Jenis-Jenis Cat Calling, dan 5 Cara Ampuh untuk Mengatasinya!

Catcalling: Bentuk Pelecehan Seksual dan Cara Mengatasinya (Sumber: Freepik)

Catcalling: Bentuk Pelecehan Seksual dan Cara Mengatasinya (Sumber: Freepik)


Catcalling merupakan bentuk pelecehan seksual yang terjadi di area publik, yang umumnya dilakukan secara verbal atau dengan menggunakan kalimat dan gesture tidak senonoh.

Praktik ini juga dikenal sebagai street harassment atau kekerasan jalanan, yang sering kali menyasar perempuan namun dapat juga melibatkan siapapun, baik sebagai pelaku maupun korban. Catcalling dapat terjadi baik secara individu maupun dalam kelompok.

Baca JugaSering Bertengkar Masalah Uang, Inilah Tips Sebelum Menikah

Terminologi "catcalling" sendiri merujuk pada tindakan melecehkan yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan, yang seringkali melibatkan siulan, panggilan, atau komentar seksual yang tidak pantas.

Tindakan ini dapat mengancam, mengintimidasi, atau merendahkan martabat seseorang di depan umum. Meskipun demikian, catcalling bukan hanya masalah laki-laki terhadap perempuan, namun dapat juga melibatkan perempuan sebagai pelaku.

Jenis-Jenis dan Mitos Catcalling

Ada dua jenis catcalling yang umum terjadi, yaitu verbal dan non-verbal. Catcalling verbal melibatkan siulan, komentar, atau panggilan yang merendahkan, sementara catcalling non-verbal melibatkan gesture fisik atau ekspresi yang menilai penampilan korban.


Keduanya memiliki efek merugikan yang sama terhadap kesejahteraan psikologis dan emosional korban.

Mitos seputar catcalling juga perlu dipatahkan. Survei oleh Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) menunjukkan bahwa mayoritas korban pelecehan seksual tidak mengenakan busana terbuka, serta kejadian catcalling tidak hanya terjadi pada malam hari, melainkan juga di siang hari.

Hal ini menegaskan bahwa catcalling bukanlah masalah yang berkaitan dengan penampilan korban, namun lebih terkait dengan objektifikasi tubuh perempuan dan dominasi maskulinitas yang terinternalisasi.

Baca Juga Cara Biar Terlihat Lebih Muda Hanya dari Cara Berpakaian

5 cara ampuh mengatasi catcalling yang bisa kamu coba! 

Berikut 5 cara yang bisa kamu coba untuk menghindari kejadian tidak menyenangkan, seperti catcalling:

1. Hindari jalanan di mana terdapat gerombolan laki-laki yang cenderung melakukan catcalling.

Meskipun siapapun dapat menjadi pelaku, kebanyakan pelaku catcalling adalah laki-laki yang berkumpul bersama. Hindari jalanan tersebut untuk mengurangi risiko menjadi korban.

2. Jika tidak dapat menghindari, tetaplah tenang dan abaikan perilaku mereka.

Berjalanlah seolah-olah Anda tidak memperhatikan apa yang mereka lakukan. Ini dapat mengurangi kepuasan pelaku yang mencari reaksi dari korban.

3. Beranikan diri untuk menatap mereka dengan tatapan marah.

Meskipun ini mungkin tidak menghentikan catcalling secara keseluruhan, tetapi dapat membuat pelaku terkejut dan mengurangi keberanian mereka untuk melanjutkan perilaku tersebut.

4. Tegur pelaku dengan percaya diri saat sedang melakukan catcalling.

Tunjukkan bahwa Anda tidak menyukai perilaku mereka dan bahwa tindakan mereka tidak dapat diterima. Namun, pastikan untuk tetap aman dan waspada dalam menghadapi situasi seperti ini.

5. Hindari memakai perhiasan berlebihan atau menarik perhatian yang tidak diinginkan

Ketika berada di sekitar tempat-tempat yang berpotensi menjadi area catcalling. Catcalling adalah bentuk pelecehan seksual yang sering kali merugikan dan tidak dapat diterima. Penting untuk membangun kesadaran dan mengambil tindakan untuk melindungi diri sendiri dan mengatasi masalah ini dalam masyarakat.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!