Ini Sejarah Zodiak Cina! Menarik kah?

data pribadi.

data pribadi.

Like

Pasti kalian semua tau tentang bagaimana setiap orang mempunyai Shio atau zodiak Cina berdasarkan tahun lahir mereka. “Saya tikus!” atau “Saya monyet!” adalah hal-hal yang sering dibicarakan mendekati lebaran imlek. 

Tetapi, pernahkah kalian berpikir, dari mana hal tersebut berasal?

Pertama-tama, tentunya hal zodiak ini tidak berlaku untuk semua orang karena berbeda-beda agama dan kepercayaan. Tetapi, untuk orang-orang yang mempunyai latar belakang budaya Cina atau Tionghoa, hal tersebut bisa dibilang penting. 

Zodiak atau Shio dilihat sebagai identitas dan kadang ramalan-ramalan terhadap hidup mereka yang percaya, tetapi orang-orang yang tidak mempunyai latar belakang Cina pun juga bisa mempercayai hal ini. 

Baca Juga: Mengenal Ketsuekigata, Parameter Sifat Seseorang Berdasarkan Golongan Darah Ala Jepang
 

Sejarah Zodiak Cina (Shio)

Shio atau diketahui sebagai zodiak cina ditemukan di periode Zhan Guo dan menjadi populer saat periode North Zhou Dynasty.


Pertemuan pertama atau kapan lunar calendar ini diciptakan, masih menjadi pertanyaan. Tetapi, teori mencatat bahwa Kaisar Huangdi menciptakan lunar calendar berdasarkan siklus bulan. 

Zodiak cina dasarnya mempunyai dua belas binatang yang berbeda-beda. Dalam hal tersebut, zodiak dihitung berdasarkan siklus enam puluh tahun dimana setiap hewan menandakan tahun yang berbeda. 

Pada saat itu, zodiak didasarkan pada astrologi Tiongkok dan digunakan sebagai cara menghitung tahun, bulan, hari, dan jam dalam kalender. 

Cerita yang beredar menyatakan bahwa saat itu Kaisar Jade memerlukan dua belas binatang untuk menjadi penjaga istana. Oleh karena itu, datanglah macam-macam binatang untuk memenangkan tempat tersebut.

Dua belas binatang itu antara lain: tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Saat itu, kerbau memimpin lombanya. Tetapi karena tikus yang licik, ia pun melompat di atas pundak kerbau dan jatuh di posisi pertama dan kerbau kedua. 

Kelinci membuat sebuah pertaruhan bersama naga dimana mereka akan lomba untuk melihat siapa yang paling cepat, dan kelinci menang. Naga jatuh di urutan ketiga.

Sedangkan karena kemarahan anjing kepada kelinci, ia menggigit telinga kelinci yang membuatnya di taruh di posisi nyaris paling belakang sebagai hukuman. 

Sementara itu, ular, kuda, kambing, monyet, dan ayam mengikuti mereka sebelum babi dapat di posisi terakhir setelah anjing. 

Baca Juga: 12 Zodiak dan Planet Tempat Tinggalnya

Menarik bukan? Tentunya semua hal ini hanyalah dongeng di dalam lingkup budaya masyarakat Tiongkok yang sering diangkat dan menjadi cerita tidur untuk anak-anak.

Namun, percaya atau tidak, cerita dan latar belakang zodiak cina atau shio sangat menarik perhatian!


Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.