Studi Terbaru: Membedah Kaitan Antara Fitur Wajah dan Kelas Sosial

Membedah Kaitan Antara Fitur Wajah dan Kelas Sosial: Apa yang Ditemukan Studi Terbaru? (Sumber: Freepik)

Membedah Kaitan Antara Fitur Wajah dan Kelas Sosial: Apa yang Ditemukan Studi Terbaru? (Sumber: Freepik)

Like

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di University of Glasgow, Skotlandia, telah menarik perhatian terhadap kaitan antara fitur wajah seseorang dengan tingkat kelas sosial dalam masyarakat.

Studi ini melibatkan partisipan kulit putih dalam budaya Barat dan menemukan perbedaan persepsi terhadap fitur wajah antara individu dari kelas sosial menengah ke atas dan kelas sosial menengah ke bawah.
 

Penelitian dan Temuan

Studi ini dilakukan dengan mensurvei persepsi masyarakat tentang fitur wajah yang dikaitkan dengan kelas sosial.

Hasilnya, ditemukan bahwa orang-orang dengan tingkat kelas sosial yang lebih tinggi cenderung memiliki fitur wajah yang lebih kecil, mulut yang tersenyum dan terangkat, alis yang juga terangkat, jarak mata yang rapat, dan kulit yang cerah.

Fitur-fitur ini kemudian dihubungkan dengan persepsi akan kepercayaan diri, kompetensi, dan kehangatan.

Sementara itu, individu dengan kelas sosial menengah ke bawah cenderung memiliki wajah yang lebih lebar, mulut yang lebih rendah, dan kulit yang lebih dingin.


Studi ini menyoroti bagaimana atribut wajah tertentu dapat berperan dalam menghubungkan persepsi kelas sosial dengan stereotip terkait.

Baca Juga: Enggak Hanya untuk Wajah, Seberapa Penting Sih SPF untuk Bibir?

 

Implikasi dan Peringatan

Meskipun temuan ini memberikan wawasan baru tentang persepsi sosial masyarakat terhadap kelas sosial berdasarkan fitur wajah, perlu diingat bahwa kesan atau persepsi semacam itu dapat memiliki konsekuensi yang merugikan.

Penilaian berdasarkan fitur wajah dapat mengakibatkan diskriminasi atau perlakuan tidak adil terhadap individu yang dianggap berasal dari kelas sosial yang lebih rendah.
 

Perlu Ada Kesadaran dan Tindakan

Studi ini menjadi peringatan penting bagi masyarakat untuk lebih memahami bahwa penampilan fisik tidak selalu mencerminkan nilai atau potensi seseorang.

Penting untuk memerangi stereotip dan diskriminasi berdasarkan penilaian visual semacam itu. Pendidikan tentang kesetaraan dan penghargaan terhadap keberagaman harus diperkuat dalam masyarakat.
 

Studi Sebelumnya dan Tindakan Selanjutnya

Tidak hanya University of Glasgow yang melakukan penelitian tentang kaitan antara fitur wajah dan kelas sosial. Studi sebelumnya, seperti yang dilakukan oleh para peneliti dari Toronto University, juga menemukan bahwa wajah seseorang dapat mencerminkan kelas sosialnya.

Untuk membangun masyarakat yang lebih inklusif dan adil, penting untuk terus melakukan penelitian, meningkatkan kesadaran, dan mengambil tindakan yang nyata untuk mengatasi ketidakadilan yang mungkin muncul akibat persepsi sosial seperti ini.

Baca Juga: 3 Jenis Jerawat di Wajah yang Harus Kamu Antisipasi!

Dengan kesadaran dan tindakan bersama, kita dapat bergerak menuju masyarakat yang lebih ramah dan adil bagi semua individu, tanpa memandang kelas sosial atau penampilan fisik mereka.

___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!