Enggak Hanya untuk Wajah, Seberapa Penting Sih SPF untuk Bibir?

Produk perawatan bibir mengandung SPF biasanya berupa lipbalm (Foto: Canva)

Produk perawatan bibir mengandung SPF biasanya berupa lipbalm (Foto: Canva)

Like

Bibir menjadi bagian wajah yang penting untuk diperhatikan. Selama ini orang-orang merawat bibir dengan scrub dan pelembab. Tapi, tahukah kamu kalau bibir juga butuh SPF?

Dimana biasanya kamu menemukan SPF, Be-emers? Pasti di produk-produk yang dikhususkan untuk kulit wajah seperti sunscreen, bedak, dan moisturizer kan?

SPF memang dikenal sebagai kandungan yang mampu menghalau efek buruk sinar matahari untuk kulit, maka dari itu banyak terkandung di produk-produk yang melapisi kulit.

Selama ini produk ber-SPF hanya dipakai di bagian-bagian yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Namun, ada satu bagian yang sering dilupakan.

Bagian tersebut adalah bibir. Jangan salah, bibir ini juga terdiri dari kulit sebagai lapisan luarnya lho, Be-emers. Maka dari itu penting juga untuk merawat kulit bibir dengan produk ber-SPF.


Baca Juga: Sebelum Pakai, Kenali Perbedaan Physical dan Chemical Sunscreen!


Seberapa Penting Sih SPF untuk Bibir?


Sadar enggak sih, semakin tua warna kulit bibir kita juga ikut berubah jadi lebih gelap. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. 

Bibir yang berwarna gelap memang membuat beberapa dari kita tidak percaya diri karena wajah jadi terlihat kusam kurang segar. 

Kebanyakan orang akan memilih untuk menutupi warna gelap tersebut dengan lipstik, tapi penggunaan lipstik yang berlebihan justru akan membuat warna bibir semakin gelap karena tertimpa zat kimia terus menerus.

Penyebab bibir menggelap lainnya yang sering tidak disadari adalah akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari secara terus menerus. 

Sama seperti kulit wajah, jika bibir terpapar sinar matahari secara terus menerus maka bisa terbakar dan menggelap. Perawatannya juga sama seperti kulit wajah, menggunakan SPF untuk melindunginya.

Apapun cuacanya, sinar UV yang berbahaya bisa masuk ke dalam kulit dan bibir, akibatnya tanda penuaan dini pun muncul bersamaan dengan masalah lainnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lip Sleeping Mask yang Bikin Bibir Kamu Moist!

Menurut profesor klinis asosiasi di departemen dermatologi di George Washington University Medical Center, Elizabeth Tanzi, melindungi bibir dengan SPF juga bisa mencegah terjadinya kanker kulit di area bibir.

Apalagi kita tinggal di negara yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Maka penting sekali untuk mengaplikasikan produk mengandung SPF pada bibir apapun cuacanya selagi masih ada sinar matahari. 

Jadi, jangan malas menggunakan produk ber-SPF untuk bibir kamu ya Be-emers.

Jangan lupa untuk selalu jaga kelembapan kulit kepala dengan menggunakan kondisioner dalam masa penggunaan retinol.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.