Gimana Sih Caranya Biar Bisa Hoki dalam Hidup?

(Foto: Canva)

(Foto: Canva)

Like

Pernah ketemu orang yang keliatannya hoki terus? Hidupnya mulus dan selalu beruntung. Pernah kepikiran enggak kalau ternyata orang tersebut justru mancing hoki buat datang sendiri? Hah, gimana ceritanya?

Ada orang yang merasa susah sekali mendapatkan pekerjaan, ada juga yang mudah mendapat pekerjaan. Ada yang selalu gagal dalam usaha, ada yang bikin usaha selalu berhasil. 

Saking seringnya pola berulang mungkin hingga akhirnya memberikan stereotip pada diri sendiri bahwa memang sudah ditakdirkan untuk selalu gagal. 

Eits, tapi ternyata ini semua cuma soal mindset aja Be-emers. Ada sebuah tweet menarik yang ditulis oleh akun twitter @narawastu yang membahas soal memancing hoki.

Dalam tweetnya, dia mengutip co-founder YCombinator, investor Airbnb pertama, Paul Graham, bahwa kebanyakan founders yang dia temui sering kebetulan menemukan kesempatan bagus. Tapi kalau ditelaah lebih lanjut, ini bukan sekadar kebetulan. 


Bagaimana Agar Lebih Hoki dalam Hidup?



Paul Graham mengatakan bahwa kebetulan-kebetulan itu bisa datang karena orang-orang tersebut berani dan memiliki rasa penasaran. Orang harus penasaran terlebih dahulu untuk tertarik mencoba berbagai hal. 

Baca Juga: Saat Teman 'Terlihat' Lebih Beruntung, Ini yang Harus Kita Lakukan!

Ketika membaca biografi orang-orang hebat, diceritakan betapa besarnya keberuntungan yang terlibat. Mereka menemukan apa yang harus dikerjakan secara kebetulan atau dengan kebetulannya menemukan gara-gara membaca buku.

Jadi, yang perlu dilakukan adalah dengan menjadikan diri sebagai target keberuntungan yang besar, dan cara melakukannya adalah dengan meningkatkan rasa penasaran.

Ketika mencoba berbagai hal, orang tersebut akan belajar dan menambah wawasan lebih luas. Tidak hanya itu, dengan mencoba berbagai hal ia akan pergi ke tempat-tempat baru dan bertemu orang baru, relasi bertambah.

Kuncinya adalah memperluas wawasan, jangan puas dengan apa yang dimiliki saat ini karena kita tidak tahu apa yang menunggu di luar sana. 


Bagaimana Cara Memperluas Wawasan?


1. Banyak Bertanya


Seperti yang disampaikan di atas, kuncinya adalah dengan rasa penasaran. Rasa penasaran dapat dilihat dari seringnya bertanya. Semakin sering bertanya semakin tinggi rasa penasaran akan suatu hal.

Dengan bertanya akan semakin banyak info yang didapat dan secara tidak langsung memancing pertanyaan-pertanyaan lain dan kita jadi lebih kritis.

Baca Juga: 10 Orang Paling Beruntung di Dunia, Emang Ngapain Sih?


2. Baca Lebih Banyak Buku


Memang benar adanya bahwa buku adalah jendela dunia. Apa yang belum pernah kita lihat secara langsung bisa kita ketahui lewat buku. Buku juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam benak.


3. Pergi ke Tempat Baru


Pernah dengan peribahasa seperti katak dalam tempurung? Itu adalah gambaran orang yang tidak pernah memberikan kesempatan pada dirinya untuk melihat di luar jangkauannya saat ini.

Pergi ke tempat baru dapat membuka perspektif baru yang pastinya akan menambah wawasan. Kita tidak akan terkurung dalam satu wilayah saja dan menutup mata dari fakta-fakta dunia luar.


4. Bertemu Orang Baru


Pergi ke tempat baru akan membawa kita menemui orang-orang baru. Dari orang-orang baru kita bisa belajar hal-hal baru yang tidak akan ditemukan di tempat sebelumnya. 

Orang yang ditemui pun tidak semuanya satu pikiran dan satu perspektif dengan kita. Itu yang membuat terjadinya pertukaran wawasan. Dari situ kesempatan untuk bertemu ‘kebetulan’ akan semakin besar.

Yuk, Be-emers kejar hokimu!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.