Tips Membuat Konten Berkualitas untuk Website

Tips dan Trik Membuat Konten Website Berkualitas

Tips dan Trik Membuat Konten Website Berkualitas

Like

Website adalah salah satu tools bisnis yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk strategi branding. Hal ini wajar mengingat website memudahkan pebisnis untuk menempatkan berbagai informasi brandnya dalam berbagai bentuk elemen multimedia.

Dimulai dari teks, audio, gambar, video dan juga animasi. Kemudahan seperti ini, pastinya akan menjadikan proses transfer brand knowledge jauh lebih mudah. Informasi brand yang disajikan kepada target audience akan jauh lebih menarik dan juga interaktif.

Sayangnya, memiliki website saja tidak cukup untuk bisa meningkatkan performa bisnis. Diperlukan strategi lain yang dapat mendukung performa website bisnis. Satu di antara banyak strategi yang biasa digunakan untuk mendukung performa website bisnis adalah SEO.

SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah strategi optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine, melalui keyword tertentu yang ditargetkan.

Strategi ini sendiri banyak dilakukan dengan melibatkan 4 metode penting, yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, Off Page SEO. Setiap metode tersebut memiliki teknik penerapannya masing-masing. Namun, secara garis besar kita dapat memahami bahwa teknik paling penting yang dapat diterapkan pada seluruh metode SEO sebelumnya, adalah dengan membuat konten website berkualitas.


Ada banyak model konten yang dapat kita produksi di website. Dua di antaranya adalah landing page dan juga pastinya konten artikel. Lalu bagaimana cara kita untuk dapat memproduksi konten website yang berkualitas?

Berikut ini mimin akan memberikan 4 tipsnya.

1. Menyesuaikan Target Audience yang Ingin Dicapai

Tips yang pertama adalah dengan memastikan proses produksi konten yang dilakukan sesuai dengan target audience yang ingin dicapai. Untuk langkah yang pertama ini, kamu harus mendapatkan terlebih dahulu buyer persona yang terbaik.

Setelah mendapatkannya, pelajari dengan seksama, lalu kemudian buatlah konten menggunakan tata bahasa yang sesuai. Gunakan tata bahasa yang ringan dan tidak terlalu berat, namun tetap bisa menarik perhatian pengunjung website.
 

2. Belajar Copywriting

Copywriting adalah teknik penulisan teks yang mampu menyihir pembaca untuk melakukan apa yang kita inginkan. Gampangnya, copywriting adalah ilmu untuk menuliskan teks iklan jauh lebih menarik. Memiliki nada persuasif yang tinggi.

Mempelajari copywriting sangat penting untukmu, terlebih di dalam proses pembuatan landing page dan juga artikel promosi. Copywriting sendiri memiliki banyak jenis teknik. Yang paling umum tentu saja teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).
 

3. Memahami Search Intent Keyword Konten

Tips membuat konten website berkualitas berikutnya adalah dengan memahami search intent keyword konten. Search intent sendiri adalah tujuan seseorang ketika mengetikan kata kunci tertentu di pencarian.

Semisal ketika seseorang mengetikan kata kunci Jasa Cuci Sepatu, maka jenis informasi yang sedang ia cari dari keyword tersebut adalah komersial atau transaksional. Informasi yang bersifat edukatif seperti bagaimana cara mencuci sepatu yang benar, bahan-bahan sepatu dan lain-lain tidak perlukan untuk konten yang ditujukan pada keyword Jasa Cuci Sepatu.

Search intent sendiri terdiri dari 4 jenis, yakni komersial, transaksional, navigasi dan juga edukasional.
 

4. Memuat Poin Social Proof

Tips yang terakhir adalah dengan memuat poin social proof. Social proof sendiri adalah cara kita untuk dapat menyakinkan customer melalui pengakuan positif dari customer sebelumnya.

Teknik dilakukan dengan dalih kuat bahwa salah satu alasan orang-orang membeli atau menggunakan jasa brand, adalah brand tersebut yang sudah dipercaya oleh banyak orang sebelumnya.

Oleh sebab itu, kita perlu memuat banyak poin ini, semisal dengan menyematkan testimoni. Teknik seperti ini sendiri sangat baik diterapkan untuk memenuhi kriteria trust pada algoritma baru Google, yakni E-E-A-T.

Ini lah penjelasan lengkap tentang tips dan trik, cara membuat konten berkualitas untuk website. Semoga bermanfaat ya!.