform.

Dalam format foto dan video, orang-orang membuat konten menarik di TikTok. Apalagi dengan fitur stitch dan duet yang membuat antar pengguna bisa saling berinteraksi.

Rasanya hampir semua orang, terutama generasi muda, kini memiliki akun TikTok. Media sosial ini juga digunakan sebagai salah satu alat ampuh membunuh waktu dan mengatasi kebosanan. 

Enggak heran, anak muda saat ini atau lebih tepatnya Gen Z, menjadikan media sosial ini sebagai rujukan untuk mendapatkan berbagai konten termasuk konten yang interaktif. 


Baca Juga: 3 Alasan Konten POV atau Roleplay di Tiktok Selalu Trending!


TikTok Kini Jadi Sumber Informasi


Mengutip dari Insider, empat belas persen orang dewasa AS dalam survei bulan September dari Pew Research Center mengatakan bahwa mereka rutin mendapatkan berita dari TikTok.

Nilainya naik dari 3 persen pada tahun 2020. Di antara kelompok usia 18 hingga 29 tahun, jumlah tersebut melonjak dari 9 persen menjadi 32 persen.

Jumlah orang dewasa di bawah 30 tahun di AS dalam survei Pew yang mengatakan bahwa mereka mempercayai informasi dari outlet berita nasional turun menjadi 56 persen pada tahun 2022 dari 62 persen pada tahun 2016. 

Kepercayaan terhadap outlet berita lokal turun menjadi 62 persen dari 71 persen. Sebaliknya, kepercayaan terhadap informasi dari media sosial meningkat menjadi 50 persen dari 44 persen.

Tidak heran jika kini masyarakat global yang didominasi Gen Z lebih memilih media sosial untuk mencari informasi secara cepat. Apalagi kini banyak influencer yang membuat konten membacakan berita dari media berita. 


Kenapa Gen Z Cari Info di TikTok?


TikTok dianggap sebagai media sosial yang unggul karena bisa dimanfaatkan sebagai platform hiburan sekaligus platform informatif. 

Baca Juga: Tips Menambah Followers TikTok, OTW Jadi Seleb Nih!

Konten-konten di TikTok kuat karena berbentuk audio visual, tidak penuh dengan tulisan yang membutuhkan konsentrasi penuh untuk membaca.

Orang bisa mendapat informasi melalui TikTok hanya dengan mendengar. Bisa ditinggal melakukan pekerjaan lain, misalnya dengan melakukan pekerjaan rumah atau bahkan makan. 

Jadi orang tidak harus berada di depan layar secara terus menerus dan fokus pada satu hal, yaitu membaca paragraf demi paragraf informasi yang tersaji.

Selain itu visual yang ditampilkan pada konten TikTok adalah visual bergerak yang membuat orang tidak cepat bosan.

Alih-alih membaca paragraf panjang baru menemukan kesimpulan sendiri, orang-orang bisa langsung mendapatkan kesimpulan dari hasil pembacaan atau penyampaian informasi yang disampaikan dalam konten TikTok.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.