Mengenal Ketsuekigata, Parameter Sifat Seseorang Berdasarkan Golongan Darah Ala Jepang

Ketsuekigata Parameter Sifat Seseorang dari Golongan Darah Illustration Bisnis Muda - Image: Google

Ketsuekigata Parameter Sifat Seseorang dari Golongan Darah Illustration Bisnis Muda - Image: Google

Like

Bukan shio, bukan pula zodiak, ternyata sifat seseorang juga bisa dilihat berdasarkan golongan darah lho! Nah, orang-orang Jepang biasa menyebutnya dengan Ketsuekigata nih, Be-emers.

Mungkin selama ini kamu sering mendengar atau membaca tentang berbagai sifat seseorang berdasarkan shio, zodiak, hingga MBTI. Namun, ada satu hal lagi yang bisa jadi parameter sifat seseorang, yakni lewat golongan darah!

Pada dasarnya, setiap manusia punya golongan darah yang berbeda-beda nih, Be-emers. Dilansir dari laman Halodoc, empat golongan darah yang terdiri dari golongan darah A, B, AB, dan O dibedakan berdasarkan antigen pada sel darah merah dan plasma darah.

Lalu, kok bisa sih golongan darah menjadi parameter sifat seseorang?

Baca Juga: Zodiak Ini Dianggap Paling Cocok Jadi Pebisnis
 

Kepercayaan Golongan Darah di Jepang dan Popularitas Ketsuekigata

Dilansir dari Big Think, teori kepribadian golongan darah adalah sebuah kepercayaan pseudoscientific yang menyatakan bahwa sistem golongan darah dapat memprediksi kepribadian, temperamen, dan kompatibilitas seseorang dengan orang lain.


Kepercayaan tersebut pun sangat lazim di Jepang, bahkan hingga di Korea Selatan lho, Be-emers. Teori kepribadian berdasarkan golongan darah tersebut pertama kali ditemukan oleh profesor asal Jepang bernama Takeji Furukawa di tahun 1930.

Dalam penelitiannya yang berjudul Blood Type and Temperament, pengembangan teori indikator kepribadian golongan darah tersebut merupakan reaksi terhadap klaim dari ilmuwan Jerman Emil von Dungern -yang mana menyebutkan bahwa orang bergolongan darah B adalah inferior.

Meski sejumlah hipotesis medis telah diajukan untuk mendukung teori kepribadian golongan darah, tapi masih banyak juga komunitas ilmiah dan sejumlah pihak yang justru menganggap teori tersebut sebagai pseudosains alias takhayul.

 

Golongan Darah Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Golongan Darah Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Namun, menurut Kengo Nawata dalam jurnalnya yang berjudul No Relationship between Blood Type and Personality: Evidence from Large-Scale Surveys in Japan and the US, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan secara statistik antara golongan darah dan kepribadian.

Hingga akhirnya, analisis sifat seseorang berdasarkan golongan darah pun makin populer di Jepang. Hal itu terjadi seiring dengan banyaknya majalah wanita yang mengukur kecocokan hubungan seseorang berdasarkan golongan darah, hingga siaran televisi dan buku yang juga menggambarkan karakter orang berdasarkan golongan darah.

Berdasarkan data Blood Type and The Five Factors of Personality in Asia, enggak kurang dari dari dua pertiga orang di beberapa negara dan wilayah Asia Timur, seperti Jepang, Korea, dan Taiwan, percaya pada hubungan antara golongan darah dan kepribadian.

Bahkan, menurut sebuah survei di Jepang yang dilakukan oleh Reiko Yamashita pada tahun 2008, lebih dari separuh orang Jepang senang membicarakan golongan darah dan kepribadian. Berdasarkan survei tersebut, ada tiga alasan kenapa orang Jepang suka diagnosis kepribadian berdasarkan golongan darah:
  1. Golongan darah dibicarakan dengan pengetahuan
  2. Mereka percaya bahwa ada hubungan antara golongan darah dan kepribadian
  3. Orang Jepang merasakan ciri-cirinya berlaku untuk diri mereka sendiri sampai tingkat tertentu

Makanya, mengetahui golongan darah seseorang itu penting bagi warga Jepang. Popularitas golongan darah pun merambah hingga ke penulis anime dan manga, yang mana memberi karakter golongan darah mereka agar sesuai dengan kepribadian.

Serial anime yang populer membicarakan soal golongan darah adalah Ketsuekigata-kun! Nah, dari situlah, banyak yang menjadikan Ketsuekigata sebagai acuan untuk membaca karakter seseorang berdasarkan golongan darah.

Penasaran seperti apa sifat kamu berdasarkan golongan darah menurut Ketsuekigata? Yuk, ke halaman selanjutnya!