Perlukah Membuat Resolusi di Awal Tahun?

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Like

Awal tahun, lazim sebuah perusahaan, institusi, organisasi, atau personal menetapkan sebuah resolusi. Resolusi itu sendiri merupakan hasrat atau keputusan untuk menetapkan sebuah tujuan atau target tertentu yang hendak dicapai.

Tentunya ada banyak hal yang bisa ditetapkan pada awal tahun tersebut. Bisa saja komitmen untuk memperbaiki diri agar lebih baik dari tahun sebelumnya. Bisa juga untuk mewujudkan capaian atau prestasi yang ingin diraih.

Ada juga sebagai bentuk komitmen untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baru untuk menjadi pribadi yang lebih unggul.

Dan ada banyak lagi resolusi yang bisa ditetapkan yang berkaitan dengan pekerjaan, kesehatan, hubungan dengan keluarga dan masyarakat, pengembangan diri, dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, sudah kita membuat resolusi bagi diri kita? Pentingkah membuat resolusi di awal tahun? Atau, apakah kita membuat resolusi itu sekadar ikut-ikutan agar terlihat lebih keren?


Baca Juga: Ingin Lebih Produktif di 2024? Ini Resolusi yang Patut Kamu Coba!


Perlukah Membuat Resolusi di Awal Tahun?


Menurut hemat saya, membuat resolusi itu di awal tahun memang sangat penting. Berikut ada beberapa arti penting membuat resolusi pada awal tahun.

Pertama. Resolusi tersebut tentunya akan membantu kita untuk fokus pada tujuan dan target.

Dengan resolusi itu, barangkali kita akan dapat mengalokasikan waktu, materi, dan energi secara khusus pada tujuan dan target yang telah ditetapkan secara maksimal.

Kedua. Resolusi juga akan membantu kita untuk memperbaiki diri, sehingga dapat mencapai potensi maksimal untuk mencapai tujuan dan target.

Ketiga. Resolusi itu layaknya seperti bahan bakar penggerak mesin, yang dapat memberikan motivasi atau dorongan tambahan.

Baca Juga: Strategi Keuangan Sehat dan Kuat Tahun 2024 dengan Resolusi Finansial

Bahkan dalam berbagai tantangan atau rintangan, maka dengan motivasi diri yang kuat tetap selalu mendorong untuk terus bergerak.

Keempat. Resolusi akan membantu untuk membangun kebiasaan-kebiasaan positif dan berguna. Dalam hal ini, resolusi tersebut dapat menjadi kontrol bagi diri.

Saya sendiri merasakan hal yang sama, ketika saya menetapkan resolusi pada awal tahun. Akan jauh berbeda capaian yang diperoleh dibanding tidak membuat resolusi sama sekali.

Nah, bagaimana dengan Anda? Sudah menetapkan resolusi awal tahun ini? Jika belum, tidak ada kata terlambat, mumpung masih hari kesepuluh di bulan Januari 2024.

Selamat menetapkan resolusi ya!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.