Anak Muda Punya Risiko, Waspadai Gejala Asam Urat Beserta Makanan Pemicunya!

Ilustrasi nyeri sendi (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi nyeri sendi (Sumber gambar: Canva)

Like

Sering merasa persendian nyeri secara tiba-tiba bahkan ketika malam hari? Besar kemungkinan itu adalah gejala penyakit asam urat. 

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Perlu diingat asam urat merupakan penyakit yang berbeda dengan rematik ya. Penyakit rematik ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun, yakni kondisi ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

 

Ilustrasi asam urat./Canva

Ilustrasi asam urat./Canva


Lalu apa yang menjadi penyebab munculnya penyakit asam urat? 

Dilansir dari laman halodoc.com menjelaskan bahwa secara alamiah, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh seperti mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. 


Ginjal akan menyaring asam urat dari darah lalu dikeluarkan melalui urine, namun terkadang tubuh menghasilkan asam urat terlalu banyak dan tidak bisa dikeluarkan maka tubuh akan mengalami hiperurisemia atau kadar asam urat yang tinggi sehingga membentuk kristal yang menumpuk dan mengendap di persendian. Kristal tajam tersebut yang menimbulkan rasa nyeri, bengkak dan gejala lainnya secara tiba-tiba. 

Penyebab asam urat lainnya yakni pola makan yang tidak baik, berat badan berlebih, memiliki riwayat medis penyakit tertentu, faktor usia dan jenis kelamin, dan ketika baru saja menjalani operasi bisa memicu serangan asam urat. 

Pola makan menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit asam urat di dalam tubuh. Berikut ini daftar makanan dan minuman penyebab asam urat yang harus dihindari.  

 

Makanan dan minuman yang memicu asam urat

Makanan dan minuman yang memicu asam urat./Canva


1. Daging merah dan daging organ 
Penderita asam urat harus mulai mengurangi konsumsi daging merah termasuk daging organ dari sapi, domba, dan kambing karena jenis-jenis daging tersebut mengandung banyak purin. 

2. Alkohol 
Efek dari alkohol bisa mengganggu proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh. Selain itu alkohol mengandung kadar purin yang tinggi sehingga berisiko meningkatkan penumpukan kristal di persendian dan akan berkembang menjadi asam urat. 

3. Makanan dan minuman manis 
Makanan selanjutnya yang wajib dipantang oleh penderita asam urat yakni makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Asupan fruktosa dari makanan atau minuman manis bisa mempengaruhi kadar asam urat di dalam tubuh. 

 

Roti putih termasuk karbohidrat olahan./Canva

Roti putih termasuk karbohidrat olahan./Canva


4. Karbohidrat olahan 
Roti putih, pasta yang bukan dari gandum utuh merupakan karbohidrat olahan wajib dihindari oleh pengidap asam urat. Wajib diingat makanan yang ramah bagi pengidap asam urat adalah makanan yang tidak mengandung karbohidrat olahan.  

5. Makanan laut 
Pengidap asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi mengkonsumsi makanan laut seperti udang, kerang, sarden dan ikan teri karena memiliki kadar purin yang tinggi. 

Meskipun saat ini obat yang bisa menyembuhkan asam urat belum ditemukan, namun dengan menjaga asupan dan pola makanan serta dibarengi dengan gaya hidup yang sehat maka risiko penyakit asam urat pun menjadi sangat kecil di tubuh kita.