Salah Pilih Jurusan? Kenali Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Masa Depan

Jurusan kuliah dengan pekerjaan (Foto: Canva)

Jurusan kuliah dengan pekerjaan (Foto: Canva)

Like

Pertemuan tiga anak milenial di ujung akhir tahun 2023 memang seru banget. Setelah hampir setahun dan 3 tahun, anak saya tak bertemu dengan Cynthia (bukan nama sebenarnya) dan Vania (bukan nama sebenarnya), mereka akhirnya dapat ketemuan di akhir tahun 2023.

Pertemuan yang menghangatkan suasana karena mereka sudah menahan rindu tidak bertemu sejak usai SMA. Meskipun masih bisa bertemu dan berkomunikasi secara daring, tapi mereka tak bisa bertemu bertatap muka karena kesibukan kerja.

Saat bertemu dengan kegembiraan itu, terbesitlah kabar sedih dari Cynthia. Chyntia telah lulus S2 di bidang psikologi industri dan organisasi dan bekerja di suatu perusahaan industri keuangan di bidang marketing selama hampir 1 tahun.  

Namun, di akhir tahun, tepatnya bulan November, perusahaan harus mengorganisasi karyawan dengan mengurangi sejumlah karyawan. Salah satu diantaranya adalah Chyntia.  

Chyntia kaget dan tidak menyangka bahwa dirinya yang sedang menyukai bidang baru dan ingin meniti karir di perusahaan tersebut tiba-tiba harus ke luar dari perusahaan.


Berita buruk juga diceritakan oleh Vania. Ia adalah seorang lulusan kedokteran di sebuah universitas Beijing dan telah melakukan adaptasi ilmu di Universitas Indonesia untuk bisa bekerja di Indonesia. 

Baca Juga: Ini Profesi Anti-Resesi Tahun 2022!

Sayangnya, setelah selesai adaptasi, dia tetap diharuskan untuk praktek kerja di daerah terpencil. Dia berkeberatan untuk melakukannya, lalu dia magang di sebuah perusahaan asuransi sebagai konselor.

Dua cerita anak milenial ini adalah contoh sekian banyak anak-anak milenial yang berhasil dalam bidang studi di perguruan tinggi.  Namun, gagal dalam bidang pekerjaan. Mereka  ingin menggapai cita-cita tinggi dan mewujudkan karir yang diimpikannya, tetapi tidak mudah untuk mencapainya.

Lulus menjadi sarjana, tidak identik mudah mendapatkan pekerjaan sesuai pangsa pasar yang ada.
Pertimbangan yang matang untuk kuliah di jurusan yang dibutuhkan di masa depan, akan menjadi hal yang penting agar jalan karir yang dicita-citakan tidak terseok-seok untuk mencapainya.

Memang tidak mudah mempertemukan jurusan masa depan dengan passion. Tetapi realita berbicara bahwa saat ini adalah revolusi industry 4.0 dimana penggabungan teknologi otomatisasi dan teknologi informasi akan berdampak pengurangan tenaga manusia dalam pekerjaan termasuk di Indonesia.

Untuk itu bagi anak-anak generasi Z yang baru mau kuliah atau sedang di tahap awal kuliah, pertimbangkan untuk melihat  fenomena 28 juta jenis pekerjaan baru dalam dekade berikutnya.

World  Economic Forum’s dalam Future of Jobs Report 2020 mengatakan bahwa perubahan pola kerja akan terjadi menyesuaikan otomatisasi yang lebih cepat dari perkiraan, revolusi robot menciptakan 97 juta pekerjaan baru.


Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar di Masa Depan


Berdasarkan hal itu berikut ini adalah jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan di masa depan.

Baca Juga: Mayoritas Miliarder Kuliah Jurusan Apa Ya?


1. Jurusan Teknik Informatika


Bidang yang mempelajari bidang teknologi. Kamu akan dibentuk menjadi ahli teknologi yang belajar pemprograman hingga membuat aplikasi.  Kelulusannya sangat dibutuhkan di hampir semua industri.


2. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan


Meskipun jurusan ini termasuk baru di Indonesia, tetapi tahun 2021, jurusan ini sudah dibuka di Universitas Airlangga. Adanya kebutuhan SDM kompeten dalam pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan. Jadi bidang ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengejar karir dalam bidang ini.


3. Jurusan Teknik Biomedik


Jurusan teknik bukan hanya untuk informatika, elektro, dan mesin saja, tapi juga medis. Jurusan teknik biomedik merupakan gabungan ilmu keteknikan dan ilmu kedokteran, belajar perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia Kesehatan. Jika kamu tertarik, bisa belajar bidang ini.


4. Jurusan Sistem Informasi


Masih terkait dengan teknologi, yaitu Sistem Informasi.  Jurusan ini akan belajar ilmu computer, manajemen, dan bisis untuk merancang sistemnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Siap menjadi ahli sistem informasi?

Begitu banyak jurusan yang berkatitan dengan teknologi, kamu  perlu memilih belajar skill teknologi supaya dapat memenuhi kebutuhan pangsa pekerjaan masa depan.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.